Sustainable fashion adalah isu yang semakin populer di kalangan para penggiat mode dan desain pakaian.

Dengan menggunakan prinsip-prinsip keberlanjutan, sustainable fashion menekankan pentingnya menjaga kelestarian alam dan sumber daya alam sambil tetap menghasilkan produk yang fashionable.

Namun, meskipun telah mendapatkan banyak dukungan, masih banyak orang yang belum memahami apa sebenarnya sustainable fashion itu dan mengapa penting untuk dijadikan sebagai pilihan dalam bergaya.

Artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut mengenai pengertian dan mengapa penting untuk mendukung gaya hidup yang lebih bertanggung jawab dari sisi lingkungan hingga contohnya.

Apa Tujuan Sustainable Fashion?

Tujuan utama dari sustainable fashion adalah untuk mempromosikan produksi dan konsumsi fashion yang ramah lingkungan, sosial dan ekonomis yang terkait dengan pengelolaan sumber daya secara efisien dan tidak merusak lingkungan.

Hal ini dilakukan dengan mengurangi penggunaan bahan-bahan yang merusak lingkungan, mengurangi sampah dan limbah dari produksi fashion, serta meningkatkan keadilan sosial dan lingkungan hidup yang lebih baik bagi para pekerja dan masyarakat setempat.

Tujuan lainnya adalah untuk menghasilkan produk fashion yang dapat digunakan dan diakses oleh semua orang, tidak hanya oleh kelompok tertentu saja.

Pengertian Sustainable Fashion

Sustainable fashion adalah gaya mode yang memiliki fungsi mempertimbangkan keseimbangan antara kepuasan kebutuhan manusia saat ini dengan kapasitas lingkungan untuk memberikan kebutuhan tersebut di masa depan sehingga sangat bermanfaat.

Prinsip-prinsip dasar dari fashion yang berkelanjutan adalah meminimalkan dampak lingkungan dari produksi, penggunaan, dan pembuangan produk mode, serta meningkatkan kesetaraan sosial dan keadilan ekonomi.

Untuk mencapai tujuan ini, ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam industri mode, seperti:

  • Menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan, seperti bahan organik, bahan yang dapat didaur ulang, atau bahan yang diperoleh dengan cara yang tidak merusak lingkungan.
  • Mengadopsi praktik produksi yang ramah lingkungan, seperti menggunakan energi terbarukan, mengurangi sampah, dan mengelola air dengan baik.
  • Mendorong transparansi dan akuntabilitas di sepanjang rantai pasokan, agar konsumen dapat memahami bagaimana produk mode yang mereka beli tercipta dan bagaimana dampaknya terhadap lingkungan dan masyarakat.
  • Mengembangkan siklus hidup produk yang lebih panjang, dengan memperluas masa pakai produk melalui perbaikan, penambahan nilai, dan peremajaan.
  • Mendorong kesadaran konsumen tentang pentingnya membeli produk mode yang berkelanjutan, dan memberikan pilihan yang lebih banyak kepada konsumen agar mereka dapat membuat pilihan yang lebih bijak.

Ciri-ciri Sustainable Fashion

Beberapa ciri-ciri maupun penerapan berikut ini dapat digunakan untuk bisa mengetahui dan mengenalinya bisa di baca pada informasi berikut.

  • Menggunakan bahan yang ramah lingkungan dan terbuat dari sumber yang terbarukan
  • Menghasilkan produk dengan proses produksi yang ramah lingkungan dan tidak merusak ekosistem
  • Menghargai hak-hak pekerja dan menghindari praktik buruh anak dan buruh paksa
  • Memperhatikan aspek sosial dan ekonomi dengan memberikan nilai tambah bagi masyarakat setempat
  • Memperhatikan kebutuhan masa depan dan memikirkan dampak produk terhadap lingkungan jangka panjang
  • Menggunakan teknologi dan inovasi untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan
  • Menggunakan prinsip-prinsip desain yang bertujuan untuk mengurangi sampah dan meningkatkan keberlanjutan.

Sustainable Fashion Events

Acara sustainable fashion yang pernah terjadi adalah “Fashion Revolution Week”.

Ini adalah acara tahunan yang diadakan di seluruh dunia untuk mengenalkan dan mempromosikan fashion yang bertanggung jawab sosial dan lingkungan.

Acara ini juga menyediakan forum bagi para pembeli, pengguna, para ahli dan pelaku industri fashion untuk bertukar pikiran dan ide tentang cara meningkatkan keberlanjutan di industri fashion.

Acara ini pertama kali diadakan pada tahun 2013 di Inggris dan sejak itu telah diadakan di lebih dari 100 negara di seluruh dunia, jadi bisa sekaligus kampanye ataupun mengenalkan ke banyak golongan masyarakat luas kan.

Contoh Produk Sustainable Fashion

  • Kemeja bahan ramie
  • Kaos bahan katun organik
  • Sepatu kulit ikan
  • Tote bag bahan sutra ikat
  • Dompet bahan kayu bambu
  • Jaket bahan kulit alami
  • Celana bahan linen
  • Baju tidur bahan mikrofiber bambu
  • Gaun bahan katun kering
  • Sling bag bahan rotan alami.

Yang pengen shopping produknya bisa mengunjungi web Kape Mart (https://kapemart.com/) ya!Kape Mart merupakan pilihan toko konsinyasi yang menyediakan barang-barang bekas berkualitas, yang baru dan terjangkau, selain itu ramah lingkungan dengan slogan mereka “Sustainable fashion is not a trend but the future”. Temukan Pakaian Terkurasi Vintage, Streetwear, Sneakers berkualitas bagus, serta banyak lainnya.

Dan berikut merupakan gambar random contoh produknya:

Penutup

Pada akhirnya, sustainable fashion merupakan sebuah gerakan yang memiliki tujuan untuk mengurangi dampak negatif fashion terhadap lingkungan dan masyarakat. Dengan memilih untuk membeli produk fashion yang berkualitas tinggi dan dapat digunakan dalam jangka panjang, kita dapat membantu mengurangi sampah dan polusi yang disebabkan oleh produksi fashion yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu, sustainable fashion juga memberikan kita kesempatan untuk mendukung para desainer dan produsen yang bertanggung jawab dan berkomitmen untuk menciptakan produk yang ramah lingkungan tersebut. Dengan membeli dari mereka, kita dapat membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya sustainable fashion dan memperkuat gerakan ini.

Mari kita semua bergabung dalam gerakan sustainable fashion untuk membangun masa depan yang lebih baik untuk semua.

Share:

Artikel Berguna Lainya:

Niat Puasa Senin Kamis Arab, Latin, Dan Artinya

Eko Trimulyono

Sebagai umat muslim yang beriman kita hendaknya mengikuti apa yang telah di ajarkan oleh Rasulullah SAW dan menghindari hal yang ...

Kata Kata Mutiara Bahasa Jawa, Rekomended Paling Njawani

Eko Trimulyono

Kata mutiara bahasa jawa ini adalah sebuah sarana untuk menunjukan bahwa kita sudah dewasa dan bisa mengucapkan kalimat yang berbobot. ...

Cara Mengirim Foto Di Komentar Facebook, 100% Berhasil

Eko Trimulyono

Seringkali melihat orang di grup maupun di postingan teman yang membalas komen dengan gambar atau bahkan video yang membuat Anda ...

Cara Membuat Tulisan Bergerak Di Kinemaster, GAMPANG 🔥

Eko Trimulyono

Cara membuat tulisan bergerak di kinemaster ini hampir sama dengan menggunakan inshot, yang sebelumnya sudah saya bahas. Kalau di tanya ...

Tinggalkan komentar

Eko Trimulyono

Hadir dengan artikel panduan informatif beserta tools yang bisa ngebantu aktifitas medsos kalian.

Terhubung

Berlangganan

Bergabunglah dengan mendaftarkan email untuk menerima pembaruan terbaru.