Photo of author
Author:
Bukan orang dengan pendidikan tinggi, hanya penggemar segala hal.

Media Coverage: Pengertian dan Manfaatnya Untuk Brand

Temukan pengertian dan manfaat media coverage untuk memperkuat merek bisnismu dan apatkan wawasan berharga dengan informasi ini.

 
11 m, 52 s
 366 Views
Jika kamu adalah seorang pengusaha atau pemasar yang ingin meningkatkan reputasi merekmu, maka kamu paham dengan Media Coverage sebagai salah satu upaya terbaik yang dapat dilakukan untuk perkembangan brandmu.

Di artikel ini, kita akan menjelajahi dunia media coverage, memahami apa itu sebenarnya, mengenal berbagai jenisnya, serta mengungkap manfaat besar yang bisa kamu dapatkan darinya. Jadi, duduklah nyaman dan mari kita mulai!

Apa Itu Media Coverage?

Sebelum kita melangkah lebih jauh, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa sebenarnya yang dimaksud dengan media coverage.

Secara sederhana, media coverage adalah hal yang merujuk pada eksposur atau liputan yang diberikan oleh media massa kepada suatu peristiwa, produk, atau merek. Ini adalah cara bagi bisnis untuk mendapatkan perhatian publik dan memperluas jangkauan pesan mereka.

Media coverage bisa datang dalam berbagai bentuk, termasuk artikel di surat kabar, laporan berita di televisi, postingan di media sosial, wawancara di radio, dan masih banyak lagi.

Tujuannya adalah untuk menciptakan kehadiran yang kuat dan membangun citra positif bagi suatu merek.

Jenis-jenis Media Coverage

Sekarang, mari kita bahas beberapa jenis media coverage yang perlu kamu ketahui:

1. Paid Media

Paid media mengacu pada iklan atau konten promosi yang dibayar oleh suatu perusahaan atau merek untuk mendapatkan eksposur di media.

Ini bisa termasuk iklan cetak di surat kabar, iklan televisi, iklan daring, dan lain-lain. Dalam hal ini, perusahaan membayar untuk mendapatkan ruang iklan dan mencapai audiens yang lebih luas.

2. Earned Media

Earned media adalah liputan yang diperoleh secara alami atau organik melalui publisitas positif. Ini terjadi ketika media massa secara sukarela meliput berita tentang perusahaan atau merek tanpa ada pembayaran yang terlibat.

Earned media bisa berupa artikel berita, ulasan produk, atau wawancara dengan eksekutif perusahaan. Mendapatkan earned media bisa menjadi tanda pengakuan yang besar untuk bisnis dan seringkali lebih dipercaya oleh konsumen.

3. Owned Media

Owned media adalah platform atau saluran media yang dimiliki dan dioperasikan oleh perusahaan atau merek itu sendiri. Ini termasuk situs web perusahaan, blog, saluran media sosial, dan bulletin perusahaan.

Dalam owned media, perusahaan memiliki kendali penuh atas konten yang dipublikasikan dan dapat menggunakannya untuk berkomunikasi langsung dengan audiens mereka.

Salah satu bentuk publikasinya adalah Press Release. Press release adalah dokumen yang dibuat dan didistribusikan kepada media massa untuk memberikan informasi tentang peristiwa, produk, atau layanan yang relevan dengan perusahaan atau merek.

Saat ini terdapat banyak sekali agensi yang menyediakan jasa press release, salah satunya seperti Publikasimedia.com. Media pemasaran seperti ini akan mengirimkan press release kepada jurnalis atau redaksi media yang telah terjalin kerja sama dengan mereka sehingga akan meliput berita tersebut.

Manfaat Media Coverage

Sekarang kita akan membahas manfaat besar yang dapat kamu peroleh melalui media coverage:

1. Meningkatkan Reputasi dan Kredibilitas

Mendapatkan media coverage yang positif dapat membantu meningkatkan reputasi dan kredibilitas merek atau perusahaanmu.

Ketika media massa memberikan perhatian positif kepada produk atau layananmu, hal ini memberikan dukungan pihak ketiga yang dapat meyakinkan calon konsumen untuk mempercayai dan memilih merekmu.

Liputan media juga dapat memperkuat citra positif dan meningkatkan persepsi publik tentang kualitas dan integritas bisnismu.

2. Mencapai Audiens yang Lebih Luas

Media coverage membantu memperluas jangkauan pesanmu dengan mencapai audiens yang lebih luas.

Ketika peristiwa atau berita tentang merekmu diliput oleh media massa, informasi tersebut dapat diakses oleh banyak orang melalui berbagai saluran, seperti surat kabar, televisi, radio, dan media sosial.

Ini memberikan kesempatan untuk memperkenalkan merekmu kepada orang-orang yang mungkin belum mengenalnya sebelumnya dan menciptakan kesadaran yang lebih luas.

3. Meningkatkan Citra dan Brand Awareness

Media coverage yang baik dapat membantu meningkatkan citra merek dan kesadaran tentang merekmu di antara konsumen. Ketika merekmu muncul dalam berita atau artikel yang positif, hal ini menciptakan asosiasi positif dan memperkuat persepsi tentang merek tersebut.

Selain itu, media coverage juga dapat membantu memperkenalkan nilai-nilai merek, produk, atau layananmu kepada audiens yang lebih luas, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi preferensi konsumen dan membangun loyalitas merek.

4. Memperoleh Keunggulan Kompetitif

Media coverage yang efektif dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaanmu.

Ketika merekmu mendapatkan perhatian media yang positif dan mendapatkan liputan yang lebih banyak dibandingkan dengan pesaingmu, hal ini dapat membuatmu menonjol di antara persaingan dan menciptakan nilai tambah yang signifikan.

Baca Juga: Pemanfaatan Augmented Reality untuk Keperluan Bisnis Online

Keunggulan kompetitif semacam ini dapat mempengaruhi keputusan konsumen dan membantu merekmu memenangkan pangsa pasar.

5. Peluang Kolaborasi dan Kemitraan

Media coverage yang baik juga dapat membuka peluang kolaborasi dan kemitraan dengan pihak lain dalam industri atau bidang terkait.

Ketika merekmu mendapatkan perhatian media yang positif, hal ini dapat menarik minat mitra potensial, influencer, atau perusahaan lain untuk bekerja sama denganmu.

Peluang kolaborasi semacam ini dapat membantu memperluas jaringan bisnismu, meningkatkan daya saing, dan menciptakan sinergi yang saling menguntungkan.

6. Menghadapi Krisis dengan Transparansi

Media coverage juga dapat menjadi alat yang efektif dalam menghadapi situasi krisis.

Ketika perusahaan menghadapi masalah atau kontroversi, berkomunikasi secara terbuka dan transparan melalui media massa dapat membantu mengelola dan mengurangi dampak negatif yang mungkin timbul.

Dengan memberikan klarifikasi, fakta, dan upaya perbaikan yang dilakukan, kamu dapat memperoleh kepercayaan dan dukungan publik, serta mengarahkan narasi yang lebih positif.

7. Menarik Investor dan Mitra Bisnis

Media coverage yang positif juga dapat menarik perhatian investor potensial dan mitra bisnis. Ketika merek atau perusahaanmu mendapatkan liputan yang baik dalam media, hal ini mencerminkan keberhasilan dan potensi pertumbuhan bisnismu.

Investor dan mitra bisnis cenderung tertarik untuk bekerja sama dengan merek yang memiliki reputasi baik dan prospek yang cerah.

Baca Juga: Memanfaatkan Domain Untuk Kesuksesan Bisnis Di Era Digital

Media coverage dapat membantu membangun keyakinan dan minat dari pihak-pihak ini, membuka pintu untuk kesempatan investasi dan kemitraan yang berharga.

8. Mendapatkan Umpan Balik dan Sentimen Konsumen

Media coverage juga dapat menjadi sumber umpan balik dan sentimen konsumen yang berharga. Melalui liputan media, kamu dapat melihat bagaimana publik merespons merekmu, produk, atau inisiatif bisnismu.

Melalui artikel, komentar, dan tanggapan yang muncul dalam media, kamu dapat mendapatkan wawasan tentang persepsi dan kebutuhan konsumen yang dapat digunakan untuk menginformasikan strategi pemasaran dan pengembangan produk masa depan.

9. Mendukung Kampanye Pemasaran dan Promosi

Media coverage dapat menjadi aspek penting dalam kampanye pemasaran dan promosi. Ketika merekmu mendapatkan liputan media yang luas, hal ini dapat meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran yang sedang dilakukan.

Liputan media dapat meningkatkan kesadaran dan minat konsumen terhadap produk atau layanan yang ditawarkan, serta meningkatkan respons dan partisipasi dalam kegiatan promosi yang dilakukan oleh perusahaan.

10. Memperluas Pengaruh

Melalui media coverage, merek atau perusahaanmu dapat memperluas pengaruh dan pengaruhnya di dalam industri atau komunitas tertentu.

Ketika media massa meliput berita atau peristiwa yang terkait dengan perusahaanmu, hal ini memperkuat posisimu sebagai pemain kunci dalam bidang tersebut.

Ini dapat membuka pintu untuk menjadi otoritas dalam industri, mendapatkan undangan untuk berbicara dalam konferensi atau acara terkait, serta mempengaruhi perkembangan dan tren di sektor bisnismu.

Dalam mengoptimalkan manfaat dari media coverage, penting untuk memiliki strategi yang terarah, mengidentifikasi media yang relevan untuk target audiensmu, dan menjaga hubungan yang baik dengan wartawan dan media.

Pemantauan media juga penting agar kamu dapat melacak dan mengevaluasi dampak liputan media terhadap bisnismu.

Dengan memahami manfaat yang dimiliki oleh media coverage dan mengambil langkah-langkah yang tepat, kamu dapat memanfaatkannya untuk mengembangkan merekmu, meningkatkan reputasi bisnis, dan mencapai tujuan yang kamu inginkan.

Baca Juga: 5 Ide Jualan Makanan Online Kreatif Modal Kecil

Tips untuk Maksimalkan Media Coverage

Untuk memaksimalkan manfaat dari media coverage, ada beberapa tips yang dapat kamu terapkan. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat membantu kamu mendapatkan liputan media yang lebih luas dan efektif:

a. Bangun Hubungan Baik dengan Wartawan dan Media

Membangun hubungan yang baik dengan wartawan dan media sangat penting. Jalinlah komunikasi yang baik dengan mereka, hadiri acara atau konferensi yang dihadiri oleh wartawan, dan tawarkan diri sebagai sumber informasi yang dapat diandalkan.

Hal ini akan membantu kamu membangun kepercayaan dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan liputan media yang lebih besar.

b. Sediakan Informasi yang Relevan dan Menarik

Ketika menghubungi wartawan atau mengirimkan siaran pers, pastikan untuk menyediakan informasi yang relevan dan menarik.

Bawalah cerita yang unik, berikan data atau fakta yang menarik, dan sampaikan pesanmu dengan jelas. Hindari membuat siaran pers terlalu promosi atau berlebihan.

Berikan nilai tambah yang berguna bagi wartawan dan pembaca agar mereka tertarik untuk meliput berita atau cerita mengenai perusahaanmu.

c. Gunakan Media Sosial untuk Meningkatkan Jangkauan

Manfaatkan kekuatan media sosial untuk memperluas jangkauan media coveragemu. Bagikan liputan media yang kamu dapatkan melalui akun media sosial perusahaan.

Gunakan tagar (hashtag) yang relevan dan sertakan kutipan menarik dari artikel tersebut. Hal ini dapat membantu memperluas jangkauanmu dan memungkinkan orang lain untuk berbagi liputan media tersebut, meningkatkan visibilitas perusahaanmu.

Baca Juga: Cara Menjadi Freelancer Data Entry Dan Hasilkan Uang

d. Gunakan Cerita Sukses dan Studi Kasus

Cerita sukses dan studi kasus dapat menjadi daya tarik yang kuat bagi media. Identifikasi cerita sukses dari pelanggan atau mitra bisnismu yang dapat memperkuat merekmu dan sampaikan cerita tersebut kepada wartawan.

Sertakan detail yang menarik, dampak positif yang dihasilkan, dan bukti nyata dari keberhasilan tersebut. Wartawan sering mencari cerita yang menginspirasi dan memberikan nilai tambah bagi pembaca, jadi pastikan untuk mengemas cerita suksesmu dengan baik.

e. Manfaatkan Acara dan Peluncuran Produk

Acara dan peluncuran produk adalah momen yang bagus untuk mendapatkan liputan media. Sebelum acara, buatlah pengumuman yang menarik dan kirimkan undangan kepada wartawan.

Sediakan kesempatan bagi mereka untuk menghadiri acara atau mendapatkan informasi terkait melalui konferensi pers. Pastikan acaramu memiliki elemen menarik, seperti pembicara terkenal atau demonstrasi produk yang unik.

Gunakan kesempatan ini untuk memperkenalkan merekmu kepada media dan menarik perhatian mereka.

f. Lakukan Pemantauan Media

Pemantauan media adalah langkah penting dalam memaksimalkan media coverage. Lacak liputan media yang kamu terima, baik melalui mencari artikel online, melihat siaran pers, atau mendengarkan liputan media di radio atau televisi.

Pemantauan media akan memberikanmu pemahaman yang lebih baik tentang sejauh mana liputan media telah menjangkau audiens dan bagaimana merekmu diwakili dalam berita.

g. Bersiap untuk Wawancara Media

Jika kamu mendapatkan kesempatan untuk diwawancarai oleh media, bersiaplah dengan baik.

Persiapkan pesan yang ingin kamu sampaikan, kenali topik yang akan dibahas, dan berlatih dalam memberikan jawaban yang jelas dan terfokus.

Baca Juga:

Business Model Canvas: Kenali Untuk Merancang Bisnis Anda!
h. Gunakan Jasa PR atau Perusahaan PR

Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk menggunakan jasa PR atau bekerja sama dengan perusahaan PR yang memiliki pengalaman dan hubungan yang baik dengan media.

Mereka dapat membantu kamu merencanakan strategi media coverage, menulis siaran pers yang efektif, mengatur wawancara dengan wartawan, dan mengoptimalkan kehadiranmu di media.

i. Jaga Konsistensi dan Kelangsungan

Terakhir, penting untuk menjaga konsistensi dan kelangsungan upaya media coveragemu. Buat jadwal yang teratur untuk mengirimkan siaran pers, menghubungi wartawan, atau membagikan konten melalui media sosial.

Pertahankan komunikasi yang baik dengan wartawan dan perbarui mereka dengan perkembangan terbaru. Dengan menjaga konsistensi dan kelangsungan, kamu dapat membangun kepercayaan jangka panjang dengan media dan memperkuat citra merekmu.

Dengan menerapkan tips ini, kamu dapat meningkatkan peluangmu mendapatkan media coverage yang lebih luas dan efektif.

Cara Mengukur Media Coverage

Setelah melakukan upaya media coverage, penting untuk mengukur efektivitas dan dampaknya. Berikut adalah beberapa cara untuk mengukur media coverage yang telah kamu dapatkan:

a. Monitor Kehadiran Media

Lakukan pemantauan terhadap media untuk melihat sejauh mana liputanmu telah muncul.

Gunakan alat pemantauan media atau layanan kliping untuk melacak dan mengumpulkan semua artikel, siaran pers, wawancara, dan liputan media lainnya yang terkait dengan merekmu.

Catat jumlah dan jenis media yang telah memberikan liputan serta distribusi geografisnya.

Baca Juga: Apa Itu Asesmen Diagnostik? Ini Pengertian Hingga Manfaatnya

b. Perhatikan Nilai Media

Selain jumlah liputan, perhatikan juga nilai media dari masing-masing cakupan tersebut.

Beberapa faktor yang dapat kamu pertimbangkan adalah reputasi media yang memberikan liputan, posisi dan durasi liputan, serta sentimen yang terkait dengan merekmu.

Jika mungkin, gunakan alat atau jasa analitik media untuk mengukur nilai media secara lebih terperinci.

c. Analisis Kualitatif

Selain melihat angka-angka, lakukan juga analisis kualitatif terhadap liputan media. Tinjau bagaimana merekmu diwakili dalam berita, apakah pesanmu berhasil disampaikan, dan sejauh mana liputan tersebut memengaruhi persepsi dan citra merekmu.

Identifikasi sorotan positif dan negatif, serta peluang untuk meningkatkan atau memperbaiki kehadiranmu di media.

d. Evaluasi Keterhubungan

Selidiki juga keterhubungan liputan media dengan tujuan dan target audiensmu.

Tinjau apakah liputan tersebut mencapai target audiens yang diinginkan, apakah merekmu terlihat di platform dan saluran yang relevan, dan sejauh mana liputan media tersebut berdampak pada kehadiran dan pemahaman merekmu di kalangan audiensmu.

e. Lacak Kenaikan Trafik dan Aktivitas Online

Jika media coveragemu melibatkan tautan ke situs webmu atau aktivitas online lainnya, lacak kenaikan lalu lintas dan interaksi yang terjadi setelah liputan tersebut.

Gunakan alat analitik web untuk melihat apakah ada peningkatan dalam jumlah pengunjung, waktu yang dihabiskan di situs webmu, atau tindakan yang diambil oleh pengunjung setelah melihat liputan media.

Baca Juga: 5 Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

f. Perhatikan Feedback dan Respon Publik

Terakhir, perhatikan feedback dan respon publik terhadap liputan media yang kamu dapatkan. Amati tanggapan yang muncul di media sosial, surat kabar, atau platform lainnya.

Apakah ada pembicaraan yang dihasilkan, komentar yang diberikan, atau tanggapan yang dapat kamu pelajari. Ini dapat memberikan wawasan berharga tentang bagaimana audiens dan masyarakat umum merespons liputan media tentang merekmu.

Dengan mengukur media coverage secara komprehensif, kamu dapat mengevaluasi keberhasilan upaya media coveragemu, mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan, dan mendapatkan wawasan yang lebih baik tentang dampaknya terhadap visibilitas dan citra merekmu.

Akhir Kata

Dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini, media coverage menjadi salah satu alat yang kuat untuk mempromosikan merek dan meningkatkan visibilitas.

Dengan menciptakan hubungan yang kuat dengan media, mengembangkan strategi yang efektif, dan memaksimalkan peluang yang ada, kamu dapat memperoleh liputan media yang berharga dan mencapai tujuan pemasaranmu.

Dalam artikel ini, telah kita bahas tentang pentingnya media coverage dalam memperluas jangkauan merekmu.

Mulai dari membangun hubungan dengan media, mencari peluang liputan, mengoptimalkan materi pers, hingga cara mengukur dampaknya, semuanya memainkan peran penting dalam keberhasilan media coverage.

Ingatlah bahwa media coverage bukanlah hal yang instan atau satu-sisi. Dibutuhkan dedikasi, konsistensi, dan kerjasama yang baik antara tim pemasaran dan hubungan masyarakat untuk mencapai hasil yang optimal.

Baca Juga: Mengapa Orang Memilih Memulai Usaha Mereka Sendiri?

Dengan melibatkan media secara efektif, kamu dapat membangun citra merek yang positif, menjangkau lebih banyak audiens, dan meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan.

Jangan lupa untuk terus memantau dan mengevaluasi upaya media coveragemu. Dengan melihat kembali hasil yang telah dicapai, kamu dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, memperbaiki strategi, dan terus meningkatkan kampanye media coveragemu.

Dengan menguasai media coverage, kamu dapat menjadikan merekmu dikenal, diingat, dan menjadi pemimpin di industri yang kompetitif. Jadi, jangan ragu untuk memanfaatkan kekuatan media dan mulai melangkah ke arah kesuksesan yang lebih besar.


Tinggalkan komentar

Eko Trimulyono

Hadir dengan artikel panduan informatif beserta tools yang bisa ngebantu aktifitas medsos kalian.

Terhubung