Skip to main content

Apa Itu Customer Service, Peranya Dalam Bisnis ?

Jika sekarang adalah 10 tahun yang lalu, maka wajar ketika kalian tidak tahu apa itu customer service dan seperti apa peranya dalam sebuah bisnis.

Tetapi di era digital seperti saat ini, sebenarnya kalian sudah sering mendengar atau bahkan pernah mengobrol dengan mereka yang bekerja sebagai pelayanan pelanggan.

Namun jangan khawatir kalau memang belum paham, karena kebingungan kalian akan segera terpecahkan setelah membaca penjelaskan dibawah nanti. Dan seperti apa pengertian, hingga macam macam tugas/pekerjaan customer service di perusahaan, berikut ini penjelasannya.

Apa Itu Customer Service?

Apa Itu Customer Service?

Customer service atau dalam bahasa Indonesianya yang berarti layanan pelanggan adalah suatu layanan yang diberikan khusus oleh perusahaan untuk menjadi atau bertugas memberikan pelayanan kepada konsumen secara langsung baik lewat chat, telepon, dan bertatap muka.

Pelayanan tersebut untuk memudahkan para pelanggan jika tidak paham pada suatu layanan yang ada hingga menangani masalah yang lain, supaya pelanggan tersebut bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan ataupun menyelesaikan masalahnya.

Hal tersebut yang menjadi alasan pentingnya customer service untuk kelangsungan bisnis agar semakin baik dan lebih mendapatkan kepercayaan dari pelanggan ataupun konsumen.

Dan jika kalian adalah seseorang yang ingin menjadi customer service, sebaiknya pelajari lebih lanjut tentang pengertian dan tips-tips menjadi customer service yang baik sehingga bisa membuat konsumen nyaman dengan membaca informasinya di blog Catatan Si Bray.

Dalam blog tersebut memuat berbagai informasi yang lengkap untuk kalian belajar tentang pekerjaan layanan pelanggan hingga menjadi seorang CS professional.

Apa Tugas Dan Tanggung Jawab Customer Service?

Tugas dan tanggung jawab customer service tentunya akan berbeda-beda sesuai dengan keahlian kalian dan kebijakan dari perusahaan tempat kalian melamar pekerjaan.

Namun yang paling umum adalah jika menangani konsumen secara langsung ataupun bertatap muka, maka penampilan yang menarik dan kepribadian yang baik juga akan menjadi nilai tambah.

Karena seperti yang sudah dijelaskan diatas, pekerjaan customer service itu berhubungan dibagian depan dan menangani tamu. Maka selain pengalaman yang baik juga tutur sapa yang lembut akan membuat kalian ataupun perusahaan terlihat lebih profesional.

Namun jika kalian ditempatkan untuk melayani pelanggan yang datang dari media sosial ataupun live chat dan sejenisnya, biasanya skill dan pengetahuan adalah yang diutamakan (tidak bisa menjadi patokan).

Selanjutnya keahlian dan pada bagian apa yang sedang kosong akan menentukan tugasnya.

Misalnya saja dalam perusahaan tersebut mulai mendapat pelanggan dari luar negeri dan kalian paham bahasa asing, maka bisa saja kalian ditempatkan dalam posisi call center dan ditugaskan menangani pelanggan dari luar ataupun yang internasional.

Dan jika bicara mengenai tanggung jawab, maka akan ada resiko menjadi seorang customer service. Dimana jika kalian ceroboh dalam menangani masalah yang dihadapi pelanggan, maka nama baik perusahaan akan dipertaruhkan.

Maka dari itu, jika sebelumnya kalian belum memiliki pengalaman jadi customer service sebuah perusahaan, langkah awal yang harus kalian ambil adalah dengan mempelajari kiat-kiat terbaik untuk memulai pekerjaan pelayanan pelanggan di blog rekomendasi mimin yaitu catatansibray.com.

Bagaimana Menjadi Seorang Customer Service Yang Baik?

Hal paling dasar yang diharapkan bos kalian tentunya adalah kenyamanan pelanggan, sehingga dia mempekerjakan kalian menjadi customer service untuk menangani keluhan mereka.

Maka dari itu, saat kalian bingung mau mulai dari mana saat pengen menjadi seorang customer service yang baik, maka cobalah terus memahami keinginan dan kebutuhan pelanggan sehingga mereka nyaman dan puas mendapatkan jawaban ataupun pelayanan dari kalian.

Dan saat kalian bingung untuk mencari informasi dan tips supaya menjadi lebih baik lagi, maka catatansibray.com adalah jawabannya.

Artikel seputar pelayanan pelanggan, dan segala tips tentang customer service yang disediakan mas Brian Setiawan Sagala sebagai pemilik blog catatansibray.com memang sangat lengkap dan diulas scara mendalam.

Sehingga kalian bisa belajar banyak hal dari sana, yang kemudian dapat diterapkan dalam pekerjaan kalian dan bisnispun berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Namun ada hal yang harus di ingat, mau customer service bank, customer service rumah sakit, perusahaan dan apapun itu intinya sama. Yaitu kalian akan berinteraksi langsung dengan berbagai watak, gender, suku, tingkat mood pelanggan yang berbeda-beda.

Sehingga jika kalian tidak benar-benar belajar bagaimana caranya menjadi seorang customer service yang baik, bisa-bisa pelayanan yang kalian berikan tidak optimal dan hal tersebut bisa berdampak pada karir kalian.

Penutup

Demikian rangkuman informasi seputar apa itu customer service dan beberapa penjelasan singkatnya. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, silahkan kunjungi catatansibray.com ya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar