Photo of author
Author:
Bukan orang dengan pendidikan tinggi, hanya penggemar segala hal.

Cara Membuat Cv Lamaran Kerja Online Gratis Di Hp

Dapatkan panduan lengkap untuk cara membuat CV lamaran kerja online gratis di hp hanya disini!

 
5 m, 22 s
 358 Views
Sekarang ini, dunia semakin serba digital, termasuk dalam mencari pekerjaan. Bagi kamu yang sedang berjuang, buat CV online gratis bisa menjadi langkah awal yang tepat untuk mendapatkan perhatian HRD dan meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan impian.

Nah, kali ini kita akan bahas bagaimana cara membuat CV lamaran kerja online yang menarik menggunakan Canva, sebuah platform desain grafis yang sederhana dan mudah digunakan.

Namun sebelum menjelaskan mengenai langkah-langkah yang harus kamu lakukan, bagi yang ingin membaca informasi terkait dapat mengunjungi web Sediksi, yaitu sebuah media online berisi common sense, subjektifitas, dan kelakar penawar kejenuhan yang memiliki segudang artikel informatif bermanfaat untukmu.

Dan yuk, sekarang kita bahas tutorialnya!

Cara Membuat Cv Lamaran Kerja Online Gratis Di Hp Menggunakan Canva

Berikut ini kita akan membahas secara lengkap cara membuat CV lamaran kerja online menggunakan Canva. Canva adalah platform desain grafis yang memudahkan pembuatan CV yang menarik dan profesional.

  1. Buka Canva
    Pertama-tama, bukalah Canva melalui peramban web favoritmu. Canva merupakan platform yang populer untuk mendesain segala macam hal, termasuk CV atau resume. Jika belum memiliki akun, kamu bisa mendaftar dengan cepat menggunakan akun Google atau Facebookmu.
  2. Cari Template CV atau Resume
    Setelah masuk ke Canva, langkah selanjutnya adalah mencari template CV atau resume yang sesuai dengan kebutuhanmu. Canva menyediakan beragam template yang menarik dan dapat disesuaikan dengan gayamu. Coba bayangkan, mencari template CV itu seperti memilih baju yang paling cocok untuk kamu tampil ke pesta! Pilihlah yang benar-benar memikat hatimu.
  3. Pilih Template yang Tepat
    Setelah menemukan template yang kamu sukai, klik pada template tersebut untuk memulai proses pembuatan CV. Template-template tersebut telah disusun dengan rapi dan mengikuti format yang umum digunakan dalam CV lamaran kerja.
  4. Edit Bagian yang Diperlukan
    Berikutnya, sulaplah template tersebut menjadi CV yang benar-benar mencerminkan dirimu. Edit bagian-bagian yang diperlukan seperti informasi pribadi, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilan pendukungmu. Pada tahap ini, jangan ragu untuk menampilkan keunikan dan kelebihan yang membedakanmu dari pelamar lainnya.
  5. Gunakan Fitur Editing Lainnya
    Canva juga menyediakan berbagai fitur editing lainnya yang dapat membuat CVmu semakin menarik. Kamu bisa mengubah ukuran, jenis font, warna, menambahkan ikon atau gambar, serta mengatur tata letak secara intuitif. *Bayangkan Canva itu seperti *swiss army knife* bagi kamu yang ingin membuat CV yang eye-catching!
  6. Cek Dulu Hasilnya
    Setelah selesai mengedit, pastikan untuk melihat preview hasil CVmu. Periksa kembali setiap detail yang ada, pastikan tidak ada kesalahan penulisan, dan pastikan tampilan CVmu terlihat profesional dan mudah dibaca. Ingat, seperti saat kamu mencicipi masakanmu, jangan lupa untuk mencicipi hasil akhir CVmu!
  7. Simpan CV
    Jika kamu sudah puas dengan hasilnya, saatnya menyimpan CVmu dalam format yang sesuai. Canva menyediakan opsi untuk menyimpan dalam format PDF, JPG, PNG, atau format lainnya. Pilih format yang paling cocok untuk kebutuhanmu. Menyimpan CV itu seperti menyimpan sepotong karya seni yang telah kamu ciptakan!
  8. CV Telah Berhasil Dibuat
    Selamat! CV lamaran kerja onlinemu telah berhasil dibuat dengan bantuan Canva. Sekarang kamu sudah siap untuk mengirimkannya kepada HRD perusahaan impianmu. Semoga langkah ini membawa kamu lebih dekat untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan.

Tips Membuat CV Lamaran Kerja Agar Dilirik HRD

Selain mengikuti proses pembuatan CV menggunakan Canva, ada beberapa tips tambahan yang dapat kamu terapkan agar CV lamaran kerjamu lebih menarik dan dilirik oleh HRD:

  1. Isi Format CV yang Wajib Kamu Tulis: Pastikan CVmu mencakup data diri seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi, dan email aktif.
  2. Riwayat Pendidikan: Jangan lupa mencantumkan riwayat pendidikanmu yang mencakup almamater dan gelar yang telah kamu peroleh.
  3. Pengalaman Kerja: Sertakan pengalaman kerjamu, mulai dari posisi yang pernah ditempati, durasi bekerja, job description, hingga nama perusahaan tempat bekerja. Jika ada pengalaman organisasi, sukarelawan, atau magang yang relevan, jangan lupa untuk mencantumkannya juga.
  4. Keterampilan Pendukung: Tunjukkan keahlian dan keterampilanmu dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan. Misalnya, kemampuan bahasa asing, keterampilan teknis, atau penggunaan perangkat lunak tertentu.
Dengan menerapkan tips-tips di atas, CV lamaran kerjamu akan lebih berkesan dan meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan panggilan interview.

10 Website Alternatif untuk Membuat CV Online Gratis

Selain Canva, ada juga beberapa website lain yang menyediakan layanan pembuatan CV online secara gratis. Berikut adalah 10 website alternatif yang dapat kamu coba:

  1. LinkedIn: LinkedIn bukan hanya sekadar platform jaringan profesional, tetapi juga menyediakan fitur untuk membuat CV online. Kamu dapat dengan mudah mengimpor data profilmu dan mengatur tata letaknya sesuai keinginanmu.
  2. Indeed: Selain sebagai situs pencarian pekerjaan, Indeed juga menyediakan alat pembuatan CV online. Kamu dapat memilih dari berbagai template yang ada dan mengisi informasi pribadi serta riwayat pekerjaanmu.
  3. Novoresume: Novoresume menawarkan antarmuka pengguna yang intuitif dan beragam pilihan template CV yang modern. Kamu dapat dengan mudah mengisi informasi pribadi, pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilanmu.
  4. Zety: Zety memiliki koleksi template CV yang kreatif dan menarik. Selain itu, website ini juga menyediakan saran konten dan tips penulisan untuk membantu kamu membuat CV yang efektif.
  5. Resume.io: Resume.io menyediakan berbagai pilihan template CV yang profesional dan dapat disesuaikan. Kamu dapat mengatur bagian-bagian seperti pengalaman kerja, pendidikan, keterampilan, dan banyak lagi.
  6. CV Maker: CV Maker memungkinkanmu membuat CV online dengan cepat dan mudah. Kamu dapat memilih template yang sesuai, mengisi data diri, dan menambahkan detail pengalaman kerja serta pendidikan.
  7. VisualCV: VisualCV menawarkan template CV yang elegan dan responsif. Kamu dapat menambahkan portofolio, foto, dan mengatur tata letak CVmu dengan mudah.
  8. Resume.com: Resume.com menyediakan alat pembuatan CV online yang sederhana namun efektif. Kamu dapat membuat CV dengan cepat dan mengisi informasi penting seperti pengalaman kerja, pendidikan, dan keterampilan.
  9. Kickresume: Kickresume memungkinkanmu membuat CV yang menonjol dengan pilihan template yang kreatif. Kamu juga dapat menambahkan foto, portofolio, dan mengedit CVmu dengan mudah.
  10. Resumonk: Resumonk menawarkan berbagai template CV yang modern dan responsif. Kamu dapat mengisi informasi pribadi, pendidikan, pengalaman kerja, serta menambahkan ikon dan gambar untuk mempercantik CVmu.
Setiap website tersebut memiliki kelebihan dan keunikan masing-masing. Pilihlah yang sesuai dengan preferensimu dan pastikan CVmu tetap menarik, informatif, dan mudah dibaca oleh para perekrut.


Dalam rangka mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, membuat CV lamaran kerja online menjadi langkah yang penting dan tak bisa diabaikan.

Baca Juga: Cara Menjadi Freelancer Data Entry Dan Hasilkan Uang

Dengan bantuan Canva dan tips-tips di atas, kamu bisa membuat CV yang menarik dan profesional. Ingatlah untuk memperbarui CVmu secara berkala sesuai dengan pengalaman dan pencapaianmu yang terbaru.


Tinggalkan komentar

Eko Trimulyono

Hadir dengan artikel panduan informatif beserta tools yang bisa ngebantu aktifitas medsos kalian.

Terhubung