Ketika menjelajah di internet untuk mendapatkan informasi apapun, sebuah website yang dapat kalian kunjungi itu tak lepas dari peranan penting domain dan juga hosting.

Dan buat kalian yang masih pemula, disini aku gak cuma jelasin apa saja yang bisa dilakukan setelah beli domain namun juga akan merekomendasikan tempat beli domain terpercaya & hosting murah indonesia.

Penjelasan tentang kelebihan membeli domain dan cara membuat website setelah memiliki domain akan kita mulai dari hal berikut ini.

Setelah Beli Domain, Apa yang Bisa Dilakukan?

Apa Itu Domain?

Secara umum, domain memiliki arti yaitu alamat dari sebuah web/blog yang dapat diakses secara online.

Nama domain yang biasanya juga disebut domain ini merupakan sebuah nama yang menjadi pembeda sekaligus agar lebih mudah diingat orang daripada menghapal rentetan ip (misalnya: 103.163.138.250) untuk mengunjungi web.

Nama domain selain digunakan untuk web (misalnya: www.contoh.com) juga dapat digunakan sebagai alamat email pribadi agar lebih profesional (misalnya: chat@contoh.com).

Domain memiliki masa aktif selama 1 tahun yang dapat diperpanjang di tahun berikutnya. Oleh karena itu, sekali beli domain maka kalian tidak bisa mengubah baik ekstensi maupun namanya kecuali membeli yang lain lagi, begitu juga domain yang sudah terdaftar pun tidak bisa dibeli lagi oleh orang lain selama domain tersebut masih aktif.

Namun suatu nama domain masih bisa didaftarkan lagi menggunakan ekstensi lainnya. Misalnya kalian sudah daftar contoh.com, maka orang lain masih bisa mendaftar untuk contoh.net, contoh.org dan lainnya selama nama tersebut masih tersedia.

Manfaat Domain

Supaya lebih paham dan tahu apa saja yang bisa dilakukan setelah beli domain, berikut ini adalah beberapa manfaat dari domain.

Membangun Branding

Sebagai pemilik usaha tentunya kalian pengin meningkatkan citra diri/perusahaan secara profesional, bukan? Nah dengan domain kalian dapat melakukannya dengan mudah, salah satunya adalah membuat web portfolio.

Di dalam web tersebut, kalian dapat sesuka hati menampilkan apa saja yang akan kalian tawarkan. Misalnya saja kalian adalah seorang fotografer, maka kalian pun bisa menampilkan contoh foto terbaik, kelebihan layanan yang akan diberikan, informasi kontak, lokasi hingga testimoni.

Namun tentu saja sebuah web agar dapat berjalan membutuhkan domain dan server. Tapi jika kalian hanya beli domain untuk blognya saja maka bisa juga menggunakan layanan hosting gratis seperti Blogger, sedangkan jika sudah memiliki domainya maka bisa beli hosting tanpa domain.

Cara menggunakan hosting dan domain ataupun cara membuat website setelah membeli domain dan hosting akan dijelaskan dilain kesempatan ya, karena terlalu panjang kalau dijelaskan disini.

Membuat Email Profesional

Jika bisnis kalian membutuhkan email, maka membeli domain untuk membuat email adalah langkah yang sangat tepat.

Seperti yang kita ketahui bersama, jika masih menggunakan layanan email gratis misalnya Gmail dengan alamat contohbeautiful@gmail.com, maka orang lain pun masih bisa membuat email mirip contohbeautifulfficial@gmail.com, contoh.beautiful@gmail.com dan lainnya yang mirip untuk melakukan penipuan.

Berbeda ketika menggunakan nama domain kalian sendiri misalnya contohbeautiful.com, maka hanya kalian yang bisa membuat email menggunakan domain tersebut.

Untuk kebutuhan email dengan skala besar pun kalian tidak perlu khawatir, karena sekarang pun sudah banyak layanan email hosting di Indonesia yang bisa kalian pilih sesuai kebutuhan.

Domain Flipping

Jangan gak percaya, sebuah nama domain bisa terjual dengan harga 30 juta dollar AS atau sekitar Rp 423 miliar!

Memang benar sih harga domain seperti ekstensi com, net, org dan lainnya itu umumnya cuma ratusan ribu, tapi bukan hal mustahil kok sebuah nama domain menjadi mahal karena memang namanya itu sesuai kebutuhan, terutama untuk segmen korporat.

Salah satu domain termahal di dunia adalah Voice.com yang dijual dengan harga 30 juta dollar AS atau sekitar Rp 423 miliar, beberapa domain termahal lainya yang juga dibeli dengan konten atau layanan serta bisnis di dalamnya adalah CarInsurance.com (49,7 juta dollar AS) dan VacationRentals.com (35 juta dollar AS).

Memang sudah sulit sih untuk mendapatkan domain dengan nama bagus apalagi 1 kata, namun bukan berarti kalian sudah ketinggalan untuk melakukan bisnis domain flipping loh ya.

Tidak perlu terlalu berpatokan dengan nilai yang begitu fantastis, yang penting untung mengapa tidak.

Kesimpulan

Masih banyak hal lagi yang bisa kalian lakukan setelah beli domain, seperti untuk membuat web berita, blog, toko online, marketplace, web affiliate, web sekolah dan banyak lagi.

Jadi gak usah ragu untuk beli domain yang akan digunakan sebagai kehadiran online dari bisnis atau apapun keperluan kalian, siapa tahu dengan domain tersebut target kalian bisa tercapai.

Bagi yang masih bingung milih tempat beli domain dan hosting terpercaya, kalian bisa ke Niagahoster.

Niagahoster adalah perusahaan web hosting yang menyediakan layanan seputar kebutuhan website seperti Domain, Shared Hosting, Cloud VPS Hosting, Transfer Hosting, Jasa Pembuatan Website dan lainnya.

Selain terpercaya dan memiliki pengalaman karena telah berdiri sejak tahun 2013 dengan layanan customer service 24 jam, Niagahoster juga memberikan harga yang murah.

Jadi, segera beli domain impian kalian dan manfaatkan sebaik mungkin ya.

Bagikan:

Eko Trimulyono

Hanya seorang Introvert yang suka nulis sambil rebahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.