Photo of author
Author:
Bukan orang dengan pendidikan tinggi, hanya penggemar segala hal.

Ranca Upas: Wisata Alam & Camping Spektakuler di Surga Pegunungan Bandung!

Temukan pengalaman camping spektakuler di Ranca Upas Bandung, pilih paket sesuai kebutuhan Anda, nikmati alam pegunungan yang memukau!

 
7 m, 19 s
 553 Views
Ingin mencari tempat camping yang menawarkan panorama alam yang indah, udara sejuk pegunungan, dan fasilitas lengkap?

Tak perlu khawatir, Ranca Upas adalah jawabannya! Terletak di Jawa Barat, destinasi wisata ini merupakan tempat yang dapat memikat para pecinta alam dan aktivitas outdoor.

Dengan dikelilingi oleh hamparan pesona alam nan hijau, Ranca Upas menawarkan pemandangan panorama yang memesona. Dari pesona matahari terbit yang memukau, pemandangan pegunungan hijau hingga gemerlap bintang di malam yang cerah. Dengan berbagai kelebihannya, tak heran jika Ranca Upas menjadi salah satu tempat camping di Bandung yang sangat populer saat musim liburan.

Tidak hanya itu, udaranya yang begitu sejuk dan segar, membuat momen camping di sini semakin menyenangkan. Di tengah suasana alam yang menenangkan, hembusan angin dan kicauan burung menjadi teman setia Anda saat berkemah.

Lokasi, Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Ranca Upas

Ranca Upas adalah destinasi wisata yang terletak di Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Tempat ini dapat dengan mudah diakses dengan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum.

Lokasinya yang berada di dataran tinggi memberikan keistimewaan tersendiri, menghadirkan pesona alam pegunungan dan kesejukan udara yang jarang ditemukan di daerah perkotaan. Sehingga bagi traveler yang ingin mencari destinasi wisata selain pantai, ini merupakan tempat terbaik dengan segala pesona estetika yang dimilikinya.

Para pengunjung dapat menikmati keindahannya setiap hari dalam seminggu. Berikut adalah jam buka untuk berbagai fasilitas salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia ini:

  • Wisata: Ranca Upas dibuka untuk wisatawan setiap hari dari Senin hingga Minggu, mulai pukul 07:00 pagi hingga 17:00 sore. Selama jam operasional ini, para pengunjung dapat mengeksplorasi pesona alam dan berbagai wahana wisata yang ditawarkan.
  • Camping Ground: Area camping dapat dinikmati selama 24 jam setiap harinya. Jadi, bagi para pecinta camping yang ingin bermalam dan menikmati suasana malam di tengah alam, Anda bisa berkemah sepanjang waktu di sini.
  • Penginapan: Untuk penginapan, check-in dapat dilakukan mulai pukul 14:00, dan check-out harus dilakukan sebelum pukul 12:00 pada hari berikutnya.
Untuk dapat menikmati keindahan alam dan fasilitasnya, para pengunjung diharuskan membayar tiket masuk dengan harga yang terjangkau. Berikut adalah rincian harga tiket masuk untuk wisatawan domestik dan mancanegara:

  • Wisatawan Domestik: Harga tiket masuk bagi wisatawan domestik adalah Rp25.000 per orang. Dengan harga yang relatif terjangkau, para wisatawan lokal dapat menikmati pesona alam dan berbagai aktivitas wisata yang menarik.
  • Wisatawan Mancanegara: Bagi wisatawan mancanegara yang ingin menjelajahi keindahannya, tiket masuk dikenakan biaya sebesar Rp44.000 per orang. Meskipun sedikit lebih mahal dari tiket domestik, pengalaman yang akan didapatkan di sini tentu sebanding dengan harga tiketnya.
Dengan harga tiket masuk yang terjangkau, Ranca Upas menjadi pilihan ideal bagi para pencari petualangan dan pecinta alam.

Temukan Surga Camping Anda di Ranca Upas

Bagi para pecinta camping, wisata alam Bandung ini menawarkan berbagai pilihan paket camping yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan jumlah orang. Dengan fasilitas lengkap, pengalaman camping di Ranca Upas akan menjadi momen tak terlupakan.

Berikut adalah penjelasan lebih lengkap mengenai berbagai paket camping yang ditawarkan:

  1. Paket Camping dengan Tenda Sendiri:
    • Bawa Tenda Sendiri: Rp15.000/orang/malam.
  2. Sewa Area Campervan:
    • Sewa Area Campervan: Rp250.000/malam.
  3. Sewa Area Campervan + Sewa Tenda:
    • Sewa Area Campervan + Sewa Tenda: Rp530.000/malam.
  4. Paket Camping Hemat (Termasuk Sewa Tenda, Sleeping Bag, Lampu Tenda, dan Layanan Lainnya):
    • Paket Hemat 3 (Kapasitas 2 – 3 orang): Rp270.000/pax).
    • Paket Hemat 4 (Kapasitas 4 -5 orang): Rp415.000/pax).
    • Paket Hemat 6 (Kapasitas 6 orang): Rp500.000/pax).
    • Paket Hemat 12 (kapasitas 10 – 12 orang): Rp788.000/pax).
  5. Paket Camping Premium (Termasuk Sewa Tenda, Sleeping Bag, Lampu Tenda, Kayu Bakar, Kasur Karpet, Pilih Lokasi Camping, dan Layanan Lainnya):
    • Paket Premium 3 (kapasitas 3 orang): Rp348.000/pax).
    • Paket Premium 4 (kapasitas 4 orang): Rp510.000/pax).
    • Paket Premium 6 (kapasitas 6 orang): Rp685.000/pax).
    • Paket Premium 12 (kapasitas 12 orang): Rp1.088.000/pax).
  6. Sewa Tenda Individu:
    • Sewa tenda Dome (kapasitas 3 orang): Rp150.000/tenda).
    • Sewa tenda Gamma (kapasitas 4 orang): Rp250.000/tenda).
    • Sewa tenda Charly (kapasitas 6 orang): Rp300.000/tenda).
    • Sewa tenda Roffi (kapasitas 10 – 12 orang): Rp400.000/tenda).
    • Sewa tenda Regu (kapasitas 20 orang): Rp500.000/tenda).
    • Sewa tenda Pleton (kapasitas 40 orang): Rp750.000/tenda).
Dengan berbagai pilihan paket camping yang disediakan, pengunjung dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka.

Jadi, ingin berkemah dengan tenda sendiri atau memilih paket camping yang sudah termasuk fasilitas lengkap, tempat wisata Bandung yang sejuk ini siap memberikan pengalaman camping yang tak terlupakan di tengah pesona alam yang menakjubkan.

Fasilitas Tempat Wisata di Ranca Upas

Ranca Upas adalah destinasi wisata yang menawarkan beragam fasilitas lengkap untuk para pengunjungnya.

Berada di dataran tinggi dengan pesona alam yang memukau, tempat ini tak hanya menawarkan keindahan alam semata, tetapi juga memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam menikmati pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Berikut adalah penjelasan lebih lengkap mengenai fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung:

  1. Panorama Sunrise yang Indah: Selain menjadi tempat wisata di Jawa Barat yang Bagus dan murah, disini juga menyajikan panorama matahari terbit yang menakjubkan. Pemandangan langit yang berubah menjadi gradasi warna cerah dan indah di pagi hari, memberikan momen magis bagi para pengunjung yang menyaksikannya.
  2. Udara Sejuk Pegunungan: Terletak di dataran tinggi, tempat wisata ini menawarkan udara yang sejuk dan segar. Udara yang bersih dan jauh dari polusi membuat pengunjung merasa lebih segar dan rileks selama berada di sini.
  3. Pemandangan Lautan Kabut yang Eksotis: Suasana lembah yang mengelilingi Ranca Upas sering kali diselimuti oleh lautan kabut yang eksotis. Pemandangan kabut yang mempesona ini menciptakan nuansa mistis dan menambah daya tarik destinasi ini.
  4. Onsen ala Jepang: Wahana onsen ala Jepang disini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk merasakan pengalaman mandi air panas yang menyegarkan dan menyehatkan. Berendam di onsen sambil menikmati pemandangan alam sekitar adalah momen relaksasi yang sempurna.
  5. Kolam Renang Air Hangat: Selain onsen, tempat ini juga menawarkan kolam renang air hangat. Kolam renang ini sangat nyaman untuk dinikmati, terutama di pagi hari atau sore hari setelah seharian beraktivitas.
  6. Area Camping dan Campervan: Bagi para pecinta camping, Ranca Upas menyediakan area camping yang luas dan nyaman. Pengunjung juga dapat membawa campervan dan berkemah di area yang telah disediakan.
  7. Pesona Healing Forest: Tempat wisata ini juga dikenal dengan hutan penyembuhan atau healing forest-nya. Pengunjung dapat berjalan-jalan di tengah hutan yang diyakini memiliki efek menyembuhkan dan memberikan ketenangan pikiran.
  8. Tempat Penangkaran Rusa: Hebatnya disini memiliki tempat penangkaran rusa, yang membuat para pengunjung dapat melihat dan berinteraksi dengan rusa-rusa yang ada di sini.
  9. Petik Buah Strawberry: Pengunjung dapat merasakan pengalaman petik buah strawberry segar di kebun lokal. Aktivitas ini sangat populer bagi keluarga dan anak-anak.
  10. Wahana Outbound dan Flying Fox: Bagi para pencinta petualangan, tempat wisata di Jawa Barat untuk keluarga ini menyediakan berbagai wahana outbound dan flying fox yang menantang.
  11. Sensasi Glamping di Tepi Danau: Glamping, yaitu berkemah dengan gaya mewah, juga dapat dinikmati di tepi danau. Pengunjung dapat tidur di dalam tenda mewah dengan pemandangan danau yang indah.
  12. Belanja Sayuran di Farm Market dan Toko Suvenir: Tempat ini juga memiliki farm market tempat pengunjung dapat membeli sayuran segar dan berbagai produk lokal. Selain itu, terdapat toko suvenir yang menjual berbagai oleh-oleh khas dari Ranca Upas.
Dengan berbagai fasilitas yang lengkap dan beragam daya tariknya, tempat wisata gunung di Jawa Barat yang satu ini merupakan destinasi wisata yang lengkap dan cocok untuk dinikmati oleh berbagai kalangan pengunjung.

Kelebihan Camping di Ranca Upas

Camping di Ranca Upas menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjung. Dengan berbagai daya tariknya, tempat ini menjadi surga bagi para pecinta alam dan aktivitas outdoor.

Berikut adalah beberapa kelebihan camping di Ranca Upas yang membuatnya begitu istimewa:

  1. Panorama Alam yang Indah: Wisata alam di Jawa Barat yang satu ini dikelilingi oleh keindahan alam pegunungan yang menakjubkan. Pengunjung dapat menyaksikan pemandangan hijau luas, dan saat matahari terbit, langit berubah menjadi gradasi warna indah yang menambah keajaiban alam ini.
  2. Udara Sejuk dan Segar: Berada di dataran tinggi, disini iklimnya sejuk dan segar. Udara yang bersih dan jauh dari polusi membuat camping di sini menjadi pengalaman yang menyegarkan bagi tubuh dan pikiran.
  3. Suara Alam yang Menenangkan: Suara gemericik air dan kicauan burung menjadi latar belakang alami yang menenangkan. Semilir angin yang lembut melalui pepohonan pun menambah kedamaian suasana camping di sini.
  4. Fasilitas Lengkap untuk Camping: Salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia ini menyediakan fasilitas lengkap untuk para pengunjung yang ingin berkemah. Area camping yang luas dengan fasilitas sanitasi yang baik memastikan kenyamanan para pengunjung selama berada di sini.
  5. Aktivitas Menarik: Selain berkemah, terdapat berbagai aktivitas menarik seperti hiking, trekking, dan kegiatan outdoor lainnya. Pengunjung dapat menjelajahi keindahan alam sekitar dan menikmati petualangan yang seru.
  6. Pemandangan Lautan Kabut yang Eksotis: Salah satu daya tarik uniknya adalah pemandangan lautan kabut yang muncul di pagi hari. Kabut yang menyelimuti hamparan kebun teh dan lembah membuat pemandangan ini terasa begitu eksotis dan memukau.

Dengan segala kelebihan yang dimilikinya, tidak mengherankan jika Ranca Upas menjadi pilihan utama bagi para pecinta camping dan aktivitas alam di Bandung.

Kombinasi antara panorama alam yang menakjubkan, fasilitas lengkap, dan beragam aktivitas menarik menjadikan camping di Ranca Upas sebagai pengalaman yang tak terlupakan.

Kekurangan Camping di Ranca Upas

Namun, perlu diingat bahwa setiap destinasi wisata juga memiliki beberapa kekurangan, termasuk di Ranca Upas:

  1. Kepadatan Pengunjung: Terutama di musim liburan, Ranca Upas dapat sangat ramai dikunjungi, sehingga pengunjung perlu bersabar menghadapi keramaian.
  2. Cuaca Tidak Menentu: Karena berada di ketinggian, cuacanya bisa berubah-ubah dengan cepat, sehingga disarankan untuk selalu membawa persiapan yang sesuai.
Meskipun demikian, kelebihannya sebagai tempat camping di Bandung lebih banyak daripada kekurangannya, dan itulah yang membuatnya menjadi destinasi populer di Indonesia.

Kesimpulan

Ranca Upas adalah destinasi wisata yang menawarkan keindahan panorama alam, kesejukan pegunungan, dan beragam fasilitas menarik, terutama bagi para pecinta camping.

Dengan berbagai pilihan paket camping yang tersedia, inilah tempat yang ideal untuk menghabiskan waktu liburan atau akhir pekan bersama keluarga atau teman-teman.

Jadi, jika Anda mencari tempat camping di Bandung yang indah dan lengkap fasilitasnya, tidak ada salahnya untuk mengunjunginya. Nikmati momen berharga Anda sambil berkemah di tengah pesona alam yang memukau dan fasilitas yang menarik!


Tinggalkan komentar

Eko Trimulyono

Hadir dengan artikel panduan informatif beserta tools yang bisa ngebantu aktifitas medsos kalian.

Terhubung