Cara Memilih Smartphone Murah Yang Bagus Dan Berkualitas

Tahukah kalian, bahwa cara memilih smartphone murah yang bagus dan berkualitas itu cukup dengan beberapa hal ini.

Cara Memilih Smartphone Murah Yang Bagus Dan Berkualitas - Banyak Smartphone telah diperkenalkan di pasar teknologi dalam beberapa waktu terakhir. Itu karena perubahan teknologi dan perangkat lunak yang menyulitkan pengguna untuk membuat pilihan dan menimbun pertanyaan "Beli HP apa yang bagus".

Padahal sebenarnya cara memilih HP yang bagus dan awet adalah hal mudah apalagi jika Anda sudah paham kriteria untuk memilih dan memperhatikan bagian apa saja pada Smartphone Android.

Maka dari itu, yuk mari kita cari tahu kriteria maupun tips memilih gadget dan apa saja yang perlu kalian ketahui untuk memilih Smartphone Android terbaik sehingga tahu spesifikasi HP yang bagus dan gak salah pilih waktu beli HP baru.

Cara Memilih Smartphone Murah Yang Bagus Dan Berkualitas

Cara memilih smartphone

Hal pertama yang perlu kalian pertimbangkan sebelum memilih HP "misalnya Oppo" yang baik adalah dengan memperhatikan spesifikasinya. Gak cukup tahu aja ciri-ciri HP mahal, karena yang mahal belum tentu bagus. Jadi simak penjelasan berikut ini ya!

OS atau Sistem Operasi

Cara memilih HP yang bagus dan awet

Sebelum kalian memutuskan untuk memilih smartphone versi terbaru yang tersedia, kalian harus mengetahui terlebih dahulu bahwa Android terus mendapatkan pembaruan.

Oleh karena itu, jika kalian memiliki Android yang tidak setara dengan versi perangkat lunak terbaru yang tersedia, maka kalian tidak perlu khawatir. Karena kalian dapat meningkatkan perangkat tersebut dan menerima versi Android terbaru.

Biasanya sih versi terbarunya tersedia secara online dan dapat diunduh, kalian dapat dengan mudah mengaksesnya melalui perangkat yang digunakan atau login untuk mendapatkan pembaruan.

Versi perangkat lunak terbaru memiliki banyak fitur, penawaran gratis dan kompatibel dengan Smartphone baru sekaligus perbaikan lebih lanjut dari versi sebelumnya. Dengan OS (Sistem Operasi) baru, kalian akan dapat mengunduh wallpaper baru, mendapatkan akses yang lebih cepat, memiliki menu baru, dan fitur tambahan lainnya.

Namun, kalian harus ingat satu hal bahwa tidak semua Android dirancang untuk menerima pembaruan!

Seringkali ada pembaruan yang tersedia hanya untuk OS tertentu, sementara yang lain dianggap usang. Misalnya, smartphone milik kalian sudah memiliki Gingerbread; maka kalian akan terikat padanya sampai kalian mendapatkan pembaruan untuk versi khusus ini.

Ingatlah bahwa peningkatan perangkat lunak bukanlah sesuatu yang dapat dijamin. Maka dari itu, sebaiknya memilih versi Android yang mampu menerima pembaruan baru dan memilih smartphone versi terbaru adalah pilihan tepat sebelum melakukan pembelian.

Pembaruan

Cara memilih HP yang bagus untuk game

Seperti yang sudah aku singgung diatas, memilih HP yang memiliki pembaruan secara rutin tentu hal bagus apalagi untuk kebutuhan game.

Satu hal penting adalah kalian harus menggunakan perangkat terbaru yang tersedia. Perangkat terbaru yang tersedia mampu menerima peningkatan perangkat lunak, kalian perlu cek versi terbaru yang tersedia untuk mengetahui apakah pabrikan tersebut ingin merilis peningkatan perangkat lunak lain untuk perangkat khusus itu.

Jadi saat memilih Smartphone Android, memilih versi OS terbaru sangat penting. Dan jika kalian tidak dapat menemukannya dengan Jelly Bean, pilihlah Ice Cream Sandwich. Tetapi periksa untuk melihat apakah brand tersebut akan merilis atau setidaknya sedang bekerja untuk merilis Jelly Bean.

Brand yang paling tepercaya dalam hal peningkatan perangkat adalah HTC, Motorola, Samsung, dan Google. HTC memiliki peningkatan Android paling mengesankan dari perangkatnya tetapi Motorola (dijalankan oleh Android) memiliki reputasi peningkatan yang cepat.

Perhatikan bahwa pembaruan brand sering kali disertai dengan widget, alat, dan perbaikan yang lebih baru yang ditujukan untuk meningkatkan penggunaan perangkat secara keseluruhan.

Hal lain yang penting untuk diperhatikan adalah kalian harus memiliki ROM yang mampu meningkatkan kinerja dan menginstal aplikasi atau alat tambahan. Jika kalian ingin memutakhirkannya, pertama-tama kalian harus memastikan bahwa ROM yang disesuaikan tersedia untuk perangkat tertentu itu. Misalnya, ponsel Motorola memiliki ROM yang disesuaikan.

Antarmuka Pengguna atau UI

Tips beli HP baru

Setiap perangkat yang diberdayakan Android terdiri dari UI yang berbeda. Alasannya adalah bahwa dengan setiap brand, memiliki ciri khas UI dan juga dapat berubah mengikuti trend.

UI akan berbeda sesuai dengan merek yang berbeda dan fiturnya juga bervariasi dari satu brand ke brand lainnya. Jika bagaimanapun kalian tidak puas dengan UI Smartphone yang kalian miliki, maka kalian pun dapat mengunduh perangkat lunak pihak ketiga online seperti, Zeam, ADW, Go atau Launcher Pro.

Tapi sekali lagi, sebelum memutuskan untuk membeli setidaknya carilah rekomendasi HP sesuai kebutuhan agar tidak terlalu banyak mengutak-atik stelan bawaannya.

Prosesor

Cara memilih HP Android murah berkualitas

Prosesor adalah komponen yang paling penting dari Smartphone kalian dan pastikan memilih HP Android murah berkualitas yang memiliki prosesor sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: 10 HP 3 Jutaan Terbaik 2022, Harga dan Spesifikasi

Pertimbangkan ini, jika kalian lebih dari penggemar game dan kecanduan game 3D maka kalian harus memiliki Smartphone dengan pemrosesan CPU daya tinggi.

Jika kalian menggunakan Smartphone untuk melakukan aktivitas sedang, maka kalian dapat melakukannya dengan 1GHZ dual atau single core.

Smartphone yang ditenagai dengan prosesor quad core masuk akal bagi mereka yang menikmati aktivitas gaming dan streaming video yang berat sepanjang hari, jadi cara memilih HP internet cepat dan kuat untuk gsming adalah dengan memperhatikan prosesornya.

Tips Beli HP Baru Tambahan

  • Pilih Smartphone yang memiliki memori internal yang baik seperti 4-8 GB jika kalian suka mengunduh aplikasi
  • Jika kalian tertarik untuk streaming video dan konten HD, maka ponsel dengan prosesor yang lebih cepat harus dipilih seperti prosesor quad core
  • Untuk fasilitas panggilan video, kalian perlu menemukan Smartphone dengan kamera menghadap ke depan selain kamera belakang dengan minimum 8mp supaya jernih
  • Ponsel harus dicadangkan dengan baterai mAh berkapasitas tinggi agar dapat bertahan lebih lama misalnya 5000mah

Sebenarnya hanya seputar itulah untuk tips beli HP baru supaya tidak mengecewakan saat digunakan. Terlebih lagi, jangan terburu-buru ketika pengin beli HP murah (di Shopee misalnya).

Kalian harus banyak menonton review di youtube tentang hp yang kalian incar, dan memastikan bahawa cara memilih smartphone murah yang bagus dan berkualitas kalian tidak keliru.

Gue ganteng sih, tapi jangan digoda ya :v

Posting Komentar

© Eko Trimulyono. All rights reserved. Developed by Eko Trimulyono