Pemanfaatan Augmented Reality untuk Keperluan Bisnis Online

Perkembangan Teknologi Memperlancar Bisnis Online - Kemajuan teknologi saat ini berkembang begitu cepat. Banyak bidang yang diuntungkan dengan adanya kemajuan tersebut salah satunya adalah dunia

Digital marketing kini semakin mudah dilakukan dengan memanfaatkan berbagai fasilitas yang tersedia. Salah satunya adalah layanan hosting murah dari Hostinger yang memfasilitasi para pelaku bisnis untuk beli hosting dan membuka website bisnis mereka.

Teknologi Augmented Reality

Augmented Reality

Kini muncul lagi jenis teknologi yang banyak dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis online. Disebut sebagai Augmented Reality atau AR, teknologi ini memberikan banyak perubahan yang begitu signifikan untuk dunia bisnis online. Berikut akan dibahas lebih jauh lagi mengenai konsep dari Augemnted Reality dan penggunaannya bagi kemajuan bisnis.

Mari kita mulai dari pengertian Augmented Reality terlebih dahulu. Teknologi AR ini merupakan fasilitas yang memungkinkan dunia fisik diperluas lewat tambahan informasi dari dunia digital. AR akan memberikan tampilan secara langsung kepada Anda lewat adanya tambahan informasi digital berupa video, suara, maupun grafik.

Baca juga:5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pedagang Online Shop

Teknologi AR akan mempermudah Anda untuk melihat sesuatu yang ditampilkan secara digital namun tampak nyata karena terlihat fisiknya. Teknologi ini akan mengubah persepsi realitas Anda ketika melihat suatu gambar digital yang ada di komputer maupun layar gawai lainnya.

Cara Kerja Augmented Reality

Dari penjelasan di atas, Anda mungkin berpikir bahwa AR ini memiliki konsep yang sama seperti VR. Namun, AR tidak mengganti seluruh tampilan asli menjadi digital. Anda juga tidak membutuhkan peralatan khusus seperti yang digunakan pada teknologi VR. Teknologi AR ini bisa didapatkan lewat beragam jenis perangkat mulai dari layar komputer, handphone, kacamata, dan lain-lain.

AR memanfaatkan teknologi Simultaneous Localizatin and Mapping atau SLAM. Teknologi ini dikombinasikan dengan sensor serta pengukur kedalaman. Dibutuhkan perangkat berupa kamera dan sensor yang akan memegang peran untuk mengeluarkan model 3D dari barang fisik.

Secara mudahnya teknologi Augemented Reality akan sangat mempermudah konsumen saat berbelanja. Lewat teknologi ini maka konsumen punya kesempatan untuk melihat produk yang akan dibeli dalam tampilan 3D. Konsep ini begitu menarik, bukan?

Manfaat Augmented Reality di Dunia Bisnis Online

Kemajuan bisnis online memang begitu pesat. Apalagi diiringi dengan penggunaan website yang memudahkan konsumen maupun pebisnis. Layanan hosting murah juga mempermudah pelaku bisnis untuk beli hosting terpercaya dan membangun website mereka sendiri. Lalu, apa jadinya jika ada teknologi Augmented Reality di dunia bisnis online Anda?

Berikut adalah beberapa manfaat yang akan didapatkan jika Augmented Reality diaplikasikan di dunia bisnis online.

1. Memberikan Kemudahan Pemaparan Informasi

Dalam dunia bisnis online, salah satu tantangan yang harus dihadapi adalah pemaparan informasi produk kepada konsumen. Sering dirasakan oleh para pebisnis bahwa menunjukkan detail produk kepada konsumen menjadi lebih sulit. Hanya difasilitasi oleh foto dan deskripsi produk, seringkali ada informasi yang tidak tersampaikan kepada konsumen.

Baca juga:Mengatasi Calon Pembeli Yang Banyak Tanya Tapi Tidak Jadi Membeli

Teknologi AR membuat proses pemaparan informasi produk ini menjadi lebih mudah. Para pelaku usaha bisa dengan mudah menunjukkan seperti apa rupa produk mereka. Detail produk juga bisa dilihat seolah-olah nyata oleh calon konsumen. Terobosan ini tentu mempermudah para pelaku usaha untuk berkomunikasi dengan konsumen mengenai detail produk yang mereka jual.

2. Mempermudah Konsumen

Teknologi AR akan sangat memudahkan para konsumen saat berbelanja. Anda mungkin juga sudah merasakan begitu banyak pengalaman berbelanja secara online. Bukankah sulit untuk melihat detail produk jika hanya lewat gambar 2D? Meskipun ada beberapa toko online yang memberikan pemaparan produk lewat video, namun tetap saja terasa kurang lengkap.

Bisnis online yang memanfaatkan teknologi AR sebagai media marketing-nya tentu akan lebih disukai para konsumen. Mereka bisa lebih mudah melihat produk yang akan dibeli dan memberi penilaian terhadap produk tersebut. Tak perlu mengunjungi tokonya secara langsung, konsumen bisa mendapat gambaran 3D produk tersebut lewat gawai mereka.

3. Meningkatkan Value Promosi

Saat ini ada begitu banyak strategi promosi yang bisa dilakukan oleh pelaku bisnis online. Kreativitas para pelaku bisnis sangat diuji dalam hal promosi ini. Pelaku bisnis online berlomba-lomba untuk menyajikan bentuk promosi yang menarik dan tentu saja efektif.

Baca juga:Teknik Jitu Meningkatkan Penjualan Online Shop!

Teknologi AR akan menjadi jalan bagi pelaku bisnis untuk bisa meningkatkan value promosi mereka. Aktivitas promosi jadi lebih menarik dan tentu ini akan menjadi nilai lebih di mata konsumen. Dari segi efektivitas, pemanfaatan teknologi AR sebagai media promosi juga cukup efektif. Konsumen tak lagi menebak-nebak seperti apa produk yang akan mereka terima.

4. Meningkatkan Brand Image

Salah satu cara merangkul banyak konsumen untuk bisnis Anda adalah dengan meningkatkan brand image. Tidak asal melakukan promosi namun penting sekali untuk membentuk image yang positif terhadap brand yang Anda miliki. Semakin baik image yang terbentuk dan tersampaikan kepada publik, maka akan semakin tinggi peluang keuntungan yang akan didapatkan.

Pemanfaatan teknologi AR akan sangat membantu mendongkrak brand image dari produk atau bisnis Anda. Teknologi ini akan meninggalkan kesan positif bagi publik. Bisnis yang Anda miliki bisa mendapatkan peningkatan grafik karena publik terkesan dengan cara promosi sekaligus brand yang Anda kembangkan.

5. Meminimalkan Risiko Return Barang

Ada banyak kasus salah beli yang dialami oleh masyarakat. Seringkali masyarakat tergoda dengan foto produk yang mereka lihat secara online. Namun, begitu barang tersebut dibeli dan sampai di tangan ternyata tidak sesuai harapan. Akhirnya, banyak orang yang kemudian memilih untuk return atau mengembalikan barang kepada tokonya.

Lewat adanya teknologi AR, maka risiko untuk return barang ini bisa diminimalkan. Jika angka return barang minimal maka pihak konsumen maupun pelaku usaha juga akan lebih diuntungkan. Tidak ada kerugian yang harus ditanggung akibat adanya return barang. Konsumen sudah bisa mendapatkan ekspektasi yang jelas lewat gambaran 3D yang disajikan oleh teknologi AR tersebut.

6. Meningkatkan Kepuasan Konsumen

Teknologi AR membantu konsumen untuk memahami jenis produk yang akan mereka beli. Baik dari segi warna, ukuran, bentuk, maupun detail produk lainnya. Hal ini akan membuat mereka punya gambaran yang jelas mengenai produk asli yang akan mereka terima. Pada akhirnya, konsumen akan merasa puas karena barang yang dibeli tidak jauh berbeda dengan ekspektasi mereka.

7. Meningkatkan Daya Jual

Jelas sekali bahwa teknologi AR ini diharapkan bisa membantu meningkatkan daya jual. Sebagai pelaku usaha, angka penjualan yang tinggi tentu menjadi pencapaian yang Anda inginkan, bukan? Teknologi AR akan mempermudah Anda mempromosikan produk, memfasilitasi konsumen untuk mengetahui detail produk, dan meningkatkan angka penjualan dari produk tersebut.

Baca juga:13 Aplikasi Kamera Yang Lagi Trend Sekarang, Terbaik Di Dunia

Itulah sedikit informasi mengenai penggunaan teknologi AR di dunia bisnis online. Namun, sebelum bisa menikmati teknologi ini maka Anda perlu bersiap dari sekarang. Persiapan yang perlu dilakukan adalah membuat wadah berupa website. Temukan layanan hosting murah kemudian beli hosting yang paling sesuai dengan kebutuhan website bisnis Anda.