Skip to main content

Cara Membersihkan Motor Agar Mengkilap

Menggunakan motor pada saat musim penghujan memang membuat motor kesayangan menjadi kotor dan terlihat buram. Ingin mencucikanya terus tetapi rasanya tiap hari masih saja kotor, ingin cuci sendiri tapi gak tau cara membersihkan motor agar mengkilap.

Apalagi jika bepergian ke arah gunung dengan kondisi jalan berlubang saat hujan akan lebih kotor body motor yang kita kendarai.

Namun jangan khawatir, disini telah mimin siakan tips membersihkan motor agar terlihat kinclong kembali, dan bisa di lakukan sendiri.

Inilah Cara Membersihkan Motor Agar Mengkilap 

Cara Membersihkan Motor Agar Mengkilap
Gambar : Facebook/iqbal saifullah

Namun sebelum dapat mencuci motor pastikan Anda memiliki air yang cukup untuk di gunakan, karena penggunaan air yang terlalu sedikit akan menimbulkan bekas busa sampo yang menempel ketika body motor kering.

Setelah memastikan bahwa air cukup, selanjutnya Anda perlu menyiapkan peralatan selanjutnya, seperti ember, gayung, shampo khusus untuk mencuci motor dan kain yang halus.

Hal pertama untuk mencuci montor adalah memastikan bahwa posisi mesin motor dalam keadaan dingin, selanjutnya siram semua bagian motor, terutama bagian dalam spakbor.

Jika sudah selanjutnya siapkan 2 ember, yang satu isi dengan air secukupnya lalu berikan shampo secukupnya, Anda bisa menggunakan sabun cuci motor yang paling bagus menurut Anda. Dan ember satunya adalah tempat air jernih untuk menyiram nantinya.

Usap bagian luar motor dengan kain yang halus dan dengan busa shampo yang telah di siapkan, usap hingga merata ke seluruh bagian body motor. Jika ada bagian kabel yang terkelupas sebaiknya di bungkus dahulu agar motor tidak mati karena perapian basah.

Usahakan setelah membasuh montor dengan busa shampo segera siram dengan air jernih, karena jika di biarkan terlalu lama akan membuat bekas sabun menempel pada body motor. Ulangi langkah di atas hingga ke seluruh bagian luar motor dan langsung siram.

Setelah bagian luar selesai, dilanjutkan dengan membersihkan bagian dalam motor, seperti bagian spakbor belakang, depan dan sok motor, jangan lupa pada bagian ban motor.

Pada bagian ban, boleh menggunakan sikat, bisa sikat yang biasa di gunakan untuk mencuci. Karena motor terlihat sangat mengkilap jika pada bagian ban motor terlihat hitam mengkilap karena bersih dan ini adalah rahasia mencuci motor. Jadi sangat di sarankan untuk membersihkan dengan benar pada bagian ban motor.

Jika sudah silahkan siram kembali bagian yang barusan di cuci, dan lakukan secara merata di lanjutkan ke bagian mesin motor. Sebaiknya saat membersihkan bagian mesin motor harap perhatikan terdapat selang ataupun lobang yang terbuka atau tidak, misalnya lobang filter ataupun selang pembuangan yang memungkinkan air masuk jika di siram. Dan jika ada sebaiknya tutup dahulu bagian tersebut.

Untuk pada bagian mesin gunakan shampo motor yang lebih agar mendapatkan busa yang banyak supaya lebih mengkilap dan kinclong. Dan lakukan pengusapan yang merata hingga bagian yang dalam ataupun tertutup.

Jika sudah siram lagi keseluruhan bagian motor dan cuci dulu kain yang tadi ataupun bisa menggunakan kain yang lain untuk mengusap motor kembali, namun pastikan kain yang di gunakan tidak terdapat busa shampo. Karena ini adalah tahap akhir.

Setelah bagian body di lap dengan kain yang benar-benar bersih, selanjutnya diamkan motor sekitar 10-30 menit sebelum di gunakan. Tujuannya agar air sudah benar-benar kering dan debu di jalanan tidak menempel.

Cara di atas juga bisa di gunakan untuk cara mencuci motor matic ataupun jenis motor lainya.

Nah itulah pengalaman mencuci motor dan sebagai cara membersihkan motor agar mengkilap dan terlihat lebih kinclong dengan menggunakan cara mencuci dengan baik.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar