Photo of author
Author:
Bukan orang dengan pendidikan tinggi, hanya penggemar segala hal.

5 Jenis Bus Pariwisata Terbaru, Nyaman Dan Aman

Nikmati perjalanan wisata yang nyaman dan aman dengan 5 jenis bus pariwisata terbaru dengan teknologi modern untuk menjelajahi destinasi impian Anda dengan tenang dan bebas stres.

 
5 m, 36 s
 342 Views
Ketika berbicara tentang wisata, transportasi yang digunakan juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Salah satu pilihan transportasi yang banyak digunakan adalah bus pariwisata.

Bus seperti ini menawarkan kenyamanan dan keamanan yang cukup tinggi bagi para pengguna, terlebih lagi dengan adanya berbagai fasilitas yang disediakan. Di Indonesia sendiri memiliki banyak macam bus pariwisata yang bisa digunakan, loh. Mulai dari yang kecil hingga besar dengan berbagai macam fasilitasnya.

Dan jika Anda ingin liburan bersama keluarga besar yang membutuhkan bus dengan berbagai pilihan, bisa sewa bus pariwisata Jakarta dari Andarabus untuk mendapatkan harga terjangkau sekaligus ditangani oleh crew yang andal sehingga bepergian jadi aman juga nyaman.

Jenis Bus Pariwisata Terbaru: 5 Pilihan Terbaik Untuk Perjalanan Anda

Berikut ini adalah 5 jenis bus pariwisata terbaru yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk perjalanan wisata Anda.

1. Scania K360.

Scania K360

Scania K360 adalah salah satu bus pariwisata terbaru yang banyak digunakan oleh operator bis di Indonesia. Bus ini menggunakan mesin diesel 9 liter yang dapat menghasilkan tenaga hingga 360 hp dan torsi hingga 1.850 Nm. Scania K360 juga dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan seperti ABS, EBS, dan ASR, sehingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi para penumpangnya.

Bus ini mampu menampung hingga 48 penumpang dan memiliki 24 kursi yang dilengkapi dengan sandaran dan meja lipat. Selain itu, bus ini juga dilengkapi dengan AC, toilet, TV, dan fasilitas hiburan lainnya yang membuat perjalanan semakin nyaman.

2. Mercedes-Benz Tourismo RHD.

Mercedes-Benz Tourismo RHD
Mercedes-Benz Tourismo RHD juga menjadi salah satu pilihan jenis bus pariwisata terbaru yang banyak digunakan di Indonesia. Bus ini dilengkapi dengan mesin diesel 10,7 liter yang mampu menghasilkan tenaga hingga 428 hp dan torsi hingga 2.100 Nm.

Bus ini mampu menampung hingga 50 penumpang dengan jumlah kursi sebanyak 28 unit. Kursi yang disediakan juga sangat nyaman karena dilengkapi dengan sandaran kaki, meja lipat, dan bantal kepala. Bus ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti AC, toilet, TV, dan fasilitas hiburan lainnya.

3. Volvo B11R.

Volvo B11R
Volvo B11R juga menjadi salah satu pilihan bus pariwisata terbaru yang bisa Anda gunakan. Bus ini dilengkapi dengan mesin diesel 11 liter yang mampu menghasilkan tenaga hingga 430 hp dan torsi hingga 2.100 Nm.

Bus ini mampu menampung hingga 53 penumpang dengan jumlah kursi sebanyak 30 unit. Kursi yang disediakan juga sangat nyaman dengan sandaran dan bantal kepala yang empuk. Selain itu, bus ini juga dilengkapi dengan AC, toilet, TV, dan fasilitas hiburan lainnya yang membuat perjalanan semakin nyaman.

4. Yutong ZK6125HGA.

Yutong ZK6125HGA
Yutong ZK6125HGA menjadi salah satu bus pariwisata terbaru yang berasal dari China. Bus ini dilengkapi dengan mesin diesel 8,9 liter yang mampu menghasilkan tenaga hingga 340 hp dan torsi hingga 1.400 Nm.

Bus ini mampu menampung hingga 55 penumpang dan memiliki 30 kursi dengan konfigurasi 2-2. Kursi yang disediakan juga sangat nyaman dan dilengkapi dengan sandaran kaki, meja lipat, dan bantal kepala. Selain itu, bus ini juga dilengkapi dengan AC, toilet, TV, dan fasilitas hiburan lainnya yang membuat perjalanan semakin nyaman.

5. Hino AK 1J.

Hino AK 1J
Hino AK 1J menjadi salah satu bus pariwisata terbaru yang berasal dari Jepang. Bus ini dilengkapi dengan mesin diesel 7,7 liter yang mampu menghasilkan tenaga hingga 290 hp dan torsi hingga 789 Nm.

Bus ini mampu menampung hingga 59 penumpang dengan jumlah kursi sebanyak 33 unit. Kursi yang disediakan juga sangat nyaman karena dilengkapi dengan sandaran kaki, meja lipat, dan bantal kepala. Selain itu, bus ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti AC, toilet, TV, dan fasilitas hiburan lainnya.


Kapasitas penumpang dan jumlah kursi yang disediakan pada bus pariwisata terbaru di Indonesia memang sangat bervariasi, tergantung pada ukuran bus dan fasilitas yang disediakan. Namun, pada umumnya, bus pariwisata memiliki kapasitas antara 40 hingga 60 penumpang dengan jumlah kursi sebanyak 24 hingga 33 unit.

Untuk harga, tentunya akan berbeda-beda tergantung pada merek, tipe, dan fasilitas yang disediakan. Namun, pada umumnya, harga sewa bus pariwisata terbaru di Indonesia berkisar antara Rp 3 juta hingga Rp 7 juta per hari, tergantung pada lokasi dan durasi penyewaan.

Dalam menjalankan bisnis bus pariwisata, tentunya tidak hanya menawarkan kenyamanan dan fasilitas yang baik, namun juga menjaga keamanan dan keselamatan para penumpang. Oleh karena itu, pemilihan bus pariwisata terbaru dan berkualitas menjadi hal yang sangat penting dalam memenuhi kebutuhan transportasi wisata para pelanggan.

Tips Aman Dan Nyaman Saat Liburan Dengan Bus

Berlibur dengan menggunakan bus dapat menjadi salah satu alternatif transportasi yang murah dan efektif. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan perjalanan Anda aman dan nyaman. Berikut adalah beberapa tips aman dan nyaman saat liburan dengan bus:

  1. Memilih Bus Pariwisata yang Terpercaya: Pastikan Anda memilih bus pariwisata yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Periksa juga apakah bus tersebut dilengkapi dengan fasilitas keselamatan seperti sabuk pengaman, palu pemecah kaca, dan alat pemadam api.
  2. Cek Kondisi Bus Sebelum Berangkat: Sebelum berangkat, pastikan Anda memeriksa kondisi bus terlebih dahulu. Pastikan mesin, ban, kaca, lampu, dan semua fasilitas lainnya berfungsi dengan baik dan aman untuk digunakan. Hal ini pastinya sudah ditangani oleh crewnya, jadi untuk penumpang bisa santai.
  3. Perhatikan Waktu Keberangkatan dan Kedatangan: Pastikan Anda tiba di lokasi keberangkatan bus tepat waktu. Selain itu, pastikan juga waktu kedatangan bus di tempat tujuan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Hal ini dapat membantu Anda menghindari kecelakaan dan memastikan perjalanan Anda berjalan dengan lancar.
  4. Pilih Tempat Duduk yang Nyaman: Pastikan Anda memilih tempat duduk yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Hindari memilih tempat duduk yang terlalu dekat dengan toilet atau pintu darurat, karena hal ini dapat mengganggu kenyamanan Anda selama perjalanan.
  5. Gunakan Sabuk Pengaman: Gunakan sabuk pengaman selama perjalanan, terutama saat bus berada di jalan raya atau ketika sedang melaju dengan kecepatan tinggi. Ini sangat penting untuk melindungi Anda dan penumpang lain dari cedera akibat kecelakaan.
  6. Jangan Menumpuk Barang Bawaan: Pastikan Anda tidak menumpuk terlalu banyak barang bawaan di dalam bus. Hal ini dapat mengganggu kenyamanan penumpang lain dan membahayakan keselamatan Anda jika terjadi kecelakaan.
  7. Jangan Mabuk atau Mengonsumsi Obat Terlarang: Pastikan Anda tidak mabuk atau mengonsumsi obat terlarang selama perjalanan. Hal ini dapat membahayakan keselamatan Anda dan penumpang lain di dalam bus.
  8. Jangan Membuka Jendela Saat Bus Sedang Melaju Cepat: Hindari membuka jendela saat bus sedang melaju dengan kecepatan tinggi. Hal ini dapat membahayakan keselamatan Anda dan penumpang lain di dalam bus.
Dengan memperhatikan tips-tips di atas, Anda dapat memastikan perjalanan liburan Anda dengan bus pariwisata berjalan dengan aman dan nyaman.

Penutup

Tidak ada informasi yang pasti mengenai jumlah jenis bus pariwisata di Indonesia karena hal ini dapat bervariasi tergantung pada kriteria klasifikasi yang digunakan. Namun, secara umum, bus pariwisata di Indonesia dapat dikelompokkan berdasarkan ukuran dan fasilitasnya, seperti bus besar, medium, dan kecil, serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti AC, toilet, TV, dan sebagainya.

Dari 5 jenis bus pariwisata terbaru yang telah disebutkan, Anda dapat memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan dan budget agar dalam perjalanan wisata tetap nyaman sekaligus aman.


Tinggalkan komentar

Eko Trimulyono

Hadir dengan artikel panduan informatif beserta tools yang bisa ngebantu aktifitas medsos kalian.

Terhubung