Photo of author
Author:
Bukan orang dengan pendidikan tinggi, hanya penggemar segala hal.

Jangan Sampai Kena Tipu: Ini 3 Cara Bedakan iPhone Asli dengan yang Palsu

Berikut ini merupakan cara membedakan iPhone yang asli dengan yang palsu secara mudah.

 
2 m, 47 s
 352 Views
Dalam era digital yang semakin maju seperti sekarang ini, smartphone telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Dari mulai bekerja hingga main game di 188bet link, semuanya dilakukan dari smartphone. Salah satu merek yang paling populer adalah iPhone dari Apple.

Namun, dengan popularitas yang tinggi, muncul pula risiko munculnya iPhone palsu atau replika yang beredar di pasaran.
Membeli iPhone palsu bisa menjadi pengalaman yang mengecewakan dan bisa merugikan secara finansial. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara membedakan iPhone asli dengan yang palsu.

Para pembeli iPhone di Indonesia harus waspada ketika menemui penawaran harga iPhone yang sangat murah. Ada kemungkinan bahwa iPhone yang dibeli ilegal karena IMEI-nya tidak terdaftar atau bahkan merupakan iPhone palsu. Berikut ini adalah 3 cara untuk mengidentifikasi iPhone asli dan menghindari terjebak oleh penipuan.

Cek Kondisi Fisik

Cara pertama untuk membedakan iPhone yang asli dan palsu adalah dengan memeriksa kondisi fisiknya. Pada iPhone X dan model yang lebih baru, bezel bawah memiliki desain tipis dan seragam. Namun, pada iPhone palsu, bezel bawah cenderung lebih tebal meskipun menggunakan layar OLED.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Smartphone Yang Bagus

Selain itu, ciri fisik lain yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi iPhone palsu adalah penggunaan baut bentuk kembang di samping port Lightning. Apple adalah satu-satunya merek besar yang menggunakan baut tersebut untuk mengamankan sasis iPhone agar tidak terbuka saat baterai mengalami pembengkakan akibat suhu panas.

Baut ini memiliki lima alur, jadi jika iPhone yang diperiksa memiliki jumlah baut yang lebih sedikit atau lebih banyak dari lima, kemungkinan besar itu adalah iPhone palsu.
Selain itu, perlu diperhatikan juga port pengisian daya.

iPhone palsu mungkin menggunakan port USB micro atau USB-C. Cara termudah untuk memeriksa keaslian adalah dengan mencolokkan kabel Lightning Apple ke port tersebut. Jika tidak cocok, kemungkinan besar itu adalah iPhone palsu.

Cek Kondisi Box

Ketika mengecek keaslian sebuah iPhone, kita dapat melihat tanda-tanda dari kotak atau kemasannya. Kemasan iPhone asli biasanya bersih, kecil, dan kompak. Meskipun produsen iPhone palsu berusaha meniru kemasan asli sebaik mungkin, seringkali kemasannya terbuat dari bahan murah.

Terkadang, kotak kemasan iPhone palsu tidak dilengkapi dengan logo Apple, sehingga kita perlu waspada jika menemui hal tersebut. Jika palet warna kotak kemasan iPhone tidak sesuai dengan iPhone asli, kemungkinan besar itu menunjukkan bahwa iPhone di dalamnya adalah palsu.

Baca Juga: Cara Memilih Smartphone Murah Yang Bagus Dan Berkualitas

Pada box tersebut kita juga dapat menemukan nomor IMEI perangkat. Kita dapat membandingkan nomor IMEI tersebut dengan yang ada di iPhone itu sendiri. Jika nomornya tidak sama, kita harus waspada karena itu bisa menjadi tanda bahwa iPhone tersebut ilegal.

Cek IMEI

Validitas nomor IMEI tidak bisa disangkal. Melakukan pemeriksaan IMEI secara teliti merupakan langkah penting dalam memastikan bahwa kamu memperoleh iPhone yang asli dan legal. Nomor IMEI adalah identifikasi unik yang melekat pada setiap perangkat iPhone,dan tidak dapat dipalsukan.

Dengan memeriksa IMEI, kamu dapat memverifikasi keaslian dan keabsahan perangkat yang ingin kamu beli.
Untuk memeriksa IMEI, kamu dapat mengunjungi situs resmi Apple atau menggunakan aplikasi pihak ketiga yang menyediakan layanan pengecekan IMEI.

Baca Juga: Cara Screenshot HP Realme C11 Pasti Berhasil

Dalam proses ini, kamu akan diminta memasukkan nomor IMEI yang tertera pada kotak kemasan atau melalui pengaturan pada perangkat iPhone. Setelah melakukan pengecekan, hasilnya akan memberikan informasi mengenai keaslian perangkat tersebut.


Tinggalkan komentar

Eko Trimulyono

Hadir dengan artikel panduan informatif beserta tools yang bisa ngebantu aktifitas medsos kalian.

Terhubung