Skip to main content

Inilah Beragam Jenis Investasi untuk Para Millenials Sampai Baby Boomer

Investasi kini banyak dipilih oleh masyarakat karena dianggap lebih menguntungkan daripada hanya menyimpan uang di rekening tabungan saja.

Investasi menjadi instrumen keuangan yang bermanfaat di masa depan, bahkan pemilihan jenis investasi pun bisa disesuaikan dengan budget.

Baik generasi millennials maupun baby boomers bebas memilih salah satu jenis dari investasi yang mereka butuhkan.

Salah Satu Jenis dari Investasi Bisa Dipilih oleh Generasi Millenial Sampai Baby Boomer, Apa Saja Jenisnya?

Inilah Beragam Jenis Investasi untuk Para Millenials Sampai Baby BoomerGambar: Business vector created by pch.vector - www.freepik.com

Masyarakat dari generasi millennial sampai baby boomer banyak yang memilih investasi sebagai tabungan untuk masa depan.

Hal ini dikarenakan metode menyimpan uang di rekening tabungan dianggap sebagai metode konservatif dimana nilai uang cenderung terus menurun akibat adanya inflasi atau kenaikan harga barang.

Ada beragam jenis dari investasi yang bisa dipilih, antara lain :

1. Emas

Investasi emas merupakan jenis dari investasi yang banyak dipilih oleh para millennials maupun baby boomer.

Sepanjang tahun 2020 yang lalu, harga emas mengalami kenaikan yang terbilang cukup tinggi sehingga tidak heran jika banyak yang melirik investasi satu ini.

Investasi emas dianggap cukup menjanjikan untuk investasi jangka menengah dan panjang.

Generasi millennial lebih cenderung berinvestasi emas dalam bentuk emas batangan atau logam mulia, sedangkan generasi baby boomer lebih cenderung berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan.

Sifat emas sangat cair yang dapat diuangkan kapan saja terutama saat membutuhkan dana darurat.

2. Saham

Generasi millennials pasti tidak asing dengan investasi saham. Banyak sekali masyarakat dari generasi millennials yang mencoba mendapatkan peruntungan dari investasi ini.

Investasi saham menawarkan keuntungan yang paling tinggi dibandingkan dengan investasi lainnya. Akan tetapi, resikonya juga tergolong paling tinggi sebab harga saham sangat fluktuatif.

Generasi baby boomers yang lebih berhati-hati dalam pemilihan jenis investasi mayoritas tidak berani untuk mencoba investasi saham.

Karena generasi baby boomers cenderung memilih investasi dengan resiko rendah sehingga investasi saham tidak masuk ke dalam daftar investasi incaran mereka.

3. Asuransi

Investasi asuransi menjadi salah satu dari jenis investasi yang banyak dilirik oleh generasi baby boomer.

Mereka tidak berpikir panjang untuk menyimpan dana mereka dalam bentuk investasi asuransi karena investasi ini dapat memberikan jaminan perlindungan yang ada kaitannya dengan resiko.

Asuransi pun banyak macamnya, namun asuransi jiwa yang banyak dipilih.

Generasi millennial kurang tertarik dengan investasi asuransi. Biasanya generasi millennial yang menempatkan dana di investasi asuransi lebih diarahkan pada produk-produk unitlink yang bersifat gabungan asuransi jiwa.

Selain itu, generasi millennial juga lebih cenderung menempatkan premi ke reksadana dan juga saham sebagai pilihan perusahaan asuransinya.

4. Properti

Sebagian besar generasi baby boomer menempatkan dana mereka pada investasi properti.

Karena nilai properti cenderung terus mengalami kenaikan dan sulit mengalami penurunan sehingga generasi baby boomer menganggap investasi properti adalah investasi paling aman untuk mendapatkan keuntungan di masa depan sekaligus mengamankan nilai harta.

Harga properti akan cenderung naik hingga mencapai 10-15 persen per tahun. Investasi ini bisa berupa investasi apartemen, rumah, atau tanah.

Karena harga properti tergolong tinggi, maka generasi millennial tidak banyak yang menempatkan dananya pada investasi ini.

Oleh karena itu, baik generasi millenials maupun baby boomer akan memilih jenis investasi dengan menyesuaikan budget mereka.

Selain itu, pemilihan investasi juga dipertimbangkan dengan besarnya keuntungan yang akan diperoleh di masa depan dan juga tingginya resiko yang akan didapatkan.

Newest Post
Dapatkan rangkaian teks dan font unik untuk bio fb/post media sosial/caption/quotes mu agar tambah menarik dengan tools yang sudah ekotrimulyono.com siapkan secara gratis!