Photo of author
Author:
Bukan orang dengan pendidikan tinggi, hanya penggemar segala hal.

Cara Mengetahui Link Google Drive

 
2 m, 59 s
 1432 Views
Jika kalian pengen menshare sebuah link file yang ada di Google Drive Android maupun web, maka haruslah kalian mempelajari cara mengetahui link Google Drive yang akan Eko Trimulyono ajarkan dibawah ini.

Kenapa? Karena ketika kalian ingin membagikan link Google Drive tersebut maka kalian kan harus tahu dimana letak tombol dan dimana kalian bisa mendapatkan linknya.

Apalagi jika kalian ingin membuat link Google Drive untuk pengumpulan tugas, maka kalian harus membuat Google Drive yang bisa diakses semua orang lalu di kirimkan barulah penerima dapat membuka filenya.

Nah didalam tutorial ini, aku juga akan sekalian ajarkan cara mengaktifkan berbagi link Google Drive di android supaya kalian dapat memahaminya dengan lebih gamblang.

Dan mari aku akan ajarkan langkah demi langkahnya di mulai dari langkah awalnya dibawah ini, simak baik-baik ya.

Begini Cara Mengetahui Link Google Drive

Cara Mengetahui Link Google Drive

Dibawah ini tidak hanya untuk tau link file saja, aku akan jelaskan bagaimana caranya supaya kalian juga bisa tahu link dari sebuah folder.

A. Mengetahui Link File Google Drive

  • Klik titik 3 kanan file
Baiklah langsung saja masuk ke aplikasi Google Drive yang ada di Smartphone kalian. Selanjutnya silahkan kalian cari mana file yang akan kalian lihat linknya, kemudian klik titik tiga yang ada disebelah kanan.

  • Berbagi file (opsional)
Nah jika tujuan kalian ingin mengetahui url ini adalah untuk membagikanya ke orang lain, maka sebaiknya kalian aktifkan dulu fitur berbagi filenya. Yang bisa kalian lakukan dengan cara klik tulisan berbagi file:tidak aktif.

  • Salin link

Nah jika kalian ingin mengetahui link Google Drive, maka silahkan kalian klik salin link.

  • Paste di notepad
Selanjutnya kalian bisa melihat tautanya tersebut dengan cara menempelkanya di catatan yang ada di hp kalian. Sampai di sini kalian sudah berhasil melihat link file Google Drive tersebut.

B. Mengetahui Link Folder Google Drive

Nah jika diatas adalah untuk mengetahui link filenya, maka sekarang adalah penjelasan untuk dapat melihat tautan folder.

Jadi untuk dapat mengetahuinya kalian bisa melakukan hal yang sama seperti langkah diatas, namun pastikan yang kalian klik ikon titik 3 nya itu adalah bagian folder ya.

Maka dari itu disini aku sudah tidak memberikan penjelasan bergambar lagi, karena memang langkah demi langkahnya itu sama.

Rangkuman

Dengan melakukan apa yang sudah aku katakan diatas, kalian dapat menyimpan link di Google Drive tersebut untuk berbagai keperluan.

Misalnya kalian pengen download file dari Google Drive orang lain, maka kalian minta saja linksharenya yang kemudian bisa kalian unduh menggunakan downloder file Drive.

La emang bagaimana cara mengetahui link download file dari drive? Ya sama saja, yang penting kalian punya linknya maka bisa menggunakan tools yang ada di Internet untuk mengunduhnya, ataupun kalian juga bisa mengunduhnya secara langsung dari Google Drive tersebut.

Dan jika kalian ingin menyederhanakan link Google Drive tersebut maka bisa menggunakan pemendek url seperti bit.ly dan lainnya yang dapat digunakan secara gratis.

Pasti pernah lihat kan, sebuah deskripsi video youtube yang linknya itu menggunakan awalan bit.ly dan ketika dikunjungi masuknya ke Google Drive. Ya memang mereka sudah memendekan url tersebut supaya lebih rapih dan ringkas, mengingat url aslinya kan cukup panjang.

Jadi setelah kalian tahu url filenya, tinggal kalian mau menggunakannya untuk apa ya. Mau dibagikan ke orang lain ya tinggal di share aja ke orangnya tersebut, mau di simpan sendiri ya tinggal di catat di notepad.

Jadi silahkan gunakan cara mengetahui link Google Drive ini untuk apapun sesuka hati kalian.


Tinggalkan komentar

Eko Trimulyono

Hadir dengan artikel panduan informatif beserta tools yang bisa ngebantu aktifitas medsos kalian.

Terhubung