Cara Menggunakan Google Drive Di HP Android

Bagaimana Cara Menggunakan Google Drive di Android?

Kalau ditanya bagaimana cara menggunakan Google Drive? Pada saat ini Google Drive juga sangat mudah digunakan pada smartphone yang kita miliki.

Yang penting kita memiliki paket data ya untuk bisa menggunakan semua fiturnya secara optimal termasuk menggunakan Google Drive untuk menyimpan file.

Namun supaya kalian lebih paham dengan cara menggunakan Google Drive di hp android ini, sebaiknya mulai simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Google Drive Dan Fungsinya?

Cara menggunakan Google Drive di Android

Secara singkat pengertian dan fungsi aplikasi Drive di Android adalah sebagai berikut:

Google Drive adalah sebuah layanan penyimpanan yang bisa digunakan secara online ataupun yang sering disebut cloud milik Google, Google Drive ini sendiri diluncurkan sejak April 2012 silam.

Dengan Google Drive, pengguna dapat menyimpan file melalui internet dengan sangat mudah dengan dibekali ruang gratis sebesar 15 GB, sehingga dokumen yang disimpan akan terjaga aman dan utuh (bisa di unduh lagi) selama masih bisa masuk kedalam akunya.

Selain bisa untuk menyimpan file di Google Drive Android ini, kalian juga bisa menggunakan Google Drive untuk mengirim filenya kepada orang lain ataupun yang lebih sering disebut dengan berbagi file.

Nanti di artikel berikutnya juga akan aku buatkan cara membuat link Google Drive, cara membuat folder di Google Drive untuk umum, dan tutorial Google Drive lainnya yang bisa mempermudah kalian dalam mengoprasikanya.

Dan karena cara ini sama saja dengan menggunakan Google Drive di laptop, maka aku akan memberikan 1 contoh saja yang lebih fokus pada penggunaanya di Android.

Baiklah sekarang pastinya telah paham dan tahu manfaat Google Drive, jadi mari kita bahas cara menggunakannya.

Begini Cara Menggunakan Google Drive Di HP Android

Sebenarnya informasi ini juga bisa kalian baca di pusat bantuan drive milik Google. Namun jika kalian ingin tahu lebih lengkap, silahkan simak baik-baik penjelasan berikut ini.

Membuka Google Drive

Sebutkan menu yang ada di Google Drive

Tentu saja langkah awal untuk membuat/menggunakan Google Drive ini kalian harus membuka aplikasinya terlebih dahulu. Jangan khawatir karena aplikasinya sudah ada di hp kalian, jadi tidak perlu install lagi.

Tidak perlu aku jelaskan cara login Google Drive pada hp android secara detail, karena biasanya akan masuk menggunakan akun Google yang sudah login di aplikasi gmail hp tersebut.

Upload File Dan Membuat Folder

Cara upload file ke Google Drive

Nah selanjutnya kalian bisa memulai untuk upload video ke Google Drive melalui hp tersebut ataupun file lainnya dengan cara klik ikon tambah ➕ pada bagian kanan bawah layar.

Setelah itu akan muncul beberapa pilihan lagi seperti buat folder, uplod, pindai, Google dokumen, Google spreadsheet, dan Google slide. Silakan pilih sesuai kebutuhan yang ingin kalian gunakan.

Jika membuat folder, maka folder tersebut dapat digunakan sebagai penanda ataupun tempat khusus bagi file supaya lebih gampang dikategorikan sebagaimana fungsi folder pada umumnya.

Kalau mau menyimpan video di Google Drive, menyimpan lagu di Google Drive, dan yang lainnya, maka kalian bisa memilih menu uplod untuk mengunggah berkasnya. Untuk fitur yang lainnya akan dijelaskan di artikel berikutnya.

Memindahkan File Dari Google Drive Ke Hp

Cara mengirim file ke Google Drive

Sama dengan cara memindahkan file dari Google Drive ke komputer, setelah kalian berhasil memindahkan file ke Google Drive lalu ingin menyimpanya lagi ke berkas maka bisa kalian download lagi filenya.

Untuk bisa menyimpan ataupun cara Google Drive download ini, kalian silahkan klik saja titik 3 di bagian kanan file yang sebelumnya sudah kalian uplod >> selanjutnya pilih saja yang download >> izinkan Google Drive mengakses penyimpan >> tinggal tunggu prosesnya selesai.

Baca Juga:
Cara Mengembalikan Aplikasi Yang Terhapus

Untuk sementara itulah yang bisa aku sampaikan dalam artikel cara menggunakan Google Drive bagi pemula ini yang sudah aku sebutkan menu yang ada di Google Drive juga, sehingga pastinya mudah untuk di pahami.

Namun jangan khawatir ya, nanti akan aku buatkan cara membuat Google Drive yang bisa diakses semua orang, cara Share link Google Drive Android, cara membuka Google Drive yang terkunci/yang tidak bisa dibuka, cara mengirim file (video/foto/aplikasi/tugas/dll) ke Google Drive lewat hp.

Baca Juga:
13 Aplikasi Kamera Yang Lagi Trend Sekarang

Pokoknya nanti aku akan bahas secara lengkap ya, karena memang Google Drive ini adalah solusi terbaik untuk menyimpan file di hp yang memorynya kecil.

Dan asal kalian ketahui, bahwa setelah berhasil menyimpan file di Google Drive pun kalian tetap bisa mengirim file dari Google Drive tersebut ke WhatsApp dan mengirim file ke Google Drive orang lain.

Pokoknya dengan mempelajari cara menggunakan Google Drive di Android ini kalian akan mendapatkan keuntungan yang sangat bermanfaat, jadi gunakanlah sebaik mungkin ya.