Google Drive bisa kita manfaatkan sebagai tempat penyimpanan pihak ketiga yang memiliki ruang sebesar 15GB gratis. Namun jika kalian belum tahu gimana menggunakannya, berikut ini adalah cara upload file ke Google Drive dan share linknya.

Cara mengirim file lewat link Google Drive itu selain mudah juga menjadi pilihan terbaik, karena jika file besar kan akan sulit dikirimkan secara langsung. Nah dengan mengirim file lewat Google Drive, lewat hp pun kalian bisa membagikan berkas besar lebih dari ratusan mb.

Sangat praktis dan tentunya berkas tersebut akan tersimpan dengan aman didalam akun tersebut.

Jadinya setelah upload filenya, padahal kan mau di ambil link untuk dikirim ke orang lain. Tapi secara gak sadar kalian juga sudah menyimpanya juga, jadi seperti sekali dayung 2/3 gunung kembar terlewati, eh.

Dan langsung saja gan, yuk Eko Trimulyono tunjukkan metode untuk melakukannya.

Begini Cara Upload File Ke Google Drive Dan Share Link

Cara upload file ke Google Drive

Tidak hanya mengunggah file saja, ini juga termasuk cara membuat Google Drive yang bisa diakses semua orang karena nantinya kalian akan membagikan tautanya yang bisa dibuka oleh orang lain.

  • Masuk ke Google Drive

Langsung saja buka aplikasi Google Drive yang ada di smartphone kalian untuk terus melanjutkan tutorial ini.

  • Klik tombol tambah ➕

Nah setelah kalian masuk ke aplikasinya, langsung saja kalian klik ikon plus ➕ dengan bentuk bulat yang ada di bagian pojok kanan bawah.

  • Pilih upload

Selanjutnya akan muncul berbagai pilihan, namun yang harus kalian pilih adalah tombol upload karena memang kalian pengen mengunggah berkas. Setelah di klik, maka akan muncul berkas yang ada di hp kalian, maka dari itu silahkan kalian cari dan pilih file nya kemudian tunggu prosesnya berjalan hingga selesai.

  • File telah di upload

Baca Juga: Cara Membuat Google Drive Yang Bisa Diakses Semua Orang

Nah file yang tadinya masih ada di file manager sekarang sudah berada di Google Drive, namun bagaimana caranya membagikan link berkas tersebut? Silahkan kalian ikuti langkahnya dibawah ini.

  • Klik titik 3 di kanan file

Setelah file berhasil di upload, selanjutnya kalian tinggal klik ikon titik tiga yang ada di bagian kanan file tersebut.

  • Klik bagikan link: tidak aktif

Baca Juga: Cara Memindahkan File Dari Google Drive Ke HP

Selanjutnya silahkan kalian aktifkan terlebih dahulu fitur berbagi link, dengan cara klik saja tulisan berbagi link:tidak aktif. Nah setelah di klik maka akan ada notifikasi bahwa fitur berbagi link akan diaktifkan dan notifikasi berbagi link telah aktif.

  • Salin link

Setelah fitur berbagi link aktif, maka selanjutnya kalian tinggal klik titik 3 lagi dan kemudian pilih salin link.

  • Paste link dimanapun kalian ingin mensharenya

Baca Juga: Cara Memindahkan File Ke Folder Di Google Drive

Nah setelah link disalin di dalam clipboard hp, selanjutnya kalian tinggal paste aja link tersebut dimanapun kalian ingin membagikanya.

Rangkuman

Diatas merupakan cara upload file ke Google Drive, namun bukan untuk akun orang lain ya.

Kadang juga upload ini disebut juga dengan mengubah video ke link Google Drive, namun sebenarnya bukan videonya jadi link ya. Melainkan kita bisa membuka video tersebut dengan mudah melalui link setelah di unggah ke Google Drive.

Baca Juga: Cara Memindahkan File Google Drive Ke Penyimpanan Internal

Selain itu, dengan cara diatas kalian juga telah mempelajari cara mengetahui link Google Drive kita. Dan juga kalian dapat menyimpan link di Google Drive tersebut di dalam notepad.

Banyak orang yang memanfaatkan cara membuat link file seperti ini dengan tujuan membuat tutorial yang bisa memberikan filenya supaya bisa langsung di unduh oleh orang yang membutuhkannya.

Baca Juga: Cara Download File Di Google Drive Android

Nah jadi cara upload file ke Google Drive dan share link ini selain bisa dilakukan dengan mudah, juga bisa bermanfaat bagi kita seorang creator ya. Jadi manfaatkan sebaik mungkin supaya dapat mempermudah kalian dalam menyimpan dan membagikan berkas.

Share:

Tag:

Artikel Berguna Lainya:

Kata Kata Sedih Bahasa Jawa Dan Artinya, Siapin Tisu

Eko Trimulyono

Hati memang menyimpan seribu rahasia, terkadang dengan hal kecil saja bisa membuatnya berbunga-bunga. Tetapi oleh suatu hal kecil juga hati ...

Kata Kata Cinta Bahasa Jawa Dan Artinya

Eko Trimulyono

Meskipun bahasa daerah, namun kata kata cinta bahasa jawa akan lebih romantis jika di ucapkan dengan pasangan. Apalagi saat malam ...

Cara Komentar Di Fb Tidak Terlihat, Mudah Banget

Eko Trimulyono

Selama ini semua terlihat normal, sampai suatu saat melihat sebuah komen kosong dan menjadikan rasa penasaran itu tumbuh. Bagaimana sih ...

5 Penyebab Suami Tak Peduli Perasaan Istri Dan Solusinya

Eko Trimulyono

Suatu hubungan rumah tangga antara suami dan istri harus ada yang namanya komitmen. Jika Anda benar-benar mencintai seseorang, maka bangunlah ...

Tinggalkan komentar

Eko Trimulyono

Hadir dengan artikel panduan informatif beserta tools yang bisa ngebantu aktifitas medsos kalian.

Terhubung

Berlangganan

Bergabunglah dengan mendaftarkan email untuk menerima pembaruan terbaru.