Skip to main content

Niat Sahur Puasa Ramadhan Beserta Artinya

Ramadhan adalah bulan yang di tunggu-tunggu umat muslim di seluruh dunia. Ramadhan menjadi bulan spesial yang hanya ada satu kali dalam setahun, mestinya sebagai umat muslim yang beriman kita wajib melaksanakannya jika tidak ada halangan. Dan berikut ini adalah niat sahur puasa ramadhan yang menjadi awal dari puasa yang akan di jalankan.

Sejak kecil kita sudah di latih untuk melakukan puasa ramadhan. Biasanya saat masih duduk di bangku sekolah dasar, anak-anak sudah rutin melakukan puasa beduk (puasa setengah hari). Yang di lakukanya penuh kesabaran karena biasanya jika mampu menyelesaikan sampai 30 hari akan di berikan baju baru yang menambah semangat berpuasa.

Namun, terkadang sangat sulit membangunkan anak-anak saat ingin sahur. Karena di saat sahur tiba, di saat itu juga waktu yang sangat nyenyak untuk tidur. Tetapi, untuk saat ini kita bisa memanfaatkan smartphone yang kita punya untuk menghidupkan alarm.

Dan jangan lupa untuk membaca niat sahur berikut ini.
Niat Sahur Puasa Ramadhan


Niat Sahur Puasa Ramadhan 



  • Niat/doa sahur tulisan arab:
نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

  • Niat/doa sahur tulisan latin:
NAWAITU SHAUMA GHODIN 'AN ADAA'I FARDHI SYAHRI ROMADHOONA HAADZIHIS SANATI LILLAHI TA'ALA

  • Artinya:
Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala.

Nah di atas adalah bacaan doa sahur bulan ramadhan yang bisa Anda gunakan ketika menjalaninya.

Di kutip dari Islami.co, Rasulullah SAW pun menganjurkan bahwasanya seseorang yang akan berpuasa hendaklah melaksanakan sahur meskipun hanya meneguk air saja.

"Dari Abdullah bin Umar RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, " Hendaklah kalian bersahur meskipun hanya seteguk air" (HR Ibnu Hibban).

Tidak hanya itu, Rasulullah SAW juga bersabda

Diriwayatkan oleh As-Saib bin Zaid RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: " Sebaik-baik hidangan sahur adalah kurma." Rasulullah SAW lalu berdoa, "Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur." (HR At-Thabarani).

Nah jadi mulai sekarang mari kita berniat puasa ramadhan dengan membaca doa dan jangan lagi bermalas-malasan untuk bangun sahur.

Seperti yang telah di ajarkan baginda Rasul dengan adanya hadist di atas kita bisa tahu bahwa sahur merupakan bagian dari puasa itu sendiri. Dan ketika hendak melakukan puasa sebaiknya jangan tinggalkan sahur juga niat doa nya.

Setelah mempelajari niat sahur beserta artinya di atas, saya berharap Anda membacanya ketika bulan ramadhan telah tiba. Karena seusai membaca doa, hati kita menjadi tenang untuk melakukan puasa ramadhan ke esokan harinya dengan melakukan aktivitas seperti hari-hari pada umumnya.

Baca Juga : Hukum Pacaran Beda Agama Menurut Islam 

Saya berdoa untuk Anda, semoga semua saudaraku yang telah membaca doa sahur niat puasa ramadhan ini puasanya di mudahkan dan di kuatkan sampai selesai hingga satu bulan penuh tidak ada halangan apapun, Amin.

Dan saya rasa cukup sekian dulu pada pembahasan niat sahur puasa ramadhan ini, semoga dengan adanya tulisan ini dapat membantu saudaraku muslim di manapun berada yang masih mengalami kesulitan terkait hal di atas.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar