Photo of author
Author:
Bukan orang dengan pendidikan tinggi, hanya penggemar segala hal.

10 Tempat Wisata Di Jateng Yang Lagi Hits

Temukan 10 tempat wisata di Jawa Tengah yang sedang populer dan Instagrammable! Jelajahi keindahan alam, sejarah, dan budaya di provinsi ini.

 
5 m, 56 s
 536 Views
Jawa Tengah merupakan provinsi yang memiliki banyak destinasi wisata menarik dan beragam. Saat ini, ada sepuluh tempat wisata di Jateng yang sedang menjadi sorotan dan menjadi tujuan wisata favorit bagi para traveler.

Sebenarnya informasi dan berita seputar Jawa Tengah bisa didapatkan di media lokal Kompas Jateng. Namun tidak ada salahnya kali ini ekotrimulyono.com merangkum sepuluh tempat wisata di Jawa Tengah yang sedang hits dan layak untuk dikunjungi.

Mulai dari destinasi alam yang menakjubkan hingga tempat wisata sejarah yang kaya akan budaya, Jawa Tengah memiliki semuanya.

10 Tempat Wisata Di Jateng Yang Lagi Hits Yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata Di Jateng Yang Lagi Hits
Jika kamu sedang merencanakan liburan ke Jawa Tengah, kamu tidak bisa melewatkan sepuluh tempat wisata hits yang akan di bahas dalam artikel ini. Dan sebelum berangkat, jangan lupa untuk membawa kamera karena pasti akan banyak momen yang Instagramable.

1. Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu adalah salah satu tempat wisata sejarah yang terletak di Semarang. Lawang Sewu memiliki arti seribu pintu dan dulunya merupakan kantor pusat Kereta Api Hindia Belanda. Tempat ini memiliki arsitektur yang unik dan penuh sejarah. Di dalam Lawang Sewu terdapat ruangan-ruangan yang sering dijadikan lokasi foto oleh para pengunjung.

Alamat: Jalan Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.
Jam Buka: Senin – Minggu 08.00 – 17.00 WIB.

2. Hutan Pinus Kayon

Jika kamu ingin merasakan sensasi camping di tengah hutan pinus yang dingin, Hutan Pinus Kayon adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Hutan ini terletak di lereng Gunung Merbabu dan memiliki pemandangan alam yang indah. Kamu juga bisa melakukan trekking atau berjalan-jalan sambil menikmati udara segar.

Alamat: Desa Candirenggo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.
Jam Buka: 24 jam.

3. Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng merupakan tempat wisata yang terletak di kabupaten Wonosobo. Dataran Tinggi Dieng terkenal dengan udara yang sejuk dan pemandangan alam yang indah. Di sini kamu bisa menikmati keindahan alam dan mengunjungi berbagai tempat wisata seperti Kawah Sikidang dan Telaga Warna.

Alamat: Dieng, Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah.
Jam Buka: Senin – Minggu 07.00 – 17.00 WIB.

4. Gua Maria Kerep

Gua Maria Kerep adalah tempat wisata religi yang terletak di Brebes. Gua ini terkenal sebagai tempat untuk berdoa dan bermeditasi. Gua Maria Kerep juga memiliki pemandangan alam yang indah sehingga cocok untuk kamu yang ingin merasakan healing.

Alamat: Desa Kerep, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.
Jam Buka: 24 jam.

5. Gunung Sikunir

Gunung Sikunir adalah tempat wisata alam yang terletak di Dieng. Gunung ini terkenal dengan pemandangan sunrise yang indah. Kamu bisa mendaki gunung ini pada malam hari dan menikmati pemandangan matahari terbit yang spektakuler di pagi hari.

Alamat: Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.
Jam Buka: 24 jam.

6. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu adalah tempat wisata alam yang terletak di antara kota Semarang dan kota Solo. Gunung ini merupakan gunung yang cukup populer di Jawa Tengah. Di sini kamu bisa melakukan pendakian dan menikmati pemandangan alam yang indah.

Alamat: Jawa Tengah, Indonesia.
Jam Buka: 24 jam.

7. Pantai Tanjung Gelam

Pantai Tanjung Gelam adalah tempat wisata pantai yang terletak di Jepara. Pantai ini terkenal dengan pasir putih dan lautnya yang jernih. Di sini kamu bisa menikmati keindahan alam dan bermain air dengan keluarga atau teman-teman.

Alamat: Desa Karang Duwet, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.
Jam Buka: 24 jam.

8. Alun-Alun Karimunjawa

Karimunjawa merupakan kepulauan yang terletak di bagian selatan Jawa Tengah. Di sini kamu bisa menemukan Alun-Alun Karimunjawa yang menjadi tempat wisata populer di kalangan wisatawan. Kamu bisa bermain di taman atau menikmati makanan di sekitar area alun-alun.

Alamat: Jl. KH. Ahmad Dahlan, Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah.
Jam Buka: Senin – Minggu 08.00 – 22.00 WIB.

9. Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo adalah tempat wisata alam yang terletak di Yogyakarta namun berada di perbatasan dengan Jawa Tengah. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan juga menemukan tempat-tempat sakral yang populer di kalangan wisatawan.

Alamat: Jl. Puncak Suroloyo, Kulonprogo, Yogyakarta.
Jam Buka: 24 jam.

10. Curug Jenggala

Curug Jenggala adalah tempat wisata air terjun yang terletak di Purwokerto. Curug ini terkenal dengan keindahan alam dan airnya yang jernih. Di sini kamu bisa berenang atau bermain air di bawah air terjun yang spektakuler.

Alamat: Desa Jenggala, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
Jam Buka: 24 jam.

Baca Juga: 5 Wisata Selain Pantai Di Jogja, Terhits!

10 Tips Berwisata Dengan Aman Dan Nyaman

Tentunya, liburan yang menyenangkan dan mengesankan adalah impian setiap orang. Namun, untuk menghindari terjadinya masalah saat berwisata, perlu ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan. Berikut adalah 10 tips berwisata dengan aman dan nyaman:

  1. Membawa barang bawaan yang cukup: Pastikan kamu membawa barang bawaan yang cukup dan sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan membawa terlalu banyak barang, namun jangan juga terlalu sedikit.
  2. Mencari informasi sebanyak-banyaknya: Sebelum berangkat, carilah informasi tentang tempat wisata yang akan kamu kunjungi, seperti lokasi, harga tiket masuk, dan fasilitas yang tersedia. Kamu bisa mencari informasi tersebut melalui internet atau meminta rekomendasi dari teman atau saudara.
  3. Menghindari pergi berwisata pada hari libur nasional: Saat liburan nasional, tempat wisata biasanya akan ramai pengunjung. Oleh karena itu, sebaiknya hindari pergi berwisata pada hari libur nasional.
  4. Membuat jadwal perjalanan: Buatlah jadwal perjalanan sebelum berangkat agar kamu bisa memaksimalkan waktu liburanmu. Jangan terlalu padat, namun jangan juga terlalu santai.
  5. Menggunakan transportasi umum yang aman: Gunakan transportasi umum yang aman dan nyaman seperti bus, kereta api atau taksi yang resmi. Hindari menggunakan transportasi gelap atau yang tidak terpercaya.
  6. Memperhatikan keamanan: Pastikan kamu memperhatikan keamanan dirimu dan barang bawaanmu selama berada di tempat wisata. Jangan meninggalkan barang berharga di tempat yang terbuka dan hindari daerah yang rawan kejahatan.
  7. Menginap di tempat yang nyaman: Saat liburan, kamu membutuhkan tempat menginap yang nyaman dan aman. Misalnya saja kamu sedang liburan di Banten, Penginapan Srikandi adalah salah satu pilihan terbaik untuk kamu yang ingin melepaskan penat setelah seharian beraktifitas. Kamu bisa menikmati fasilitas yang lengkap dengan harga yang terjangkau.
  8. Menghindari wisata yang berbahaya: Jangan memaksakan diri untuk berwisata di tempat yang berbahaya atau yang tidak sesuai dengan kemampuanmu. Misalnya, jika kamu tidak memiliki pengalaman dalam pendakian gunung, sebaiknya hindari mendaki gunung yang sulit.
  9. Menjaga kebersihan lingkungan: Selama berada di tempat wisata, kamu juga perlu menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Jangan membuang sampah sembarangan dan hindari merusak keindahan alam.
  10. Menghindari pergi berwisata saat kondisi cuaca buruk: Hindari pergi berwisata saat kondisi cuaca buruk seperti saat hujan atau saat terik matahari. Selain tidak nyaman, hal tersebut juga bisa membahayakan keselamatanmu.
Dengan mengikuti tips di atas, kamu bisa berwisata dengan aman dan nyaman tanpa mengalami masalah. Jangan lupa untuk mencari informasi tentang tempat wisata dan memilih penginapan yang sesuai budget agar tetap bisa berlibur dengan suasana hati bahagia dan juga dompet yang tetap bersahabat.

Akhir Kata

Nah, itulah sepuluh tempat wisata hits di Jawa Tengah yang bisa kamu kunjungi saat liburan. Jangan lupa untuk memperhatikan jam buka dan alamat masing-masing tempat wisata.

Jawa Tengah adalah provinsi yang kaya akan destinasi wisata yang menakjubkan, mulai dari wisata sejarah, alam, hingga wisata kuliner. Beberapa tempat wisata di Jateng bahkan sedang menjadi hits dan menjadi tujuan wisata favorit para traveler.

Baca Juga: 5 Jenis Bus Pariwisata Terbaru, Nyaman Dan Aman

Dari tempat religi yang megah hingga wisata alam Menoreh, semua menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjung. Jangan lupa untuk mengunjungi 10 tempat wisata di Jateng yang sedang hits ini, dan rasakan keindahan alam serta kekayaan budaya Jawa Tengah yang tak terlupakan!


Tinggalkan komentar

Eko Trimulyono

Hadir dengan artikel panduan informatif beserta tools yang bisa ngebantu aktifitas medsos kalian.

Terhubung