Cara Memindahkan File Google Drive Ke Penyimpanan Internal

Ini adalah tutorial tentang cara memindahkan file Google Drive ke penyimpanan internal yang bisa diikuti dengan sangat mudah.

Kalau kalian lagi nyari cara memindahkan file dari Google Drive ke iPhone maka cara ini hampir mirip, namun disini aku menggunakan Android ya.

Atau kalau kalian lagi nyari cara memindahkan file Drive di HP ke laptop maka sebenarnya sama saja, cuma beda perangkat saja sih sebenarnya.

Namun beda lagi jika yang kalian inginkan itu sebuah metode untuk memindahkan file Google Drive ke Google Drive Lain, langkah demi langkahnya akan berbeda.

Yah daripada bahas hal lainnya yang kurang penting, maka langsung saja Eko Trimulyono jelaskan tutorial ini supaya kalian langsung paham dan mahir dalam menggunakan Google Drive.

Begini Cara Memindahkan File Google Drive Ke Penyimpanan Internal

Cara Memindahkan File Google Drive Ke Penyimpanan Internal

Oke kali ini hal yang akan aku fokuskan adalah menyimpan file ke penyimpanan telepon ya. Jadi tentunya kalian sudah paham tentang cara menyimpan file di Google Drive Androidnya, semisal menyimpan video, menyimpan aplikasi, dan lainnya.

  • Klik titik 3 pada file yang ingin di pindahkan

Oke langsung saja kalian buka google drive yang ada file kalian. Kemudian silahkan klik saja titik 3 dibagian kanan file yang ingin kalian pindahkan di penyimpanan internal.

  • Pilih buka dengan

Dan selanjutnya akan muncul banyak sekali pilihan, kalian bisa cari dan klik yang buka dengan untuk melanjutkan proses ini.

Baca Juga: Cara Menggunakan Google Drive Di HP Android
  • Pilih salin ke

Selanjutnya akan muncul berbagai pilihan lagi, nah disini kalian pilih saja yang salin ke dengan ikon warna kuning file manager ya.

  • Klik penyimpanan internal

Tahap selanjutnya akan muncul berbagai pilihan yang bisa kalian gunakan untuk menyimpan salinan file tersebut, namun sesuai dengan judul artikel ini yaitu untuk menyimpan di memori telepon maka kalian pilih yang penyimpanan internal.

Baca Juga: Cara Memindahkan File Ke Folder Di Google Drive
  • Pilih folder dan tempel

Nah di dalam penyimpanan internal kalian akan disuguhi dengan banyak folder, kalian tentukan saja mau di folder mana kalian ingin menyimpanya. Setelah mengklik folder yang diinginkan, tinggal kalian klik saja tombol tempel yang ada di bagian bawah layar.

  • File telah berhasil disimpan di memori internal

Nah file yang tadinya cuma ada di Google Drive, sekarang juga ada salinanya di memori internal ya.

Kenapa Menggunakan Metode Salin?

Jadi kenapa kok aku menyarankan menggunakan metode salin, padahal judulnya kan memindahkan ya.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Berbagi Link Google Drive, Tercepat!

Hal ini dikarenakan kebanyakan orang belum paham mengenai fitur ini, nah jadinya aku memberikan metode yang lebih sederhana ini.

Orang-orang hanya tahu bahwa di Google Drive ada tulisan pindahkan namun bukannya memindahkan ke memori malah hanya memindahkan ke folder yang ada di akun itu saja.

Selain itu dengan menggunakan metode salin ini, kalian juga masih memiliki file asli yang ada di Google Drivenya, jadinya gak khawatir kehilangan berkas tersebut.

Baca Juga: Cara Membuat Google Drive Yang Bisa Diakses Semua Orang

Rangkuman

Dengan adanya kemudahan dalam menyimpan berbagai file di Google Drive menjadikan kita lebih banyak memiliki berkas yang bisa kapan saja digunakan kembali.

Apalagi jika kalian telah memahami tentang bagaimana menyimpanya kembali ke telepon seperti yang aku ajarkan diatas tadi.

Maka kapanpun dan dimanapun, kalian bisa melakukan cara memindahkan file Google Drive ke penyimpanan internal dengan cepat sesuka hati kalian.

Jadinya hal ini akan sangat memudahkan segala kebutuhan kita dalam pengelolaan berkas.

Baca Juga: Cara Memindahkan File Dari Google Drive Ke HP

Kalau aku sih seringkali mengupload file disaat memori sudah penuh, sehingga setelah filenya sudah ada di Google Drive yang ada di memory akan aku hapus.

Nah setelah aku membutuhkan filenya, maka tinggal lakukan download ataupun metode salin tersebut. Pokoknya ini adalah hal yang sangat berguna apalagi bagi seorang creator yang tidak ingin kehilangan berkas nya.

Posting Komentar