Photo of author
Author:
Bukan orang dengan pendidikan tinggi, hanya penggemar segala hal.

Cara Download File Di Google Drive Android

 
2 m, 59 s
 497 Views
Menjadikan Google Drive sebagai tempat penyimpanan adalah pilihan yang sangat tepat, namun bagaimana caranya mendownload file yang sudah ada di Google Drive Android tersebut?

Nah jika kalian saat ini sedang dalam masalah karena tidak bisa download video di Google Drive Android, maka tidak perlu khawatir.

Karena disini Eko Trimulyono akan membagikan sebuah metode yang dapat kalian gunakan sebagai panduan dalam tata cara download file di Google Drive.

Apakah tutorial ini bisa untuk download file di Google Drive yang tidak bisa ataupun yang dikunci?

Maaf, disini aku fokuskan untuk mengunduh file di akun milik kita sendiri dan milik orang lain yang kita sudah memiliki aksesnya. Jadi tentu saja ini bukanlah tutorial yang dapat digunakan untuk mendownload video di Google Drive yang tidak bisa di download.

Dan mari aku jelaskan langkah demi langkahnya secara lengkap.

Begini Cara Download File Di Google Drive Android

Cara Download File Di Google Drive Android

Baiklah dibawah ini merupakan langkah yang dapat kalian ikuti dalam melakukan pengunduhan berkas yang sebelumnya telah di upload di dalam Google Drive.

  • Buka Google Drive
Silahkan buka aplikasi Google Drive yang ada di hp kalian, dan pastikan akun Googlenya adalah akun yang telah dijadikan akun untuk menyimpan file tersebut. Dan harap pastikan kalian memiliki paket data dan juga telah mengaktifkanya ya.

  • Klik titik 3 di samping file

Selanjutnya silahkan kalian klik tombol titik tiga yang ada di bagian kanan file yang ingin kalian download ya.

  • Klik download
Pada tahap selanjutnya ini, tentu saja kalian harus mencari dan memilih tulisan download. Setelah proses download berjalan, silahkan tunggu prosesnya hingga berjalan 100% ya. Cepat atau lambat prosesnya ini tergantung dari besarnya file dan juga jaringan yang kalian gunakan, jadi untuk mempercepat download di Google Drive adalah dengan menggunakan tipe jaringan 4G.

  • File berhasil di download
Ketika proses download telah selesai, kalian bisa menarik notifikasi di bagian bar atas kemudian mengkliknya untuk membuka di unduhan. Kalian juga bisa mencari file tersebut di file manager ya, tergantung dari jenis filenya ataupun folder mana yang biasanya digunakan untuk penyimpanan hasil download.

Baca Juga: Cara Membuat Google Drive Yang Bisa Diakses Semua Orang

Pertanyaan Umum Untuk Download File Di Google Drive

Apakah cara ini juga bisa untuk download folder di Google Drive Android? Tidak! Karena sebuah folder tidak ada tombol downloadnya langsung.

Jadi harus menggunakan trik tertentu supaya bisa mendownload sebuah folder yang kalian buat di Google Drive.

Lalu apakah bisa download file Google Drive orang lain? Bisa! Asalkan kalian memiliki akses kedalam file tersebut.

Baca Juga: Cara Memindahkan File Dari Google Drive Ke HP

Bagaimana sih cara mendownload file di Google Drive namun yang sudah limit akses? Pastinya bisa dibuka dengan sebuah trik khusus yang harus dilakukan.

Trik ini sedikit ribet, jika dijelaskan dalam artikel ini akan terlalu panjang sehingga dijelaskan lain kali saja. Tapi intinya meskipun limit, tetap ada cara untuk membukanya.

Rangkuman

Dengan cara sederhana ini, kalian bisa mendownload file milik sendiri ataupun dari link share Google Drive milik orang lain.

Sehingga kalian dapat menggunakan file tersebut dengan mudah dan secara offline di file manager.

Baca Juga: Cara Memindahkan File Ke Folder Di Google Drive

Misalnya kalian adalah seorang creator, dan pengen download potongan video untuk YouTube di Google Drive orang lain, maka bisa melakukan hal seperti yang sudah aku bahas diatas.

Contohnya kalian pengen Download backsound dari sebuah lagu, nah karena pemiliknya membagikan filenya dalam bentuk link Google Drive maka kalian tinggal download dan barulah berkas tersebut dapat kalian edit di aplikasi editing.

Meskipun cara download file di Google Drive android ini memanglah sepele, tapi sebenarnya sangatlah bermanfaat apalagi bagi seseorang khususnya creator dan pebisnis.

Baca Juga: Cara Memindahkan File Google Drive Ke Penyimpanan Internal

Jadi segera pelajari dan praktekan ya, supaya kalian juga bisa menikmati kemudahan dalam mengunduh file.


Tinggalkan komentar

Eko Trimulyono

Hadir dengan artikel panduan informatif beserta tools yang bisa ngebantu aktifitas medsos kalian.

Terhubung