Skip to main content

Niat Buka Puasa Ramadhan Yang Benar

Setelah membahas niat sahur, kali ini mari kita bahas niat buka puasa ramadhan yang benar.

Sejak kecil saat di bangku sekolah dasar kita semua telah di ajarkan doa berbuka puasa. Saat mengaji juga biasanya kita di ajarkan doa-doa terkait puasa ramadhan.

Namun sebagai manusia biasa seringkali kita lupa dan di karenakan telah lama tidak mengamalkannya membuat kita ragu apakah doa yang di hafal ini benar atau tidak.

Nah maka dari itu di sini saya menuliskan doa buka puasa kembali untuk memudahkan Anda yang kebetulan lupa dengan doanya.

Setelah kita hafal doa sahur dan buka puasa, maka berarti kita telah siap untuk melaksanakan ibadah puasa di bulan suci ramadhan.

Dan inilah niat/doanya.

Niat Buka Puasa Ramadhan Yang Benar

Niat Buka Puasa Ramadhan Yang Benar 


  • Niat/Doa Berbuka Puasa Arab
اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

  • Niat/Doa Berbuka Puasa Latin
“ALLAHUMMA LAKASUMTU WABIKA AAMANTU WA’ALAA RIZQIKA AFTHORTU BIROHMATIKA YAA ARHAMAR ROOHIMIIN”.

  • Arti Doa Berbuka Puasa
“Ya Allah, untuk-Mu atau karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, dan atas rezeki-Mu aku berbuka, dengan rahmat-Mu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih”.

Di atas adalah doa berbuka puasa arab dan artinya yang benar, yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan ibadah puasa ramadhan. Juga bisa di ajarkan kepada anak, adik, saudara, teman, bahkan orang lain yang belum mengerti dan hafal.

Niat puasa ramadhan yang benar jika di ajarkan kepada orang lain maka akan lebih berguna bagi orang tersebut dan kita mendapatkan amal ibadah.

Semakin banyak kita mengajarkan suatu ilmu kebaikan maka semakin berkah suatu ilmu tersebut.

“Barangsiapa menjadi pelopor suatu amalan kebaikan lalu diamalkan oleh orang sesudahnya, maka akan dicatat baginya ganjaran semisal ganjaran orang yang mengikutinya dan sedikitpun tidak akan mengurangi ganjaran yang mereka peroleh. Sebaliknya, barangsiapa menjadi pelopor suatu amalan kejelekan lalu diamalkan oleh orang sesudahnya, maka akan dicatat baginya dosa semisal dosa orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi dosanya sedikit pun.” (HR. Muslim no. 1017)

Dan ketika kita sudah hafal niat buka puasa, sebaiknya jangan lupa untuk mengamalkannya ketika sudah di bulan ramadhan yang penuh ampunan.

Dari Mu’adz bin Zuhrah, sesungguhnya telah sampai riwayat kepadanya bahwa sesungguhnya jika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berbuka puasa, beliau membaca (doa), "Allahumma laka shumtu wa ‘ala rizqika afthortu-ed" (ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rezeki-Mu aku berbuka).

Maka dari itu ketika kita sudah siap untuk melaksanakan puasa ramadhan, sebaiknya juga siap untuk mengamalkan doa-doa nya. Dan cukup sekian untuk niat buka puasa ramadhan yang benar, semoga menjadikan Anda mantap untuk melaksanakan ibadah dan dengan iklas menjalaninya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar