Photo of author
Author:
Bukan orang dengan pendidikan tinggi, hanya penggemar segala hal.

3 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi Dengan Mudah

Temukan trik praktis dalam cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi dengan 3 metode mudah untuk menjaga privasi secara efektif.

 
6 m, 19 s
 309 Views
Apakah kamu pernah merasa ingin menyembunyikan aplikasi tertentu di hp Xiaomi? Mungkin kamu punya aplikasi rahasia yang tidak ingin diketahui orang lain, atau ingin menghemat ruang layar dengan menyembunyikan aplikasi yang jarang di gunakan.

Apapun alasanmu, kamu bisa menyembunyikan aplikasi di hp Xiaomi dengan mudah dan cepat dengan panduan ini, loh.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukannya, tergantung dari tipe dan versi hp Xiaomi yang kamu miliki. Di artikel ini, akan dijelaskan semua metode yang dapat diterapkan untuk berbagai tipe, mulai dari yang paling umum hingga yang paling spesifik.

Inilah Semua Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi di Berbagai Tipe

Seperti yang telah dijelaskan oleh ajiekusumadhany.com tentang cara menjalankan aplikasi di latar belakang pada Xiaomi, panduan berikut ini juga dapat kamu pilih sesuai kebutuhanmu, karena semuanya dapat dilakukan secara gratis dan juga mudah. Jadi, simak baik-baik ya!

1. Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi dengan Fitur Bawaan

Cara pertama yang bisa kamu coba untuk menyembunyikan aplikasi di hp Xiaomi adalah dengan menggunakan fitur bawaan yang sudah tersedia di hpmu. Fitur ini biasanya ada di hp Xiaomi yang menggunakan sistem operasi MIUI, seperti Xiaomi note, redmi, poco, mi, dan lain-lain.

Fitur ini memungkinkan untuk hide aplikasi yang di inginkan dalam sebuah folder rahasia yang hanya bisa kamu akses dengan cara tertentu. Berikut adalah langkah-langkah untuk menyembunyikan aplikasi di hp Xiaomi dengan fitur bawaan:

  1. Buka aplikasi Pengaturan di hp Xiaomi kamu.
  2. Pilih menu Aplikasi.
  3. Pilih menu Aplikasi Tersembunyi.
  4. Aktifkan fitur Sembunyikan Aplikasi dengan menggeser tombol ke kanan.
  5. Masukkan Kata Sandi yang kamu inginkan untuk membuka folder rahasia nanti. Kamu juga bisa menggunakan Sidik Jari atau Pola sebagai alternatif.
  6. Pilih aplikasi yang ingin kamu sembunyikan dengan menandai kotak di sebelah nama aplikasi. Kamu bisa memilih lebih dari satu aplikasi sekaligus.
  7. Ketuk tombol Selesai di pojok kanan atas layar.
  8. Sekarang, aplikasi yang kamu pilih sudah tersembunyikan di folder rahasia. Untuk membuka folder rahasia, kamu harus melakukan salah satu dari dua cara berikut:
    • Geser layar utama ke kanan dua kali, lalu masukkan kata sandi, sidik jari, atau pola yang sudah kamu tentukan sebelumnya.
    • Buka aplikasi Keamanan, lalu pilih menu Aplikasi Tersembunyi, dan masukkan kata sandi, sidik jari, atau pola yang sudah kamu tentukan sebelumnya.
Cara menyembunyikan aplikasi dengan fitur bawaan ini cukup mudah dan praktis, namun ada beberapa kekurangan yang perlu kamu ketahui, yaitu:

  • Kamu tidak bisa menyembunyikan aplikasi bawaan yang sudah terinstal di hp Xiaomi kamu, seperti Kontak, Pesan, Kamera, Galeri, dan lain-lain.
  • Kamu tidak bisa mengubah nama atau ikon folder rahasia, sehingga orang lain mungkin bisa curiga jika melihatnya.
  • Kamu tidak bisa menambahkan aplikasi lain ke dalam folder rahasia setelah kamu menyelesaikan langkah-langkah di atas. Kamu harus mengulangi langkah-langkah tersebut dari awal jika kamu ingin menyembunyikan aplikasi lain.

2. Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi dengan Fitur Ganda

Cara kedua yang bisa kamu coba untuk menyembunyikan aplikasi di hp Xiaomi adalah dengan menggunakan fitur ganda. Fitur ini memungkinkan untuk membuat salinan dari aplikasi yang kamu inginkan, dan menyembunyikan salinan tersebut di dalam sebuah ruang terpisah yang hanya bisa di akses dengan cara tertentu.

Fitur ini biasanya ada di hp Xiaomi yang menggunakan sistem operasi MIUI 8 ke atas, seperti Xiaomi note 8, redmi 8, poco x3, mi 10, dan lain-lain.

Fitur ini cocok untuk kamu yang ingin menyembunyikan aplikasi yang berhubungan dengan akun pribadi, seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, Gmail, dan lain-lain. Berikut adalah langkah-langkah untuk menyembunyikan aplikasi di hp Xiaomi dengan fitur ganda:

  • Buka aplikasi Pengaturan.
  • Pilih menu Aplikasi Ganda.
  • Pilih aplikasi yang ingin kamu buat salinannya dengan menggeser tombol ke kanan. Kamu bisa memilih lebih dari satu aplikasi sekaligus.
  • Tunggu hingga proses pembuatan salinan selesai. Kamu akan melihat ikon aplikasi yang kamu pilih dengan tanda + di pojok kanan bawah.
  • Sekarang, kamu sudah memiliki dua versi dari aplikasi yang kamu pilih, yaitu versi asli dan versi salinan. Untuk menyembunyikan versi salinan, kamu harus melakukan langkah-langkah berikut:
    • Buka aplikasi Keamanan di hp Xiaomi kamu.
    • Pilih menu Ruang Tersembunyi.
    • Aktifkan fitur Ruang Tersembunyi dengan menggeser tombol ke kanan.
    • Masukkan Kata Sandi yang kamu inginkan untuk membuka ruang tersembunyi nanti. Kamu juga bisa menggunakan Sidik Jari atau Pola sebagai alternatif.
    • Pilih aplikasi yang ingin kamu pindahkan ke ruang tersembunyi dengan menandai kotak di sebelah nama aplikasi. Pastikan kamu memilih versi salinan, bukan versi asli.
    • Ketuk tombol Selesai di pojok kanan atas layar.
    • Sekarang, versi salinan dari aplikasi yang kamu pilih sudah tersembunyikan di ruang tersembunyi. Untuk membuka ruang tersembunyi, kamu harus melakukan salah satu dari dua cara berikut:
      • Geser layar utama ke bawah dua kali, lalu masukkan kata sandi, sidik jari, atau pola yang sudah kamu tentukan sebelumnya.
      • Buka aplikasi Keamanan, lalu pilih menu Ruang Tersembunyi, dan masukkan kata sandi, sidik jari, atau pola yang sudah kamu tentukan sebelumnya.
Cara hide aplikasi di hp Xiaomi dengan fitur ganda ini cukup aman dan fleksibel, namun ada beberapa kekurangan yang perlu kamu ketahui, yaitu:

  • Kamu tidak bisa menyembunyikan semua aplikasi yang ada di hp, hanya aplikasi tertentu yang mendukung fitur ganda, seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, Gmail, dan lain-lain.
  • Kamu harus mengatur ulang akun dan data aplikasi yang kamu buat salinannya, karena versi salinan tidak akan mengikuti versi asli secara otomatis.
  • Kamu harus berhati-hati untuk tidak membuka versi asli dan versi salinan secara bersamaan, karena bisa menyebabkan konflik atau error.

3. Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Metode ketiga yang bisa kamu coba untuk menyembunyikan aplikasi di hp Xiaomi adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi pihak ketiga adalah aplikasi yang dibuat oleh pengembang selain Xiaomi, yang bisa kamu unduh dari toko aplikasi seperti Google Play Store atau App Store.

Aplikasi pihak ketiga ini biasanya memiliki fitur yang lebih lengkap dan canggih untuk menyembunyikan aplikasi di hp Xiaomi, seperti mengubah nama atau ikon aplikasi, menyembunyikan notifikasi, mengunci aplikasi dengan kata sandi, sidik jari, atau pola, dan lain-lain.

Beberapa contoh aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan aplikasi di hp Xiaomi adalah:

  1. AppLock: Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengunci aplikasi yang kamu inginkan dengan kata sandi, sidik jari, atau pola. Kamu juga bisa menyembunyikan ikon AppLock itu sendiri, sehingga orang lain tidak akan tahu bahwa kamu menggunakan aplikasi ini. Kamu juga bisa menyembunyikan foto, video, atau file lainnya yang ada di hp Xiaomi kamu dengan aplikasi ini.
  2. Nova Launcher: Aplikasi ini adalah sebuah launcher yang bisa mengubah tampilan dan fungsi layar utama hp Xiaomi kamu. Kamu bisa menyembunyikan aplikasi yang kamu inginkan dengan cara menonaktifkan opsi Tampilkan di laci aplikasi di pengaturan aplikasi. Kamu juga bisa mengubah nama atau ikon aplikasi yang kamu sembunyikan dengan cara menekan lama ikon aplikasi, lalu pilih Edit. Kamu juga bisa menambahkan widget atau pintasan untuk membuka aplikasi yang kamu sembunyikan dengan cara menekan lama layar utama, lalu pilih Widget atau Pintasan.
  3. Calculator Vault: Aplikasi ini adalah sebuah kalkulator yang bisa kamu gunakan untuk menghitung angka seperti biasa, namun juga bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan aplikasi, foto, video, atau file lainnya yang ada di hp Xiaomi. Kamu bisa membuka ruang tersembunyi dengan cara memasukkan kode rahasia yang sudah kamu tentukan sebelumnya, lalu tekan tanda =. Kamu juga bisa mengubah ikon aplikasi ini menjadi ikon lain yang lebih tidak mencolok, seperti Jam, Kamera, Pengaturan, dan lain-lain.

Menyembunyikan aplikasi dengan aplikasi pihak ketiga ini cukup efektif dan variatif, namun ada beberapa kekurangan yang perlu di ketahui, yaitu:

  • Kamu harus mengunduh dan menginstal aplikasi pihak ketiga terlebih dahulu, yang bisa memakan ruang penyimpanan dan kuota internet.
  • Kamu harus memastikan bahwa aplikasi pihak ketiga yang kamu gunakan aman dan terpercaya, karena ada beberapa aplikasi yang bisa mengandung virus, malware, atau iklan yang mengganggu.
  • Kamu harus mengikuti petunjuk dan persyaratan yang diberikan oleh aplikasi pihak ketiga yang di gunakan, karena setiap aplikasi bisa memiliki cara kerja dan fitur yang berbeda-beda.

Penutup

Demikianlah artikel tentang cara menyembunyikan aplikasi di hp Xiaomi. Semoga artikel ini bermanfaat dan informatif untuk kamu yang sedang membutuhkannya. Juga berharap bahwa artikel ini bisa membantumu untuk menyembunyikan aplikasi yang diinginkan dengan mudah dan cepat.


Tinggalkan komentar

Eko Trimulyono

Hadir dengan artikel panduan informatif beserta tools yang bisa ngebantu aktifitas medsos kalian.

Terhubung