Review: Spek, Performa Hingga Konsumsi BBM Suzuki Swift

Review lengkap spek, performa, hingga konsumsi BBM Suzuki Swift.

Mobil Suzuki Indonesia dengan jenis city car sekarang sedang banyak digandrungi dengan slot tempat duduk yang cukup untuk keluarga dan dimensi yang ramping. Salah satu mobil unggulan di kelas ini adalah Suzuki Swift. Mobil ini memiliki beberapa seri dengan perkembangan setiap serinya yang sangat signifikan.

Beberapa varian atau serinya antara lain yaitu GX, GS, dan Sport. Ketiga varian ini memiliki spesifikasi, kapasitas dan tipe mesin yang berbeda. Simak penjelasan mengenai spek dan performa dari mobil Suzuki Swift berikut ini.

Mengenal Suzuki Swift

Suzuki Swift

Suzuki Swift merupakan salah satu city car dengan hatchback. Produk ini hadir dengan 3 varian yaitu GX, GS, dan Sport. Ketiga varian ini memiliki spesifikasi yang agak berbeda apalagi di bagian mesin. Untuk GX dan GS memiliki tipe mesin yang sama, sedangkan tipe sport memiliki mesin yang berbeda.

Desain dari ketiga mobil Suzuki Swift ini terdapat sedikit perbedaan, seperti Fog lamp masih dengan bingkai stylish pada ujung kanan dan kiri. Hanya saja, untuk tipe Sport dibuat lebih garang dengan mengusung konsep sport small hatchback.

Spesifikasi

Dimensi

Model city car ini memiliki dimensi dengan panjang body 3850 mm, lebar 1695 mm, dan tinggi 1530 mm. Bobot mobil Suzuki Swift mencapai 1060 kg dengan bagasi tidak cukup luas 204 liter. Jarak antara poros roda nya yaitu 2430 mm. mobil ini termasuk agak tinggi dengan ground clearance 170 mm.

Handling dan Suspensi

Mobil ini dibekali dengan rem depan front disk atau rem cakram yang bekerja dengan menjepit cakram yang dipasang di roda kendaraan, serta berfungsi untuk menggerakkan piston yang akan mendorong kampas rem.

Kemudian, untuk rem belakangnya menggunakan rear drum atau rem yang bekerja dengan menggesekkan sepatu rem dengan drum yang berputar sesuai dengan putaran roda kendaraan. Proses perlambatannya akan berjalan dengan baik tergantung dari sepatu rem.

Suspensi bagian depannya menggunakan MacPherson Strut yang berfungsi untuk meredam kejut pada poros kemudi atas. Sedangkan suspensi belakangnya menggunakan Torsion Beam Coil Spring yang memiliki kelebihan peredam kejutnya tidak begitu keras sehingga tetap nyaman saat berhenti mendadak.

Performa Mesin

Karena memiliki tipe yang berbeda, untuk urusan mesin dan performa di tiap tipenya juga agak berbeda, Suzuki Sport memiliki beberapa bagian yang lebih upgrade.

Mesin Suzuki Swift GS dan GX

Pada 2 tipe Suzuki Swift ini mesin yang digunakan adalah jenis K14B DOHC VVT dengan 4 silinder 16 valve. Kemudian, untuk kapasitas mesinnya mencapai 1.372 cc. Tenaga maksimal yang mampu dihasilkan adalah 95 PS pada putaran 6.000 rpm, kemudian torsi maksimal sebesar 130 Nm pada 4.000 rpm.

Untuk percepatannya bisa dilakukan setelah 148 detik dan kecepatan tertinggi bisa mencapai 155 km/ jam. Mesin pada mobil Suzuki Swift GS dan GS small hatchback ini termasuk mesin yang cukup bertenaga di kelas city car dengan kapasitas 5 penumpang.

Mesin Suzuki Swift Sport

Untuk mesin dari Suzuki Swift seri ini telah disematkan mesin dengan jenis K14C dengan 4 silinder dengan 16 katup dan 6 percepatan. Dengan menggunakan tipe mesin ini, Suzuki Swift Sport dapat menjadi city car dengan kapasitas paling besar di kelasnya yaitu 1.586 cc.

Baca Juga: 5 Penyebab Utama Terjadinya Ban Bocor

Dengan kapasitas dan tipe mesin tersebut, Suzuki Swift Sport ini menghasilkan tenaga maksimal sampai 160 Ps untuk 4.400 rpm putaran. Sedangkan untuk torsi bisa mencapai 160 Nm pada 4.400 rpm. Dibanding dengan kedua tipe lainnya, Suzuki Swift tipe sport ini pasti lebih cepat.

Konsumsi Bahan Bakar

Untuk Suzuki Swift tipe GS dan GX konsumsi bahan bakarnya adalah 1 liter bensin bisa digunakan untuk menempuh jarak 21,8 km dengan kecepatan 80km/ jam di jalan tol. Sedangkan Suzuki Sport lebih hemat dengan konsumsi 1 liter bensin untuk 32 km digunakan di jalan bebas hambatan.

Baca Juga: Cara Membersihkan Motor Agar Mengkilap

Itulah beberapa spesifikasi dan performa dari Suzuki Swift dengan berbagai tipe. Suzuki Swift benar-benar menunjukkan perkembangannya setiap meluncurkan varian baru dengan mesin yang lebih mumpuni dan konsumsi bahan bakar yang semakin irit.

Posting Komentar