Skip to main content

Cara Menghasilkan Uang Dari Internet Di Masa COVID-19

Bagaimana sih caranya menghasilkan pendapatan dengan memanfaatkan internet di masa COVID-19?

Seperti yang kita ketahui bahwa sejak maret 2020 khususnya warga Indonesia banyak yang berhenti bekerja dan tak menghasilkan uang karena adanya pandemi. Meskipun demikian kebutuhan selalu mengejar dan tak bisa di pungkiri, nah oleh sebab itu mimin bagikan sebuah solusi untuk dapat menghasilkan uang dari internet di masa COVID-19 ini supaya kalian bisa mendapatkan hasil tambahan cukup #dirumahaja.

Bagi para senior yang sudah lama menggandrungi dunia internet, menghasilkan uang dari hp bukanlah suatu hal yang sulit untuk di lakukan. Namun cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula kadang menjadi sebuah kendala.

Dimana mau terjun kedalamnya tapi belum mengerti sama sekali mana yang paling menguntungkan, karena memang banyak sekali iming-iming yang sangat menjanjikan dan akhirnya cuma bikin pusing.

Apakah Bisa Mendapatkan Uang Dari Internet Tanpa Modal?

Cara Menghasilkan Uang Dari Internet Di Masa COVID-19

Tentu saja bisa dan banyak sekali metode yang dapat di lakukan untuk mendapatkan uang tanpa modal lewat hp. Ya mimin tau kok, kalau kalian sudah berhenti bekerja dan lebih baik uang yang ada di tabung untuk keperluan yang benar-benar di butuhkan.

Nah lantas bagaimana caranya main internet dapat uang? Oke, mimin akan kasih beberapa cuplikan, namun ini bukanlah rekomendasi untuk bisa di jadikan aset jangka panjang.

Misalnya saja dari sebuah apk, kalian juga bisa mendapatkan uang dari aplikasi yang kalian mainkan setelah menyelesaikan tugas yang diberikan.

Tugasnya itu relatif, tergantung dari jenis aplikasinya.

Setelah berhasil menyelesaikannya dan uang yang kalian dapatkan sudah memenuhi minimal payout, maka aplikasi penghasil uang tersebut akan mengirimkan hasil tersebut langsung ke rekening kalian.

Banyak kok aplikasi Android yang menghasilkan uang rupiah, tapi jangan asal main aplikasi penghasil uang tanpa modal loh ya.

Pastikan dulu aplikasi penghasil uang tersebut terbukti membayar. Kalian bisa mencari reviewnya terlebih dahulu sebelum memilihnya untuk di jadikan pohon uang.

Karena gak sedikit aplikasi penghasil uang yang menjanjikan iming-iming menggiurkan namun akhirnya scam.

Oke, jadi itu adalah cuplikan saja yang kebetulan mimin juga pernah coba. Namun pendapatnya itu gak bisa untuk jajan, karena mimin merasakan gak cocok dalam bidang tersebut dan akhirnya berhenti sebelum mendapatkan hasil.

Nah jadi bagaimana cara dapat uang gratis dari internet yang cocok untuk pemula dan bisa untuk jangka panjang dan yang terpenting bisa untuk keluar dari masa sulit selama adanya COVID-19 ini? Jadi silahkan simak ulasan di bawah ini.

Begini Cara Menghasilkan Uang Dari Internet Di Masa COVID-19

Di bawah ini mimin sudah menyiapkan 5 rahasia cepat dapat uang yang bisa menjadi solusi buat kalian yang saat ini benar-benar enggak punya pekerjaan ataupun hanya untuk mencari pekerjaan sampingan selama #dirumahaja.

1. Membuat Toko Online

Cara Menghasilkan Uang Dari toko online

Mencari uang di internet itu akan lebih mudah jika sebelumnya kalian memiliki produk sendiri. Namun bagi kalian yang tidak memiliki produk sama sekalipun tetap boleh loh membuat toko online, karena bisa juga mengambil ataupun menjualkan produk dari orang lain.

Buat kalian yang masih sekolah pun juga bisa memanfaatkan waktu belajar dari rumah dengan mencari uang tambahan untuk pelajar yang salah satunya dengan menjual produk di situs web milik sendiri.

Kenapa harus membuat toko online sendiri untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet, kan banyak platform marketplace yang tinggal pajang gambar produk?

Memang benar! namun terdapat beberapa kelebihan yang bisa kalian dapatkan dengan membuat toko online sendiri, dan salah satunya adalah meningkatkan branding. Kelebihan lainnya adalah kalian bebas menjual, mengelola, dan mengurus semuanya di dalam toko yang telah kalian bangun tersebut.

Untuk membuatnya, kalian membutuhkan hosting juga domain, yang bisa kalian beli dengan harga murah di Exabytes Indonesia. Dan theme yang juga bisa kalian dapatkan secara free maupun berbayar, sesuaikan saja dengan budget ya.

Pastikan juga untuk memilih Hosting Terbaik Indonesia sesuai dengan harga dan spesifikasi hosting yang pas dengan kebutuhan, supaya kalian mendapatkan banyak keuntungan dan kemudahan dalam mengelolanya.

Menurut mimin sih gak masalah mengeluarkan sedikit modal, asalkan hasil yang diperoleh pun juga menjanjikan.

Ini adalah tips terbaik untuk seorang pelajar smp, sma, dan sederajat yang sedang di liburkan ataupun bagi kalian yang berhenti bekerja supaya tetap bisa mendapatkan uang tambahan.

Lebih cocok lagi jika kalian memiliki produk sendiri. Namun jika tidak memiliki produk, setidaknya kalian bisa teknik promosi agar saat menjualkan produk orang lain tetap mendapatkan banyak keuntungan dari hasil penjualan yang banyak.

Dan jika kalian benar-benar tidak mengerti cara membuat toko online, maka sebaiknya serahkan semua masalah pembuatan kepada ahlinya yaitu Exabytes. Untuk detail harga dan apa saja yang akan kalian dapatkan silahkan baca pada halaman "Layanan Pembuatan Toko Online Untuk UMKM" (https://www.exabytes.co.id/website/desain-toko-online)

2. Membuat Blog

Cara membuat blog yang menghasilkan uang

Cara membuat blog yang menghasilkan uang untuk pemula itu mudah banget. Tapi untuk membuat blog dengan kelas profesional itu membutuhkan modal yang agak besar.

Tetapi jangan khawatir, mimin pun awalnya sama seperti kalian yang pernah ngerasain gak punya pekerjaan apalagi uang untuk membeli peralatan yang dibutuhkan.

Akhirnya mimin pun mulai mencari kesana kemari bagaimana caranya mendapatkan uang dari blog tanpa modal. Dan akhirnya menemukan sebuah solusi dimana ada 2 cms paling populer yang di gunakan untuk blog di Indonesia.

Yaitu Wordpress dan Blogger. Dimana dari kedua cms tersebut memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing.

Jika kalian ingin menggunakan WordPress.org, maka kalian di haruskan untuk membeli hosting sendiri dan juga domain. Maka dari itu, mimin sarankan buat kalian untuk memilih Hosting WordPress Terbaik supaya kecepatan dan keamanan blog kalian benar-benar bagus.

Namun jika kalian ingin menggunakan blogger.com, maka kalian tidak perlu membeli hosting bahkan domain. Namun mimin sarankan untuk mengkustom domainya supaya blog kalian memiliki branding, mengingat saat ini banyak penyedia layanan seperti Exabytes yang menawarkan Domain Murah sesuai ekstensinya.

Contoh saja seperti blog ekotrimulyono.com yang sedang kalian baca ini, karena keterbatasan biaya maka mimin hanya menggunakan Blogger.com yang di custom domainya.

Jadi silahkan mantapkan terlebih dahulu ingin menggunakan yang mana dan pelajari dulu bagaimana cara menulis yang baik dan bermanfaat bagi orang lain dan yang terpenting jangan asal copas.

Untuk masalah syarat blog supaya bisa menghasilkan uang itu tergantung dari apa kalian ingin memonetisasinya.

Kalau ingin bergabung dalam jaringan periklanan dan mendaftar sebagai publisher, maka setidaknya kalian sudah memiliki blog dengan tulisan original sekitar 15 artikel tanpa copas dan tanpa gambar yang mengandung hak cipta.

Itu adalah gambaran singkatnya saja, namun yang paling penting adalah traffic ataupun kunjungan ke blog. Dan kalau sudah bicara tentang meningkatkan kunjungan, maka kalian akan bertemu dengan istilah-istilah baru seperti SEO, Backlink, dan lain sebagainya.

Tapi saat kalian sudah memiliki traffic yang banyak dari blog tersebut, maka kalian bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan memasang iklan mandiri dan metode lain yang bisa mempertebal dompet.

Jadi saat kalian bertanya darimana blogger mendapatkan uang? Jawabannya itu pasti beragam, mulai dari bergabung menjadi publisher periklanan, memasang backlink untuk blog lain, hingga membuat slot iklan berbayar untuk orang yang ingin memasang banner.

Nah jadi intinya supaya bisa mengambil ataupun mendapatkan uang dari blog adalah dengan membuat tulisan yang bermanfaat dan mendapatkan banyak kunjungan.

Dan karena di masa COVID-19 ini kita semua membutuhkan waktu singkat untuk mendapatkan hasil, maka mimin sarankan kalian membuat sebuah konsep terlebih dahulu.

Langkah pertama sebelum memilih platform blog ataupun cms, sebaiknya pelajari dan pahami dulu tentang seo yang mencakup tentang mencari keyword dengan jumlah pencarian yang besar dan persainganya rendah, hingga meletakkan keyword turunan ataupun lsi di dalam badan artikel.

Itu semua bertujuan supaya dalam waktu 1-2 bulan kedepan tulisan kalian itu benar-benar bisa bersaing di halaman pertama dan bisa mendapatkan kunjungan yang banyak hingga akhirnya memiliki situs penghasil uang yang benar-benar mendapatkan pundi-pundi rupiah per harinya.

Nah selama proses belajar tersebut, sebaiknya sisihkanlah beberapa uang untuk modalnya, seperti membeli keperluan termasuk paket data.

Dan setelah dirasa paham dengan proses pembelajaran tersebut dan sudah memiliki modal yang minimal ya 100ribu lah, baru kalian membuat uji coba artikel dan blognya.

Lantas kenapa harus memilih Exabytes untuk membeli keperluan blog?

Karena Exabytes telah memiliki pengalaman kerja dibidangnya sejak tahun 2001 dan menyediakan bantuan teknis 24/7. Itu berarti Exabytes siap dan ada untuk membantu kalian selama 24 jam setiap harinya.

Sebenarnya masih banyak keunggulanya, namun bagi seorang pemula yang ingin membeli hosting dan membuat blog harusnya dukungan ataupun support dari penyedia layanan adalah hal yang paling di butuhkan.

Ya supaya jika sewaktu-waktu ada kendala yang tidak bisa di atasi sendiri bisa di bantu menyelesaikannya, dan Exabytes selalu ada untukmu.

3. Bergabung Dengan Program Afiliasi

Cara mendapatkan uang dari afiliasi

Program bisnis afiliasi adalah suatu bentuk kerja sama antara pemilik produk dan penjual (affiliator) yang apabila seseorang affiliator tersebut berhasil membuat orang (konsumen) membeli ataupun menggunakan produknya maka akan mendapatkan komisi.

Jadi buat kalian yang mau dapat uang gratis langsung masuk rekening, salah satu caranya adalah dengan mengikuti afiliasi produk digital, pemasaran, elektronik dan apapun itu yang penting pilihlah afiliasi Indonesia maupun luar yang terbukti membayar.

Cara kerja afiliasi pun cukup mudah, anggap saja mimin adalah seorang yang memiliki produk dan kalian adalah affiliator ataupun orang yang akan memasarkan produknya.

Tugas utama kalian sebagai affiliator yaitu memasarkan produk dari mimin hingga seseorang konsumen mau membeli produk tersebut, dan setiap kali kalian berhasil melakukan penjualan maka komisinya pun terus bertambah.

Besaran komisi tersebut berbeda-beda sesuai dengan kebijakan pemilik produk.

Kalau kalian ingin mencobanya, banyak banget kok yang menyediakan program ini. Contohnya di Exabytes Indonesia juga memiliki Program Afiliasi Terbaik yang wajib banget kamu ikuti supaya bisa mendapatkan uang dari internet langsung ke rekening bank tanpa modal.

4. Menjual Foto Online

Cara Menghasilkan Uang Dari photos

Pastinya langsung pada mikir nih, untuk dapat menghasilkan uang dari foto itu harus seorang fotografer profesional dengan camera mahal.

Tapi ternyata tidak loh, bisnis menjual gambar itu bisa di lakukan oleh semua orang asalkan memiliki smartphone yang memiliki kamera memadai.

Dan smartphone kalian tentunya sudah canggih-canggih dan paling umum sih kamera belakang sudah 13mp ya.

Maka dari itu, di masa pandemi seperti ini dari pada cuman buat selfi dan menghabiskan paket data untuk scroll media sosial saja, lebih baik gunakan smartphone kalian menjadi ladang penghasilan yang cukup menguntungkan dan dapat bertahan selamanya loh.

Benar banget! Misalnya kalian mulai menjual foto online di tahun 2020, maka sampai kapanpun foto yang sudah di setujui dan menjadi stok foto kalian tersebut tetap dapat di beli orang dan menghasilkan uang selama situsnya masih aktif.

Tidak hanya itu, kalian juga bisa mengunduh aplikasinya untuk menguploud foto agar lebih mudah dan dapat menghasilkan uang dengan lebih praktis.

Kemudahan dalam dalam menjual gambar di internet ini pun sudah mimin jalankan dalam beberapa waktu lalu di salah satu situs yang memang khusus menyetok foto dan video.

Ada tips yang akan mimin sampaikan sebelum kalin terjun dalam dunia microstock. Yaitu pelajari cara memotret yang baik, seperti segitiga eksposur, iso, dan lainnya.

Soalnya hal tersebut juga berkaitan dengan kualitas gambar kalian. Jadi dalam dunia microstock ini kalian harus belajar dulu tentang sebuah kualitas dan jika sudah bisa menciptakan foto dengan kualitas terbaik, maka selanjutnya pertahankan kuantitasnya juga.

Namun itu semua bisa di pelajari sambil terus praktek memotret kok. Jadi gak usah khawatir dan takut fotonya jelek ya, yang penting foto apapun yang menurut kalian di butuhkan orang dan upload sebanyak-banyaknya.

Karena semakin banyak stok foto yang ada di akun kalian, maka akan semakin banyak pula kesempatan untuk di download. Dengan artian setiap kali ada gambar yang terdownload maka akan bertambah pula penghasilan kalian.

Bagaimana cara ke 4 untuk menghasilkan pendapatan dengan memanfaatkan internet di masa COVID-19 ini, terbilang paling mudah kan?

5. Menjadi Influencer

Cara menjadi influencer yang sukses

Jika tips 1 sampai 4 umumnya membutuhkan waktu 1 sampai 2 bulan, di tips yang ke 5 ini kalian dapat menghasilkan uang lewat internet dengan cepat setelah berhasil menyelesaikan tugasnya.

Misalnya saja kalian adalah seorang yang jago editing, dan ada sebuah tawaran mengerjakan projek edit video. Setelah berhasil tawar menawar harga dan sudah deal, kalian tinggal mengerjakan tugas tersebut. Ketika tugasnya selesai dan juga telah di setujui, maka kalian akan langsung mendapatkan bayaran.

Jadi cara menjadi influencer itu mudah banget, kita ibaratkan saja jika di dunia nyata sebagai buruh ya supaya lebih mudah memahaminya. Intinya menjadi influencer itu tidak ada batasan jenis pekerjaan apa dan memiliki skill apapun bisa menjadi influencer.

Kadang pekerjaan yang di berikan juga spele kok, misalnya di beberapa situs penghasil uang rupiah ada sebuah tugas yang menyuruh kalian berselfi dengan memegang sesuatu produk dan menyuruh menguploudnya di media sosial kalian. Maka setelah berhasil di upload dan telah di setujui, maka kalian akan langsung di bayar.

Nah siapa nih yang gak mau cuma posting dapat uang?

Kalau punya media sosial dengan jangkauan luas, jadiin aja sebagai penghasil uang. Kan asik tuh punya akun jejaring sosial yang bisa menghasilkan uang.

Apalagi di masa sulit seperti ini, sama-sama habisin paket data kenapa enggak buat cari duit aja.

Kalau ditanya aplikasi media sosial apa yang menghasilkan uang? Ya semuanya bisa kok. Yang penting kalian pelajari dan perbaiki dulu jangkauanya, terlebih lagi cara kalian mempromosikanya itu penting banget.

Supaya kredibilitas kalian terbentuk dan supaya kalian itu bukan yang mencari peluang, namun brand lah yang mengantri untuk bisa di promosikan produknya oleh kalian.

Ibarat gampangnya itu seperti ini, ketika kalian lapar dan pengen beli bakso gak mungkin kan kalian ke warung sate. Ini sama halnya dengan pemilik produk, meskipun jangkauan akun kalian luas namun jika tidak sesuai dengan minat, topik, ataupun jenis brand maka kesempatan terjadinya kerja sama itu kecil sekali.

Jadi kalau kalian menggunakan media sosial untuk mendapatkan uang dari endorse, sebaiknya perbaiki postingan dan interaksi dan juga jangkauanya terlebih dahulu. Buatlah postingan yang sedang hits yang bisa membuat banyak like, bahkan bisa selalu viral dan jangan lupa konsisten dalam topik tersebut.

Di samping itu kalian juga bisa bergabung dalam situs yang khusus menjadi tempat para influencer bertemu dengan pemilik brand ataupun pencari jasa dari seluruh dunia.

Namun saran dari mimin, jika kalian sudah masuk dalam kategori internasional. Ya paling tidak kalian juga harus bisa berbahasa Inggris, supaya saat melakukan tawar menawar dan berkomunikasi itu lebih mudah.

Kan enggak asik ya, kalau setiap ada tawaran kalian harus nerjemahin dulu. Mau nanya klien minta yang seperti apa harus translate dulu, kesannya nanti kalian itu gak profesional karena menggunakan hasil translate kadang jadi ngawur meskipun kalian memiliki skill dalam bidang tersebut.

Namun itu hanyalah tips supaya kalian menjadi influencer yang sukses. Kalau masalah mencari uang di internet dengan cepat dan tanpa modal supaya bisa keluar dari masa sulit selama pandemi, menjadi influencer adalah pilihan paling tepat.

Kenapa Banyak Orang Gagal Dalam Mendapatkan Uang Dari Internet?

Saat seseorang mulai belajar menghasilkan pendapatan dengan memanfaatkan internet apalagi di Masa COVID-19 seperti saat ini, pasti kemauan mereka itu sebuah hal yang instan dan langsung tercipta uang yang melimpah.

Padahal dalam mencari uang lewat internet apalagi cuma bermodalkan hp itu harusnya memiliki sifat ulet dan telaten.

Maksudnya ulet dan telaten itu adalah, kalian sebagai seorang pekerja harus giat dalam melakukannya dan jangan mudah menyerah apalagi baru mulai sudah merasa enggak berhasil dan gonta-ganti jenis pekerjaan.

Sukses itu enggak ada yang terjadi dalam waktu semalam!

Tidak ada namanya berhasil kalau kalian belum pernah gagal, tidak ada kata sukses jika kalian belum pernah merasakan letihnya berjuang.

Apalagi jika kalian yang membaca artikel ini adalah anak muda, ayo bangkitkan semangat kalian, kobarkan rasa percaya diri kalian, dan teriakan aku bukan pengangguran.

Namun meskipun demikian, tetaplah pada jalan yang benar. Carilah cara yang cepat untuk bisa mendapatkan uang yang halal dan kalau bisa tanpa modal.

Ingin membuat situs web, enggak masalah. Karena website tersebut akan menjadi penghasil uang yang langsung masuk ke rekening kalian nantinya.

Mau jadi influencer dan bergabung di situs Indonesia yang bulisa jadi penghasil uang langsung setelah menyelesaikan pekerjaannya, enggak masalah.

Yang penting sebelum kalian pengen menghasilkan uang dari internet di masa COVID-19 ini, ketahuilah potensi pada diri kalian. Bakat apa yang ada pada dirimu, dan tekunlah dalam bidang tersebut. Ayo semangat go online.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar