Photo of author
Author:
Bukan orang dengan pendidikan tinggi, hanya penggemar segala hal.

Cara Scan Barcode BPOM Tanpa Aplikasi

Temukan cara scan barcode BPOM tanpa perlu mengunduh aplikasi, praktis dan efisien untuk memeriksa keaslian produk dengan mudah.

 
3 m, 3 s
 531 Views
Inovasi teknologi semakin memudahkan hidup di berbagai aspek, tak terkecuali dalam memastikan keamanan dan keaslian produk yang kita konsumsi. Sekarang terdapat cara scan barcode BPOM tanpa aplikasi ataupun secara online yang bisa dilakukan dengan mudah melalui perangkat smartphone, loh.

Jadi, nggak perlu repot-repot lagi install aplikasi di perangkatmu. Informasi lebih lanjut mengenai cek BPOM dapat kamu temukan di website cekbpom.info, ya. Dan sekarang yuk kita mulai tutorialnya!

Cara Scan Barcode BPOM Tanpa Aplikasi

Mungkin kamu seringkali melihat barcode di berbagai produk yang kamu konsumsi, mulai dari makanan, minuman, kosmetik, skincare, hingga produk kesehatan lainnya.

Nah, barcode ini sebenarnya merupakan sebuah kode yang berisi informasi penting tentang produk tersebut, termasuk juga informasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

BPOM sendiri adalah lembaga yang bertanggung jawab atas keamanan dan kualitas produk yang beredar di pasaran.

Untuk melakukan scanning barcode BPOM tanpa aplikasi, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan ponselmu terhubung dengan internet: Sebelum memulai, pastikan ponselmu terhubung dengan koneksi internet yang stabil. Hal ini diperlukan untuk mengakses database BPOM dan mendapatkan informasi produk yang akurat.
  2. Buka kamera ponselmu: Pada ponselmu, buka aplikasi kamera seperti biasa. Pastikan kamera dalam keadaan siap digunakan.
  3. Arahkan kamera ke barcode yang ingin kamu scan: Cari produk dengan barcode yang ingin kamu scan. Pastikan barcode terlihat dengan jelas. Arahkan kamera ponselmu ke barcode tersebut.
  4. Atur fokus kamera: Ketuk pada area barcode di layar ponselmu untuk mengatur fokus kamera. Hal ini akan membantu mendapatkan hasil scanning yang lebih akurat.
  5. Tunggu sebentar: Setelah mengatur fokus kamera, tunggu sebentar dan biarkan ponselmu melakukan scanning barcode. Proses ini memerlukan waktu sebentar untuk mendapatkan informasi produk yang akurat.
  6. Hasil scanning akan muncul: Setelah proses scanning selesai, informasi tentang produk yang kamu scan akan muncul di layar ponselmu. Informasi ini mencakup detail dari BPOM, seperti keaslian produk dan nomor registrasi.
Dengan melakukan langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah mendapatkan informasi penting tentang produk yang kamu konsumsi tanpa harus menggunakan aplikasi khusus.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Jual Beli Motor Bekas dan Estimasi Modalnya

Kenapa Gagal Scan Barcode BPOM? Inilah Penyebabnya!

Meskipun melakukan scanning barcode BPOM tanpa aplikasi tergolong mudah, namun terkadang kita mengalami kendala saat mencoba melakukannya. Nah, berikut ini beberapa penyebab umum mengapa kamu mungkin gagal saat melakukan scanning barcode BPOM:

  1. Barcode rusak atau tidak terbaca dengan jelas: Terkadang, barcode pada produk bisa rusak akibat pemakaian atau penyimpanan yang tidak baik. Jika barcode rusak, tentu saja hasil scanning akan menjadi tidak akurat atau bahkan tidak bisa terbaca sama sekali.
  2. Koneksi internet yang buruk: Untuk melakukan scanning barcode tanpa aplikasi, kamu membutuhkan koneksi internet yang stabil. Jika koneksi internetmu buruk, informasi tentang produk yang kamu scan mungkin akan membutuhkan waktu lebih lama untuk muncul atau bahkan gagal terhubung.
  3. Barcode yang tidak terdaftar di database BPOM: Ada kemungkinan bahwa barcode yang kamu scan tidak terdaftar di database BPOM. Hal ini bisa terjadi jika produk tersebut belum melalui proses registrasi atau belum diverifikasi oleh BPOM. Jadi, jangan terlalu panik jika kamu mengalami hal ini.
  4. Kesalahan saat melakukan scanning: Terkadang, kesalahan teknis saat melakukan scanning barcode bisa terjadi. Misalnya, kamu tidak mengatur fokus kamera dengan baik atau tidak memberikan jarak yang cukup antara ponselmu dengan barcode yang ingin kamu scan. Pastikan kamu melakukan scanning dengan benar untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Penutup

Nah, itulah pembahasan tentang cara scan barcode BPOM tanpa aplikasi. Dengan melakukan scanning barcode, kamu bisa mengetahui informasi penting tentang produk yang kamu konsumsi, seperti keaslian dan keamanannya.

Baca Juga: Cara Membuat Cv Lamaran Kerja Online Gratis Di Hp

Ingat, sebagai konsumen yang cerdas, kita harus selalu memastikan bahwa produk yang kita konsumsi telah melalui proses uji keamanan dan telah terdaftar di BPOM. Dengan begitu, kita bisa lebih waspada dan dapat memilih produk yang berkualitas serta aman bagi kesehatan kita.


Tinggalkan komentar

Eko Trimulyono

Hadir dengan artikel panduan informatif beserta tools yang bisa ngebantu aktifitas medsos kalian.

Terhubung