Skip to main content

Cara Membuat Gmail Di Handphone, Panduan Pemula

Kebutuhan setiap orang untuk urusan email memang beragam, ada yang membuat akun baru karena lupa kata sandi email, ada juga yang membuat untuk keperluan lainnya. Dan untuk apapun, artikel ini akan menuntun kalian dalam proses membuat Gmail di handphone yang bisa dilakukan dalam beberapa langkah saja.

Sebenarnya ada dua metode yang bisa kalian gunakan untuk membuat email di hp, yaitu:

[1] Membuat Gmail baru dari browser. Metode ini seperti membuat email di laptop ataupun pc. Karena tidak akan dijelaskan secara rinci, maka mimin kasih gambaranya saja. Jika ingin menggunakan metode ini, kalian tinggal masuk ke Google dan lakukan pencarian www.gmail.com new account ataupun Gmail sign in new account dan pilih hasil yang paling atas kemudian ikuti instruksi dan isi data yang diminta.

[2] Membuat email baru di hp dengan aplikasi Gmail. Nah artikel ini akan menjelaskan langkah-langkah membuat email di gmail yang lebih simple karena nantinya kalian dapat mengirim maupun menerima email menggunakan aplikasi resminya tanpa harus login akun Google lagi.

Namun meskipun demikian, terkadang ada juga orang yang mengalami kesulitan dalam proses pendaftaran. Lah kenapa hal tersebut bisa terjadi min? Berikut ini penjelasan singkatnya.

Kenapa Susah Bikin Akun Google?

Alasan paling umum terjadinya kesulitan proses pendaftaran adalah karena kalian membuat akun Google secara spam, ataupun 1 orang membuat email yang banyak di dalam 1 hp.

Meskipun sebenarnya jika kalian membuat lebih dari 1 akun yang bertujuan untuk membedakan email pribadi dan email kerja itu diperbolehkan, namun tentunya harus dalam batas yang wajar.

Kesimpulan diatas bukan hanya opini mimin, namun juga telah tanyakan oleh pengguna dan telah dijawab oleh pakar produk gold di komunitas Google.

Maka dari itu sebelum mendaftar sebaiknya baca dulu persyaratan layanan Google dan lihat juga kebijakan produk Google supaya semua proses baik saat registrasi maupun penggunaan email dapat berjalan dengan baik dan juga akses akun Google tidak bermasalah.

Bagaimana Contoh Alamat Email?

Masa iya sih mau buat tapi enggak tahu seperti apa emailnya ketika sudah jadi, kan enggak lucu tuh.

Dan harusnya sih kalian sudah paham, karena sejak pertama kali membeli hp pun diharuskan menggunakan akun Google. Bahkan setelah kita reset telepon juga ada sebuah peringatan untuk login seperti hp baru lagi, yang kurang lebih seperti ini "Untuk menggunakan ponsel ini terlebih dahulu Anda harus masuk ke akun Google".

Namun karena biasanya proses awal tersebut ditangani pemilik toko, banyak orang yang bahkan tidak paham seperti apa cara buat email dan password juga contoh yang sudah jadi.

Nah jadi alamat email yang akan kita buat nanti itu pasti akan berakhiran @gmail.com.

Meskipun kalian membuat email di laptop, membuat email di hp advan, bikin email di hp vivo, buat email baru lewat hp Samsung, membuat akun di laptop Lenovo, laptop asus, membuat email di hp Vivo Y12, dan semua perangkat lainya pun akhiran emailnya pasti akan tetap sama.

Misalnya seperti ini inialamatemail@gmail.com.

Dan pada bagian inialamatemail, itu bisa kalian buat sesuai dengan keinginan. Yang terpenting masih tersedia dan selama menggunakan tanda baca yang valid.

Nah karena sudah paham perihal diatas, selanjutnya kita akan masuk ke langkah demi langkah daftar email baru beserta gambarnya.

Begini Cara Membuat Gmail Di Handphone, Mudah Banget Kuy 🔥

  • Langkah awalnya adalah kalian harus masuk terlebih dahulu ke aplikasi Gmail. Karena aplikasi ini sudah menjadi bawaan hp, maka kalian pun tidak perlu mendownload lagi untuk membuat email baru.Cara membuat email
  • Langkah selanjutnya adalah dengan mengklik bagian foto profil yang berbentuk bulat seperti gambar berikut.Cara buat email dan password
  • Cari dan klik tambahkan akun lainya untuk memulai buat email baru lewat hp.Buat email dari HP Langsung Jadi
  • Terdapat beberapa pilihan layanan email, dan tentu saja pilih yang Google karena kalian akan membuat akun Google baru.Cara membuat Gmail baru
  • Selanjutnya kalian akan diminta untuk mengaktifkan pola kunci layar hp untuk keamanan dan memastikan yang akan membuat Gmail baru itu adalah pemilik resmi smartphone tersebut. Karena layar pola tidak bisa di screenshot berikut ini gambar setelah berhasil membuka pola.langkah-langkah membuat email di gmail
  • Selanjutnya pilih buat akun dibagian kiri bawah.Download email baru
  • Silahkan pilih sesuai tujuan kalian membuat email baru, karena mimin biasanya untuk diri sendiri maka mimin pilih yang untuk diri sendiri.Cara membuat email di laptop
  • Selanjutnya silahkan masukan nama depan dan nama belakang akun Gmailnya sesuai dengan nama kalian, nama ini yang akan muncul ketika kalian berkomentar di video youtube dan lainnya. Jika sudah silahkan klik berikutnya.Cara membuat akun Google
  • Langkah berikutnya adalah dengan memasukkan tanggal, bulan, tahun lahir dan kemudian jenis kelamin yang sesuai dengan kalian. Usahakan mengisi dengan benar, supaya nanti jika tidak bisa masuk dan ingin memulihkan akun akan lebih mudah. Jika sudah silahkan klik berikutnya.Login Gmail baru
  • Di halaman selanjutnya kalian diberikan 2 pilihan alamat email yang dibuat secara otomatis oleh Gmail sesuai nama kalian. Namun karena otomatis, biasanya kurang tepat dan ada yang kepotong. Maka dari itu silahkan klik yang buat alamat Gmail Anda sendiri yang kemudian muncul kolom dan silahkan tuliskan alamat email yang diinginkan kemudian klik berikutnya. Jika alamat email tidak tersedia, silahkan ganti dengan nama yang lain karena itu menandakan alamat tersebut sudah digunakan oleh orang lain.Cara membuat email dengan nomor HP
  • Selanjutnya silahkan masukan kata sandi yang kuat dan konfirmasi di kolom bawahnya. Sebaliknya menggunakan perpaduan karakter, huruf besar, dan angka. Misalnya #&3@Tjkmv63_, namun jangan lupa dicatat di notepad supaya jika lupa masih ada salinanya.Cara membuat Gmail di HP
  • Di halaman selanjutnya kalian di minta untuk memasukkan nomor hp. Jika ingin memasukanya silahkan klik ya saya ikut, namun bisa juga di isi belakangan dengan cara mengklik lewati.Buat email baru lewat HP
  • Di halaman selanjutnya silahkan tinjau alamat emailnya dan jika dirasa sudah cocok dengan angan-angan klik saja berikutnya.Cara Membuka kotak masuk Gmail di hp
  • Di halaman selanjutnya kalian diminta untuk membaca kebijakan Google, silahkan baca terlebih dahulu supaya kalian paham dengan aturan yang ada. Kemudian jika sudah silakan klik saya setuju.Cara membuat email di HP
  • Sampai di sini kalian sudah berhasil buat email dari hp langsung jadi, namun jika di aplikasi ada email lain maka tidak akan otomatis terbuka email yang baru. Dan untuk berganti akun, silahkan klik foto profil lagi.Login Gmail baru
  • Kemudian cari dan klik alamat email yang baru saja dibuat, tenang saja karena kalian tidak perlu login ke email.Cara registrasi Gmail
  • Yeee akhirnya proses membuat akun google baru lewat hp telah selesai dan berhasil.Cara bikin akun Gmail

Tips Menjaga Keamanan Gmail Setelah Berhasil Membuatnya Di Hp

Silahkan baca dengan sesama cara cepat buat email diatas supaya kalian bisa melakukannya dengan benar dan berhasil.

Mendaftar email lewat hp Android memanglah sangat mudah, namun jangan sampai kemudahan tersebut membuat kalian lalai dengan keamanan akun.

Sebaiknya lakukanlah pencegahan dengan menggunakan nomor telepon dan juga memasukkan alamat email pemulihan. Supaya jika terjadi sesuatu masalah login dapat dengan cepat diatasi.

Pada saat membuat email untuk diri sendiri pun jangan mudah digunakan untuk login ke berbagai layanan, apalagi link yang tidak jelas.

Jika memang perlu, maka silahkan buat email yang lain yang memang untuk digunakan login ke layanan tersebut.

Intinya, keamanan Gmail itu sudah sangat luar biasa. Namun tidak menutup kemungkinan diambil alih oleh orang jika kalian sembrono sign up ke berbagai tempat yang tidak aman.

Jangan mudah pula memasukan email di link yang tiba-tiba meminta akses alamat email dan password. Biasanya ada juga yang mengincar Gmail kalian dengan cara inbox dan menawarkan uang atau sejenisnya.

Namun bukan berarti setiap ada kotak masuk di akun Gmail kalian dan menginginkan kerja sama yang memberikan imbalan uang itu scam ya.

Yang penting ketahui siapa pengirimnya, dari brand apa dan resmi atau tidak. Yang pasti sebisa mungkin hindari inbok yang memberikan link untuk kalian login dengan akun Gmail yang baru saja kalian buat lewat hp tersebut ataupun di akun kalian yang manapun.

Karena jika memang itu adalah email phi***g, kalian tidak akan mendapatkan notifikasi login dan tiba-tiba tidak bisa login ke akun Google di hp kalian lagi.

Bahkan jika akun kalian sudah di ganti password beserta email pemulihanya, maka tidak ada lagi tombol tab kode keamanan untuk melakukan reset password.

Maka dari itu, sayangilah data kalian dengan tidak ceroboh dalam penggunaanya.

Terimakasih sudah membaca cara membuat gmail di handphone sejauh ini, membantu kalian itu memang prioritas artikel ini.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar