Photo of author
Author:
Bukan orang dengan pendidikan tinggi, hanya penggemar segala hal.

5 Wisata Selain Pantai Di Jogja, Terhits!

Pengen liburan tapi bosen mantai mulu? Yuk cari tahu destinasi wisata selain pantai di Jogja dengan beberapa rekomendasi tempat yang paling populer ini.

 
7 m, 46 s
 520 Views
Wisata selain pantai di Jogja bisa menjadi pilihan yang menarik untuk keluarga yang ingin berlibur di Jawa Tengah. Meskipun terkenal dengan pantainya yang indah, Jogja juga memiliki banyak wisata alam yang menarik untuk dikunjungi.

Dan langsung saja, berikut ini adalah deretan tempat wisata di Yogyakarta yang akan memberikan kesan spesial, jadi langsung datang aja supaya dapat merasakannya langsung.

5 Wisata Selain Pantai Di Jogja

Silahkan pilih salah satu tujuan liburan Anda dengan menggunakan beberapa informasi mengenai tempat yang paling cocok untuk dikunjungi berikut ini.

1. Goa Jomblang.

Goa Jomblang adalah salah satu objek wisata alam yang berlokasi di Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Goa ini menawarkan pengalaman yang sangat unik bagi para pengunjungnya. Di dalam goa terdapat sungai bawah tanah yang berwarna biru kehijauan yang mengalirkan air yang sangat jernih.

Keunikan goa Jomblang adalah terdapat cahaya yang masuk dari atas goa melalui lubang di langit-langit, sehingga menyinari seluruh area goa dengan cahaya yang redup namun sangat indah.

Sejarah Goa Jomblang

Goa Jomblang ditemukan oleh seorang warga bernama Pak Pung. Goa ini ditemukan pada tahun 1984. Saat itu, Pak Pung mencari ternaknya yang hilang dan melihat adanya lubang besar di bawah tanah. Ketika Pak Pung menuruni lubang tersebut, ia menemukan keindahan yang tersembunyi di dalam goa Jomblang.

Tiket Masuk dan Paket Wisata Goa Jomblang

Untuk masuk ke dalam goa Jomblang, pengunjung harus membeli tiket masuk dengan harga yang cukup terjangkau. Harga tiket masuk goa Jomblang bervariasi tergantung pada hari dan jam kunjungan. Selain itu, terdapat juga paket wisata yang dapat dipilih oleh pengunjung yang ingin menikmati keindahan goa Jomblang dan sekitarnya. Paket wisata tersebut meliputi penjemputan dari hotel, transportasi, makan siang, dan tiket masuk goa Jomblang.

Goa Jomblang memiliki fasilitas yang cukup memadai untuk para pengunjung. Terdapat tempat parkir yang luas, kamar mandi, warung makan, dan penginapan bagi para pengunjung yang ingin menginap di sekitar goa Jomblang. Pengunjung juga dapat menyewa alat keselamatan dan peralatan fotografi yang diperlukan untuk menangkap momen indah di dalam goa.

Kedalaman Goa Jomblang

Goa Jomblang memiliki kedalaman sekitar 80 meter. Kedalaman yang cukup dalam ini membuat pengunjung harus sangat hati-hati saat menjelajah di dalam goa. Peralatan keselamatan seperti tali dan helm wajib digunakan untuk memastikan keselamatan para pengunjung.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Goa Jomblang adalah pada musim kemarau antara bulan Mei hingga September. Pada saat musim penghujan, air di dalam goa bisa menjadi sangat deras dan membahayakan keselamatan pengunjung.

2. Kraton Yogyakarta.

Keraton Yogyakarta adalah sebuah istana atau kompleks istana yang terletak di kota Yogyakarta, Indonesia. Istana ini dibangun pada abad ke-18 oleh Sultan Hamengkubuwono I dan merupakan pusat kebudayaan Jawa yang masih aktif hingga saat ini. Keraton Yogyakarta juga menjadi salah satu tujuan wisata utama bagi para wisatawan dalam dan luar negeri.

Bagian-bagian Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta terdiri dari beberapa bagian, yaitu bangunan utama atau “pagelaran”, bangunan-bangunan perumahan, taman, serta paviliun dan tempat ibadah.

Bangunan utama terdiri dari beberapa bagian, seperti “kawung”, “panggung”, dan “bale-bale”. Di dalam bangunan utama, terdapat juga berbagai macam artefak dan koleksi yang menjadi saksi bisu sejarah Keraton Yogyakarta.

Deskripsi & Fungsi Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta adalah tempat tinggal Sultan dan keluarganya, serta merupakan pusat kebudayaan dan pemerintahan kerajaan. Selain itu, Keraton Yogyakarta juga merupakan tempat untuk mengadakan upacara adat dan ritual-ritual keagamaan, seperti perayaan Maulid Nabi dan Hari Raya Idul Fitri.

Keraton Yogyakarta juga menjadi pusat seni dan budaya Jawa, dengan banyaknya acara kesenian yang diadakan di sana, seperti wayang kulit, tari Jawa, dan gamelan.

Jam Buka Keraton Yogyakarta dan Lokasinya

Keraton Yogyakarta buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 14.00 WIB, kecuali pada hari Selasa dan Jumat. Lokasinya berada di pusat kota Yogyakarta, tepatnya di Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Taman Sari Water Castle.

Taman Sari Water Castle adalah sebuah kompleks istana dan taman yang terletak di pusat Kota Yogyakarta. Tempat wisata yang memiliki arsitektur unik dan terkenal dengan sejarahnya yang menarik ini, menjadi salah satu tujuan wisata yang paling populer di kota Jogja.

Sejarah Taman Sari bermula pada abad ke-18, di masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono I. Taman Sari dibangun sebagai tempat rekreasi dan istirahat keluarga kerajaan, serta sebagai tempat untuk menyelundupkan wanita kesayangan. Terdapat beberapa mitos yang menyertainya, salah satunya adalah bahwa ada sebuah terowongan rahasia yang menghubungkan Taman Sari dengan Istana Keraton Yogyakarta.

Keunikan Taman Sari Water Castle terlihat dari arsitektur bangunannya yang khas, dengan pengaruh arsitektur Barat, Timur, dan Jawa. Di dalam kompleks Taman Sari, terdapat beberapa bangunan penting seperti Sumur Gumuling, Pasarean Ledok Sari, dan Kawitan. Setiap bangunan memiliki fungsi yang berbeda-beda, namun semuanya memiliki keindahan tersendiri.

Lokasi Taman Sari Water Castle berada di jalan Tamanan, Patehan, Kraton, Yogyakarta, sehingga mudah diakses oleh wisatawan. Untuk memudahkan wisatawan, pihak pengelola telah menyediakan denah atau peta kompleks Taman Sari.

Bagi penggemar sejarah, Taman Sari Water Castle menjadi tempat yang wajib dikunjungi saat berada di Jogja. Di tempat ini, wisatawan dapat merasakan suasana tempo dulu dan melihat langsung peninggalan sejarah yang masih terawat dengan baik. Taman Sari juga menjadi tempat yang ideal untuk berfoto-foto, terutama di bangunan Sumur Gumuling yang sangat instagramable.

Dalam keseluruhan, Taman Sari Water Castle menawarkan pengalaman yang unik dan tak terlupakan bagi wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Sebagai tempat wisata yang bersejarah dan mempesona, Taman Sari menjadi destinasi yang patut untuk dikunjungi.

4. Bukit Bintang.

Bukit Bintang Yogyakarta menjadi salah satu tempat wisata yang paling diminati oleh para wisatawan di Jogja. Lokasinya yang strategis dan menawarkan suasana yang nyaman membuat tempat ini menjadi tujuan favorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

Bagi Anda yang ingin menginap di dekat Bukit Bintang, banyak penginapan yang tersedia di sekitar lokasi wisata. Hotel, homestay, villa, atau guesthouse bisa menjadi pilihan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Fasilitas yang ditawarkan oleh Bukit Bintang Yogyakarta cukup lengkap dan memadai. Ada tempat parkir yang luas, area bermain anak, hingga spot foto yang menarik.

Lokasi, Jam Buka dan Tutup

Bukit Bintang Yogyakarta buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. Untuk restoran dan tempat makan, jam buka dan tutup bisa bervariasi tergantung pada kebijakan masing-masing tempat. Terletak di Jalan Imogiri Barat Km. 5,5, Baturetno, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta, lokasi ini bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun menggunakan transportasi umum.

Dengan berkunjung kesini, Anda bisa menikmati pemandangan Kota Yogyakarta dari ketinggian, menikmati keindahan alam, berolahraga, atau sekadar bersantai menikmati suasana yang tenang dan nyaman.

Bukit Bintang Yogyakarta memang merupakan tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Dengan harga tiket yang terjangkau dan fasilitas yang lengkap, Anda bisa menikmati berbagai macam kegiatan di sini. Jangan lupa untuk mengunjungi tempat makan dan restoran yang ada di sekitar untuk menikmati berbagai macam makanan khas Jogja yang lezat.

5. Hutan Pinus Mangunan.

Hutan Pinus Mangunan adalah salah satu destinasi wisata yang paling populer di Jogja. Kawasan wisata ini dibuka pada tahun 2005 dan menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan yang ingin menikmati alam yang asri dan udara yang segar di tengah kota Jogja.

Lokasinya terletak di lereng Gunung Kidul, Yogyakarta, dan menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan pepohonan pinus yang menjulang tinggi dan lanskap yang indah. Kawasan wisata ini juga dikenal sebagai Hutan Pinus Jogja dan memiliki sejarah yang cukup panjang.

Sejarah Hutan Pinus ini dimulai dari program reboisasi yang dilakukan pada tahun 1970-an oleh pemerintah setempat. Hutan ini awalnya ditanami dengan bibit pinus yang berasal dari luar negeri. Namun, setelah beberapa tahun, tanaman ini tumbuh dengan subur dan memberikan manfaat yang luar biasa bagi lingkungan sekitar.

Fasilitas yang tersedia di Hutan Pinus ini sangat lengkap dan memadai. Di sana, pengunjung dapat menemukan tempat parkir yang luas, kamar mandi, warung makan, dan bahkan penginapan yang bisa disewa. Selain itu, ada juga spot foto yang menarik di mana pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang hutan pinus yang indah.

Harga tiket masuknya cukup terjangkau. Pengunjung hanya perlu membayar Rp 5.000 per orang untuk masuk ke kawasan wisata ini. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan, pengunjung perlu membayar sekitar Rp 5.000 hingga Rp 10.000 tergantung jenis kendaraan yang digunakan.

Rekomendasi untuk mengunjungi Hutan Pinus Jogja Gunung Kidul adalah pada pagi atau sore hari ketika udara masih segar. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen indah saat berada di sana.

Penutup

Bagi yang mencari wisata yang terdekat, terdapat beberapa pilihan seperti yang sudah disebutkan diatas seperti wisata terhits yang sudah dibuka di Jogja. Wisata ini menawarkan berbagai atraksi seperti wahana permainan yang seru dan menantang, namun sebenarnya masih ada banyak sekali destinasi wisata yang keren dan wajib untuk dikunjungi.

Namun dari semua wisata selain pantai di Jogja, yang pasti akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi keluarga.

Nikmati liburan dengan mengunjungi wisata alam yang indah, mengenal kehidupan pedesaan yang kental dengan kearifan lokal, atau menikmati keindahan taman yang unik dan menarik untuk dieksplorasi. Jangan lupa untuk mengambil foto dan membuat kenangan yang akan selalu dikenang.


Tinggalkan komentar

Eko Trimulyono

Hadir dengan artikel panduan informatif beserta tools yang bisa ngebantu aktifitas medsos kalian.

Terhubung