Skip to main content

Cara Mengembalikan Aplikasi Yang Terhapus Tanpa Download

Bagaimana sih cara mengembalikan aplikasi yang terhapus? Misalnya aplikasi Whatsapp yang hilang di hp Xiaomi, di hp OPPO a3s, di hp OPPO a5s, di Blackberry, di hp Asus, di hp Vivo, di hp samsung, di iPhone, laptop, pc, dan kalau ada sih sekalian tutorial supaya prosesnya tanpa download min.

Seketika mimin nepuk jidat. Saat buka inbox dan terdapat beberapa pertanyaan yang sebenarnya masalahnya itu sama, namun hanya berbeda perangkatnya saja.

Dan akhirnya mimin rela menghabiskan waktu 7 hari 7 malam untuk bertapa dan meminta petunjuk supaya bisa memberikan jawaban atas semua pertanyaan tersebut (ngaco sih mimin ini mah :v).

Sebenarnya untuk mengembalikan aplikasi yang terhapus tanpa download itu bukanlah hal yang mustahil. Namun ada hal yang harus kalian perhatikan, yaitu darimana kalian mendapatkan ataupun mendownload aplikasi tersebut pada awalnya.

Biar lebih paham lagi, mimin kasih contoh nih. Aplikasi didalam hp kalian itu bisa dibagi dalam 3 kelompok, yaitu [❶]aplikasi bawaan, [❷]aplikasi yang di download dari playstore, dan [❸] aplikasi yang di download dari situs khusus atau darimanapun asalnya yang kemudian disimpan di kartu sd(memori eksternal) ataupun internal yang berbentuk file .apk.

Nah dari 3 hal tersebut, aplikasi dalam kelompok mana yang akan kalian kembalikan nih? Karena prosesnya akan berbeda juga. Dan sebelum kita mencoba mengembalikan aplikasi yang hilang tersebut, sebaiknya simak penjelasan dibawah ini terlebih dahulu.

Kenapa Aplikasi Uninstall Sendiri?

Terdapat beberapa alasan mengapa aplikasi/menu yang hilang pada Android, namun yang paling umum adalah karena launcher yang corrupt dan terjadi bug pada sistem/aplikasinya.

Misalnya saja aplikasi pengaturan, browser, atau aplikasi kamera bawaan hp yang memang mimin pun sering mengalami bahwa aplikasi tersebut hilang. Dan Hal tersebut bisa saja terjadi karena masalah yang sudah mimin sebutkan diatas.

Dan untuk penanganan pertama mengenai cara mengembalikan aplikasi yang hilang di layar utama, kalian bisa memulai ulang smartphone yang kalian miliki untuk mencoba mengatasinya, karena biasanya aplikasinya akan muncul kembali. Namun jika memang sudah di mulai ulang dan aplikasi tetap tidak ada, kalian bisa mencoba metode yang akan mimin jelaskan dibawah nanti.

Begini Cara Mengembalikan Aplikasi Yang Terhapus

Sebenarnya ini adalah artikel yang sudah lama mimin buat, yaitu pada tahun 2019 kemarin. Namun karena ada yang masih belum paham, disini mimin lakukan update secara menyeluruh baik artikel maupun penambahan metode pemulihan aplikasinya.

Dan setelah melakukan uji coba yang mimin lakukan untuk mengembalikan aplikasi yang terhapus di Xiaomi dan sudah terbukti berhasil. Mimin pun yakin, bahwa tutorial ini bisa untuk mengembalikan aplikasi yg terhapus/hilang di hp OPPO, Asus, Vivo, Samsung, dan smartphone lainnya.

Namun supaya lebih meyakinkan lagi, jika kalian menggunakan merek hp lainnya dan tidak berhasil, maka silahkan laporkan hasil dari pemulihan kalian di komentar ya. Nanti akan mimin lakukan penelitian lebih lanjut supaya artikel ini benar-benar berhasil dilakukan dengan semua merek hp.

Dan berikut ini 2 metode yang bisa kalian gunakan jika mengalami aplikasi smartphonenya terhapus kemudian ingin mengembalikanya tanpa download dan yang melalui play store.

①. Cara Mengembalikan Aplikasi Yang Terhapus Tanpa Play Store/Tanpa Download

  • Metode ini hanya bisa dilakukan apabila sebelumnya aplikasi yang hilang dan ingin dipulihkan tersebut kalian download dari salah satu situs yang kalian temukan lewat pencarian Google dan kemudian filenya tersimpan di memory.Cara melihat aplikasi yang baru dihapus di Android

  • Silahkan masuk ke file manager pada smartphone kalian, untuk mencari filenya.Cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di Facebook

  • Agar lebih cepat menemukan file aplikasinya, silahkan klik menu pencarian yang berada di bagian kanan atas seperti pada gambar berikut.Cara mengembalikan aplikasi yang terhapus tanpa Play Store

  • Selanjutnya, silahkan tuliskan nama aplikasinya dan tunggu beberapa saat maka file aplikasi yang dicari akan langsung muncul. Jika sudah muncul, kalian klik saja aplikasi tersebut.Bagaimana cara mendownload play store yang terhapus?

  • Langkah terakhir adalah dengan memasang ulang aplikasi yang terhapus dengan mengklik pasang di bagian kanan bawah layar. Kemudian silahkan tunggu proses pemasanganya hingga selesai.Cara mengetahui kapan aplikasi di instal?

  • Berhasil, aplikasi yang terhapus kini sudah berhasil dikembalikan secara offline tanpa mendownload ulang.Cara menampilkan icon aplikasi yang hilang di Xiaomi

②. Cara Mengembalikan Aplikasi Yang Hilang Dengan Playstore

  • Metode ini hanya bisa dilakukan apabila sebelumnya kalian mendownload aplikasi yang terhapus juga dari playstore.Cara mengembalikan tema Xiaomi yang terhapus

  • Langkah pertama, silahkan masuk ke playstore terlebih dahulu.Cara mengembalikan Play Store yang hilang di HP Xiaomi

  • Kemudian silahkan klik menu navigasi dibagian kiri atas seperti gambar berikut.Cara inject aplikasi bawaan Android

  • Selanjutnya, silahkan klik aplikasi & game saya.Cara mengembalikan tombol menu yang hilang pada android

  • Kemudian klik koleksi, untuk melihat daftar aplikasi yang dulunya pernah di download namun sudah tidak terinstall di smartphone. Dengan kata lain disini kalian juga bisa melihat aplikasi yang baru dihapus/riwayat aplikasi di Android.Aplikasi tidak muncul di Layar HP OPPO

  • Silahkan pilih aplikasi yang ingin dikembalikan dan klik install.Cara menampilkan aplikasi tersembunyi di Android

  • Tunggu proses penginstallan hingga selesai.Cara melihat tanggal instal aplikasi di Android

  • Berhasil, kalian sudah berhasil mengembalikan aplikasi dari Play Store yang hilang tersebut.Cara melihat aplikasi terinstal di HP Vivo

Tips Supaya Kedepannya Bisa Mengembalikan Aplikasi Yang Terhapus Tanpa Download

Di bawah ini ada 2 tips yang sudah mimin uji coba keakuratan informasinya, karena sebelum menulis telah mimin uji coba dan berhasil dengan sempurna.

①. Menggunakan Aplikasi Backup

Apps backup and restore adalah sebuah aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk mencadangkan aplikasi jika sewaktu-waktu aplikasi di smartphone kalian terhapus.

Dengan aplikasi inipun kalian juga bisa mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus, game yang sudah dihapus, mengembalikan aplikasi wa, mengembalikan aplikasi Instagram, dan semua aplikasi yang ada pada smartphone kalian.

Namun harus digaris bawahi disini, kalian harus melakukan backup terlebih dahulu supaya nantinya ketika aplikasinya terhapus kalian tinggal restore pada menu archived.

Jadi meskipun kalian sudah mendownload aplikasi apps backup & restore tersebut, kalian pun harus membackup aplikasinya secara manual. Namun enggak usah khawatir, karena prosesnya sangat cepat kok.

Metode seperti ini enggak cuma bisa dilakukan di Android saja, kalian juga bisa mengembalikan aplikasi yang hilang/ terhapus di laptop, mengembalikan App Store yang hilang di iPhone, dll.

Soalnya, biasanya sih developer aplikasinya juga membuat aplikasi tersebut dalam beberapa perangkat. Jadi menggunakan perangkat apa saja, kalian tinggal mencari aplikasi backup semacam itu yang sesuai dengan yang kalian gunakan.

②. Mendownload Dan Menyimpan Aplikasi Di Penyimpanan Sd Card

Sudah mimin singgung diatas, bahwa dengan menyimpan file apk di memory maka ketika kalian ingin menghapus dan mengintall ulang akan lebih mudah dan bisa secara offline karena tidak perlu download lagi.

Jadi misalnya kalian mendownload aplikasi wa dari sebuah situs penyedia aplikasi nih ya, dan filenya sudah berhasil tersimpan di memori. Kemudian aplikasinya terhapus, kalian enggak perlu panik dan bertanya-tanya "kenapa aplikasi whatsapp tiba-tiba hilang?" "Waduh bagaimana cara mengembalikan aplikasi WhatsApp yang terhapus di Android ku nih?"

Karena kalian bisa menggunakan metode 1 yang sudah mimin jelaskan diatas untuk mengembalikanya.

Penutup

Sebuah aplikasi memang sangat penting untuk smartphone, tanpa adanya aplikasi tersebut maka kita tidak akan bisa mengoprasikan hpnya dengan sempurna.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan aplikasi backup seperti yang mimin rekomendasikan supaya bisa mengembalikan aplikasi yang terhapus tanpa download.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar