Cara share link Google Drive di hp Android itu tidaklah serumit apa yang kalian bayangkan.

Namun sebelum membagikanya, aku sarankan kalian mempelajari cara membuat Google Drive yang bisa diakses semua orang terlebih dahulu.

Benar! Supaya kalian bisa membagikan link Google Drive agar bisa diakses semua orang itu ada bagian yang harus kalian ubah dahulu, yaitu kalian bisa memulainya dengan mengaktifkan berbagi link Google Drive pada aplikasi Android yang kalian miliki.

Dan sekarang Eko Trimulyono akan memberikan arahan ke kalian langkah demi langkahnya yang juga termasuk cara mengirim file lewat link Google Drive dimulai dari penjelasan dibawah ini.

Begini Cara Membagikan Link Google Drive

Cara Membagikan Link Google Drive

Dibawah ini merupakan tutorial yang termasuk untuk mengetahui link Google Drive kita. Setelah memahaminya, kalian bisa ngasih tautanya kesiapapun dengan bebas.

  • Buka aplikasi Google Drive

Silahkan kalian buka terlebih dahulu aplikasi Google Drive yang dengan memilih akun tempat file tersebut berada.

  • Klik ikon titik tiga

Selanjutnya cari file yang ingin kalian bagikan linknya, jika sudah ketemu langsung saja kalian klik ikon titik 3 yang ada di sebelah kanannya tersebut.

  • Aktifkan berbagi link

Nah supaya orang yang kalian kirimi urlnya nanti dapat membuka filenya, maka silahkan kalian aktifkan terlebih dahulu fitur berbagi link. Untuk mengaktifkanya kalian cukup mengklik tulisan berbagi link:tidak aktif nanti akan kembali ke halaman depan dan fitur berbagi link diaktifkan.

  • Salin link

Silahkan kalian salin terlebih dahulu linknya, namun karena setelah mengaktifkan berbagi link tadi kembali ke halaman utama maka kalian perlu mengklik ikon titik 3 lagi kemudian cari dan klik salin link.

  • Pemendek url (opsional)

Tautan yang berhasil disalin tadi bentuknya akan sangat panjang seperti ini https://drive.google.com/file/d/xxxZ_Jl3uXIIDtq2ypndKeXHGEqRePXnR/view?usp=drivesdk. Nah supaya lebih rapih ketika di share kalian bisa membuat link bit.ly google drive dengan cara masuk ke https://bitly.com/ untuk memperpendek urlnya.

Setelah masuk ke webnya, kalian gulir kebawah temukan sebuah kolom yang bertuliskan shorten your url kemudian masukkan link dari file Google Drive tadi dan masukan ke kolom tersebut. Kemudian kalian tinggal klik tombol shorten yang berwarna biru tepat dibawah kolom tadi.

Kemudian akan muncul url baru yang lebih pendek, kalian tinggal klik aja tombol copy untuk menyalinya.

  • Bagikan ke siapapun

Nah setelah link berhasil di salin, diperpendek, dan juga sudah diaktifkan berbagi link, maka kalian bisa membagikan link tersebut dengan siapapun.


Rangkuman

Nah oke jadi misalnya aja kalian ingin membuat link Google Drive ini untuk pengumpulan tugas, maka tinggal kasih aja linknya ke guru ataupun dosen.

Link pada file tersebut sama saja ya, misalnya video, foto, aplikasi, dll semua linknya akan terlihat seperti itu.

Kadang ada yang tanya gimana sih cara mengubah video ke link Google Drive? Jadi sebenarnya video tersebut di upload ke dalam Google Drive dan dibagikan dalam bentuk link seperti tadi juga.

Kalau aku selaku creator, biasanya aku membagikan file foto dan juga potongan clip video untuk tutorial editing.

Nah jadi jika orang ingin membuat kreasi seperti yang aku contohkan, mereka bisa mengunduh mentahan dari Google Drive tersebut yang sudah aku siapkan dan telah aku berikan linknya.

Karena setelah kalian membagikan link Google Drive tersebut, orang yang mengunjunginya selain dapat membuka file juga dapat mengunduh nya baik secara langsung maupun menggunakan tools downloader yang ada di Internet.

Share:

Tag:

Artikel Berguna Lainya:

Kata Kata Kecewa Bahasa Jawa Yang Ambyar Banget

Eko Trimulyono

Kekecewaan bisa saja menghampiri semua orang, baik anak-anak, remaja bahkan orang tua pun seringkali merasakanya. Bisa kecewa karena pasangan, teman, ...

Kata Kata Cinta Bahasa Jawa Terbaru

Eko Trimulyono

Kata kata cinta bahasa jawa terbaru atau di sebut juga dengan kata tresno, merupakan pilihan terbaik untuk orang-orang yang sedang ...

Cara Upload Video Di Komentar Facebook Lewat Android

Eko Trimulyono

Pernahkah kalian melihat orang yang berkomentar menggunakan video? Jika pernah, apakah kalian juga ingin melakukannya namun tidak tahu caranya. Jika ...

Istri Selalu Salah Dimata Suami, Taklukan Hatinya Dengan 3 Hal Ini

Eko Trimulyono

Sebagai seorang istri yang selalu salah dimata suami dalam melakukan berbagai macam hal, Anda bisa menggunakan beberapa tips ini untuk ...

Tinggalkan komentar

Eko Trimulyono

Hadir dengan artikel panduan informatif beserta tools yang bisa ngebantu aktifitas medsos kalian.

Terhubung

Berlangganan

Bergabunglah dengan mendaftarkan email untuk menerima pembaruan terbaru.