Bagaimana Cara Membuat Video Pendek Yang Menarik Untuk Media Sosial?

Konten video semakin populer akhir-akhir ini dan menjadi lebih penting bagi algoritma media sosial.

Sebuah studi baru baru ini mengklaim bahwa menambahkan konten video yang menarik ke media sosial jaringan dapat meningkatkan pendapatan bisnis Anda hampir 49% setiap tahun.

Jenis konten ini membangun kesadaran merek dan terhubung dengan pelanggan, sehingga meningkatkan ROI.

Namun, membuat konten yang meninggalkan kesan abadi di benak audiens tidak sesederhana kedengarannya. Meskipun tidak ada formula yang sempurna untuk menghasilkan video yang bagus untuk media sosial, hal-hal tertentu dapat sangat membantu dalam mencapai kesuksesan.

7 Cara Membuat Video Pendek Yang Menarik Untuk Media Sosial

Cara Membuat Video Pendek Yang Menarik Untuk Media Sosial

Berikut adalah panduan untuk membuat video pendek yang menarik untuk media sosial untuk meningkatkan keterlibatan pemirsa.

1. Menentukan Jenis Konten

Sebelum masuk ke proses pembuatan video atau memilih editor video online, mari kita putuskan terlebih dahulu jenis konten yang ingin Anda tampilkan. 

Konten dapat berupa apa saja, baik itu video langsung, tutorial, pengumuman video, testimonial, atau apa pun di antaranya.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kembali konten berkinerja terbaik Anda untuk menarik perhatian audiens. Ide apa pun yang Anda pilih untuk didistribusikan, itu harus didasarkan pada audiens target Anda.

Konten apapun dapat diubah menjadi video sosial jika memenuhi tiga syarat berikut:

  1. Informasi dapat diringkas menjadi format satu menit.
  2. Ini memberi Anda kesempatan untuk grafis atau visual.
  3. Isinya harus mudah dipahami.

Selalu jelas tentang gagasan konten video pendek untuk menghasilkan hasil yang dipoles.

2. Pilih Orientasi Video Yang Benar

Dari potret, lanskap hingga persegi, dan layar penuh, ada beberapa orientasi yang tersedia untuk menangkap atau membuat video. Setiap opsi dilengkapi dengan serangkaian keunggulan, dan Anda harus memilih salah satu yang melengkapi jenis video yang Anda buat.

Meskipun format potret ideal untuk pengalaman yang mengutamakan seluler, orientasi persegi cocok dengan pengguna desktop dan seluler. Pilih orientasi video yang memberikan pengalaman bebas repot kepada audiens Anda.

3. Jaga Agar Video Tetap Pendek Dan Tajam

Panjang video media sosial adalah faktor penting lain yang tidak dapat Anda abaikan.

Menurut studi yang dilakukan oleh Hubspot, ukuran ideal video adalah sekitar 1-2 menit.

Namun, itu dapat bervariasi dari satu jaringan media sosial ke yang lain. Oleh karena itu, mohon informasikan tentang statistik ini sebelum benar-benar memposting video.

Studi lain dari Hubspot mengklaim bahwa 5% dari pemirsa umumnya berhenti menonton video setelah satu menit; oleh karena itu, cobalah untuk menyingkat seluruh informasi dalam format satu menit untuk membuatnya menarik. Selain itu, video pendek memiliki tingkat retensi yang lebih tinggi daripada video yang lebih panjang, sehingga lebih cenderung menarik perhatian pemirsa.

4. Jadikan Beberapa Detik Pertama Video Menonjol

Sebuah Penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa orang umumnya kehilangan konsentrasi setelah sekitar delapan detik. Oleh karena itu, wajib membuat beberapa detik pertama video Anda menarik untuk memikat perhatian mereka. Awal video Anda terutama menentukan apakah penonton akan menontonnya atau menggulir ke konten lain.

Sekarang, muncul pertanyaan - apa yang harus ditambahkan ke video untuk melibatkan pemirsa langsung? Itu bisa berupa pertanyaan yang menggugah pikiran, visual yang kuat, musik yang menarik perhatian, kutipan yang menginspirasi, atau pengait yang kuat.

Cobalah untuk memasukkan logo atau nama merek Anda ke dalam tagline sehingga pemirsa akan segera mengenali Anda dan mendapatkan petunjuk tentang apa yang ingin Anda sampaikan.

5. Bertujuan Untuk Pencahayaan Alami

Pencahayaan dapat membuat atau merusak video Anda, dan karenanya, tidak boleh diremehkan. Cahaya alami memberikan visual yang menakjubkan dan menambahkan dimensi edgy pada video.

Cobalah untuk membidik pada saat golden hour untuk memercikkan semburat warna merah, oranye, dan kuning pada video. Atau yang lain, Anda juga dapat menangkap bidikan menakjubkan di jam biru untuk menambahkan nada yang kaya, luar biasa, dan rasa ketenangan ke konten Anda.

Anda juga dapat bereksperimen dengan pemotretan pada hari berawan untuk membuat cahaya terlihat lebih lembut dan menyebar dengan sempurna.

6. Pilih Alat Pengeditan Video

Ide terbaik untuk konten video, orientasi sempurna, dan panjang yang benar hanya akan masuk akal jika Anda memilih editor video terbaik untuk mempersingkat bidikan yang tidak diinginkan.

Karena internet dibanjiri dengan pilihan yang tak terhitung banyaknya, memilih editor terbaik dapat menjadi tantangan. Disarankan untuk memilih opsi dan menggunakan template siap pakai dan banyak filter untuk mendapatkan hasil terbaik.

Alat ini memiliki antarmuka pengguna yang intuitif yang membuatnya mudah dinavigasi.

Selain itu, ini adalah pilihan ideal bagi mereka yang baru saja terjun ke dunia video dan tersedia secara gratis.

7. Fokus Pada Cerita

Menarik perhatian penonton sangat penting, tetapi menjaga mereka tetap terpaku jauh lebih penting. Tidak ada gunanya membuat video yang menarik penonton pada pandangan pertama tetapi tidak dapat menarik perhatian sepanjang video.

Video Anda tidak hanya harus terlihat bagus dan terdengar bagus, tetapi juga berbagi cerita menarik yang memiliki relevansi dan nilai. Karena pada akhirnya, yang paling penting adalah cerita yang Anda sampaikan daripada visual dan musik yang solid.

Bagian penceritaan harus menjadi inti dan beresonansi dengan merek dan audiens Anda untuk membangun koneksi. Video Anda harus menyampaikan pesan secara memadai untuk membangkitkan emosi pemirsa. Ini akan membawa video Anda ke tingkat berikutnya dan membantu menghasilkan hasil yang lebih baik.

Kesimpulan

Konten video sosial mendorong lebih banyak perhatian daripada teks dan gambar statis dan, oleh karena itu, harus dibuat dengan taktik yang ditentukan dan sangat hati-hati. 

Ingatlah bahwa kesuksesan tidak akan datang dalam semalam, dan Anda perlu menjaga kualitas dan konsistensi untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dari video Anda.

Apakah Anda baru mengenal konten video media sosial dan tidak yakin harus mulai dari mana?

Pilih alat yang tepat dan buat konten kelas profesional tanpa memerlukan pengalaman sebelumnya.