Mau Kuliah Jurusan Broadcasting? Pahami Ini Dulu

Ketika berbicara mengenai broadcasting, yang terbayang pasti dunia penyiaran TV maupun radio. Memang tidak salah, karena keduanya sangatlah berhubungan.

Jurusan Broadcasting mempelajari proses menciptakan dan mengemas suatu ide menjadi program untuk diproduksi dan disiarkan pada masyarakat melalui media massa. Pada program studi broadcasting, sobat akan mempelajari pengetahuan di depan layar dan di balik layar.

Sekedar informasi, untuk sobat yang mencari tahu lebih banyak tentang jurusan broadcasting kamu bisa berkunjung ke catatansibray.com. Sebelumnya di tahun 2019, catatansibray.com menyajikan tema dengan tagline "Seputar Media Komunikasi" yang membahas mengenai ilmu komunikasi.

Namun kini jika mengakses laman tersebut akan dialihkan pada topik pembahasan tentang media radio, televisi, dan sinematografi.

Pada bulan Januari 2021 situs catatansibray.com resmi bertransformasi pada tema "Argumentasi Jurusan Broadcasting". Apa artinya ?

Jika sobat mengakses pada website tersebut akan banyak informasi seputar radio, televisi, dan sinematografi dari sang penulis langsung seorang lulusan broadcasting yang akan memberikan ide-ide menarik untuk para broadcaster dan sineas muda.

Mengapa Perlu Memilih Jurusan Broadcasting?

Jurusan Broadcasting

Jurusan broadcasting sangat cocok untuk sobat yang memiliki jiwa komunikatif.N antinya sobat akan mendapatkan berbagai keahlian, seperti dasar – dasar wawancara, teknik vokal dasar, teknik kamera video dasar, teknik editing gambar dasar, teknik produksi dan editing audio dasar, serta pengenalan operasi master control room televisi.

Tidak hanya itu, dengan belajar broadcasting, kamu pun akan dibekali dengan berbagai pengetahuan. Seperti dasar – dasar ilmu komunikasi, membuat konsep program televisi dan radio, riset dan marketing televisi dan radio, perkembangan industri penyiaran, peraturan seputar penyiaran, teknologi yang digunakan dalam industri penyiaran, dan tentunya dasar – dasar jurnalistik.

Memilih jurusan broadcasting akan memberikan prospek kerja yang bagus, kamu dapat menjadi pembawa berita, tim creative, reporter, produser, script writer, sutradara, camera person, floor director, program director, penata cahaya, penata musik, editor, penyiar radio), dan masih banyak profesi yang berkaitan dengan broadcasting.

Lulusan Broadcasting Kerja Dimana?

Karir jurusan broadcasting akan cemerlang karena didukung dengan adanya banyak profesi yang berkaitan dengan jurusan ini, diantaranya adalah:

  • Pengajar Komunikasi
  • Teknisi Penyiaran
  • Teknisi Suara
  • Wartawan
  • Manajer Teknis Penyiaran
  • Penyiar Berita
  • Penyiar Televisi/Presenter/Pembawa Acara
  • Teknisi Perlengkapan Kamera dan Fotografi
  • Program Director
  • Operator Kamera untuk Televisi, Video, dan Film

Itulah alasan penulis catatansibray.com memilih topik jurusan broadcasting, Lulusan jurusan broadcasting akan mampu menjadi praktisi profesional di bidang kepenyiaran yang berwawasan pragmatis, berjiwa wirausaha, bersikap inovatif, kreatif, produktif dan memiliki kemampuan analitis.

Para alumni jurusan broadcasting akan dapat melakukan komunikasi pemasaran, dan mampu membuat strategi periklanan yang efektif di media publikasi.

Menyusun rencana kerja redaksi lembaga broadcasting yang sesuai dengan kaidah-kaidah kepenyiaran. Alumni jurusan broadcasting akan mampu mengolah bahan berita, dan menyajikannya di media massa cetak maupun elektronik.

Tapi balik lagi itu semua tergantung setiap individu. Yang menyukai dunia broadcasting tentu akan menyukainya, tapi jika tidak, tentu tidak akan bilang belajar broadcasting asik.

Jika kamu sudah yakin untuk masuk ke jurusan broadcasting, kamu akan menemukan keseruan belajar broadcasting. Apalagi, bagi kamu yang berniat untuk terjun di dunia pertelevisian atau radio.