Cara Membuat Google Drive Yang Bisa Diakses Semua Orang

Nih buat kalian yang pengen tahu gimana cara membuat Google Drive yang bisa diakses semua orang!

Bagaimana ya caranya membuat Google Drive yang bisa diakses semua orang di hp android?

Jadi misalnya kalian pengen membuat Google Drive untuk mengumpulkan tugas ataupun berbagai keperluan agar link Drive yang kalian bagikan tersebut bisa diakses semua orang langsung di hp mereka, maka tutorial ini akan memandu kalian untuk melakukannya.

Ya meskipun hal ini terlihat sepele, namun nyatanya masih banyak aja yang belum paham dan kesulitan.

Misalnya aja nih di suatu saat dimana kalian pengen share link Drive, tapi karena belum kalian setting maka ketika dibuka oleh penerima itu gak akan bisa.

Jadi bagaimana sih cara membuat Drive bersama? Okelah daripada terlalu banyak basa-basi, lebih baik langsung saja pelajari cara menggunakan Google Drive di Android dari om Eko Trimulyono ini supaya orang lain juga dapat aksesnya.

Begini Cara Membuat Google Drive Yang Bisa Diakses Semua Orang

Cara Membuat Google Drive Yang Bisa Diakses Semua Orang

Nah oke supaya kalian lebih paham lagi, maka akan aku jelaskan dari membuat folder nya yang bisa kalian ikuti dimulai dari langkah berikut ini.

  • Buat Folder

Langkah pertama, silahkan buka Google Drive dan pastikan akun Google yang sedang login adalah akun yang memang sering kalian gunakan untuk menyimpan file. Setelah itu silahkan kalian klik saja ikon tambah ➕ dan selanjutnya akan muncul beberapa pilihan lagi, kalian pilih saja yang folder.

  • Beri Nama Folder

Pada tahap selanjutnya silahkan kalian masukan nama yang kalian inginkan pada kolom yang telah disediakan. Setelah selesai memberikan nama, selanjutnya kalian bisa mengklik tombol buat.

  • Klik Titik 3 & Aktifkan Link

Setelah folder berhasil dibuat, maka kalian bisa mengaktifkan link terlebih dahulu. Yaitu dengan cara mengklik titik 3 di samping yang baru saja kalian buat, maka akan muncul banyak pilihan namun kalian bisa klik yang berbagi link: tidak aktif untuk mengaktifkanya.

Setelah berbagi link aktif, maka kalian bisa menyalin link folder tersebut yang berada tepat dibawah tombol untuk mengaktifkan link yang barusan kalian klik. Dan ketika link tersebut diberikan kepada orang lain, maka saat dibuka semua file yang ada didalam folder tersebut dapat dilihat.

  • Menambahkan File Kedalam Folder

Untuk menambahkan file kedalam folder yang barusan kalian buat tersebut, kalian bisa masuk ke foldernya terlebih dahulu dan silahkan kalian klik ikon tambah seperti tadi namun kali ini pilih yang Upload. Kemudian silahkan kalian pilih file di berkas yang ingin di unggah ke Drive dan silahkan tunggu prosesnya hingga selesai.

Nah setelah selesai, maka orang yang memiliki link folder akan bisa melihat/mengaksesnya, ataupun kalian juga bisa menyalin link satuan file yang ada di dalam folder tersebut dengan cara yang sama seperti menyalin link folder ya.

Mengatur Apa Yang Bisa Dilakukan Oleh Orang Lain

Jika kalian ingin pengguna lain dapat mengatur, menambah, dan mengedit, maka kalian bisa merubah peran tersebut dengan cara klik titik 3 di bagian kanan folder dan silahkan pilih yang detail & aktivitas.

Kemudian silahkan kalian klik ikon mata pada bagian yang memiliki akses, maka akan muncul 3 pilihan maka kalian pilih saja yang dapat melihat, mengatur, dan melihat.

Namun jika kalian ingin memprivasinya kembali, maka pilih saja yang tanpa akses.

Rangkuman

Secara tidak sadar, kita juga sudah belajar cara membuat link Google Drive untuk di share melalui hp Android ya.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Berbagi Link Google Drive

Namun intinya, cara termudah supaya orang lain dapat mengakses file didalam Google Drive milik kita adalah dengan mengaktifkan berbagi link seperti yang sudah aku jelaskan diatas dan bisa juga mengatur pada bagian yang memiliki akses tersebut.

Tutorial ini juga bisa kalian terapkan untuk membagikan video dari Google Drive supaya orang yang membuka linknya langsung dapat memutar video tersebut.

Baca Juga: Cara Menggunakan Google Drive Di HP Android

Jadi apakah orang lain bisa melihat Google Drive kita? Tentu saja, namun tidak semata-mata bisa ngintip tanpa izin ya. Jadi harap bijaklah dalam memilih file mana yang disimpan untuk pribadi dan mana yang bisa dilihat oleh banyak orang.

Ya seperti yang sudah aku katakan, ketika kalian menerapkan cara membuat Google Drive yang bisa diakses semua orang ini maka siapapun yang mengklik linknya pasti benar-benar bisa mengaksesnya.

Posting Komentar