Skip to main content

Kata Kata Mutiara Bahasa Jawa, Rekomended Paling Njawani

Kata mutiara bahasa jawa ini adalah sebuah sarana untuk menunjukan bahwa kita sudah dewasa dan bisa mengucapkan kalimat yang berbobot.

Di samping itu, sebagai orang jawa asli kita tentunya tidak boleh melupakan bahasa daerah kita, meskipun saat ini kita sedang hidup di era modernisasi.

Tapi, walaupun demikian bukan orang jawa pun boleh menggunakan kata-kata berikut ini, karena saat ini banyak orang dengan suku lain yang mampu berbahasa jawa bahkan bahasa yang halus, sungguh luar biasa dan mengagumkan.

Kumpulan Kata Mutiara Bahasa Jawa Dan Artinya 


Kata Mutiara Bahasa Jawa

Karena kata-kata ini begitu banyak penjabaranya, saya telah memisahkan pada topik-topik yang berbeda sesuai dengan apa yang ingin Anda baca.

Berikut ini merupakan kata-katanya yang sangat lengkap.

1. Kata Mutiara Bahasa Jawa Lucu


Pengen belajar dadi cah lanang playboy, tapi jek di celok "hai" karo cah wedok ae aku mlayu golek lifeboy. (Pengen belajar jadi cowo playboy, tapi madih disapa "hai" sama cewe cakep aja langsung lari nyari lifeboy.)

Adewe ki kudu sayang karo makhluk seng urep, adewe yo kudu sayang karo kewan, mergone kewan koyo pitek kui enak. (Kita harus menyayangi semua makhluk hidup, kita juga harus menyayangi binatang, karena binatang termasuk ayam itu enak.) 

Latihan gae adewe sempurno, tapi perasaan ora enek mahluk seng sempurna ki, dadi ngopo kok susah latihan. (Berlatih membuat kita menjadi sempurna, tapi tidak ada manusia yang sempurna, jadi buat apa kita susah payah berlatih.) 

Lereno nek nuntut ilmu, mergo ilmu kui gak salah. (Berhenti lah menuntut ilmu, karna ilmu itu tidak bersalah.)

Ojo urep bergantung uwong lio, ojo mneh bergelantungan neng wet karo mangan pisang. (Janganlah kamu hidup bergantung pada orang lain, apa lagi bergelantungan di pohon sambil ngunyah pisang.) 

Baca Juga: Kata Kata Romantis Bahasa Jawa Buat Pacar 

Ngerokok kui ora nyebabke kangker, saket jantung, gangguan wayah meteng, janin, asal ora di sumet. (Merokok itu tidak menyebabkan kangker, serangan jantung, gangguan kehamilan, dan janin. Selama tidak di bakar.) 

2. Kata Mutiara Bahasa Jawa Halus


Teng ngandap langit seng sami, tiang-tiang kesah nganggepipun deweke benten. (dibawah langit yang sama, orang-orang berpisah karena menganggap dunia mereka berbeda.) 

Baca Juga: Kata-kata Cemburu Bahasa Jawa Dan Artinya 

Njenengan niku seng kulo sebut kebahagiaan, nggih nopo seng kulo suwon kaleh gusti ALLAH. (Kamu adalah apa yang aku sebut kebahagiaan, dan apa yang paling sering aku pinta pada ALLAH.) 

3. Kata Mutiara Bahasa Jawa Tentang Cinta 


Ojo nyakiti wong seng nresnani awakmu, mergo dee kui hal seng paling berharga neng urepmu. (Jangan sakiti orang yang mencintaimu, karena dia adalah hal yang paling berharga di hidupmu.) 

Baca Juga: Kata Kata Mutiara Bahasa Jawa Lucu 

Tresno ora bakal nuntut seng sempurno, tresno bakale nerimo, ngerteni, gelem ngorbanke opo wae. Mergo kudune tresno kui gae awakmu seneng uduk e sengsoro. (Cinta tidak akan menuntut kesempurnaan, cinta akan menerima, memahami, rela berkorban. Karna seharusnya cinta membuatmu bahagia bukan tersiksa.) 

Angger dee milej ge lungo, dadi ojo ngemis ge leren, angger dee gak iso nerimo kowe opo enenge, dadi goleki seng iso. (Jika dia memilih tuk tinggalkan, maka jangan memohon untuk bertahan, jika dia tidak bisa menerima kamu apa adanya, maka temukan yang bisa.) 

Sopo ae pinter ngayati tresno, tapi gak enek sijio wong seng iso mbiji tresno mergo tresno kui uduk barang seng iso di delok ge moto. Kewalikane tresno gor iso di rasakne ge ati lan roso. (Siapapun pandai menghayati cinta, tapi tidak seorang pun pandai menilai cinta karena cinta bukanlah suatu objek yang bisa dilihat oleh kasat mata. sebaliknya cinta hanya dapat dirasakan melalui hati dan perasaan.) 

Baca Juga: Kata Kata Marah Bahasa Jawa 

Tompo dee seng mbok tresnoni gak perlu cemburu karo wayau biene, mergo saiki gek mengko kui weamu. (Terima dia yang kamu cintai tidak perlu cemburu dengan masalalu, karena kini dan masa depannya adalah milikmu.) 

Angger sampean ketemu wong seng istimewa, sampean bakal reti jantunge sampean geter luweh cepet gek sampean moro-moro guyu dewe. (Ketika anda bertemu seseorang yang istimewa, Anda akan tahu jantung anda akan berdenyut lebih cepat dan anda akan tersenyum tanpa alasan.) 

4. Kata Mutiara Bahasa Jawa Tentang Sahabat


Konco kentel sereng ngewei masalah, tapi jenenge kekoncoan kui pasti iso ngrampungne masalah kui, gek urep bebarengan. (Persahabatan sering menyuguhkan beberapa cobaan,tetapi persahabatan sejati bisa mengatasi cobaan itu bahkan bertumbuh bersama.)

Konco kentel kui koyo lintang, kadang ora ketok tapi sejatine tetep enek. (Sahabat itu layaknya bintang, terkadang tidak selalu terlihat,tetapi selalu ada.) 

Elek e awaku kui apik e koncoku, apike aku kui tunggale apik e koncoku. (Kelemahan diriku adalah kelebihan sahabat ku, kelebihan dariku adalah bagian dari kehebatan sahabatku.) 

Aku gampang nesu koyo squidward, kadang aku yo karepe dewe koyo pak krab, kadang aku gobl0k koyo patrick, tapi aku bakal enek terus ge kowe koyo spongebob. (Aku mudah marah seperti squidward, kadang aku juga egois seperti tuan krab, kadang aku tol0l seperti Patrick, tapi aku akan selalu ada untukmu seperti spongebob.) 

Baca Juga: Kata Kata Nyindir Teman Bahasa Jawa Paling Mendasar 

Kekoncoan kui uduk seng iso mbok pelajari neng sekolah. Tapi nek kowe ugong mahami maknane, mesti kowe ugong sinau blas. (Persahabatan bukanlah sesuatu yang bisa kau pelajari di sekolah. Tapi kalau kau belum belajar memahami maknanya, maka kau belum belajar apapun.) 

Konco kentel kui seng mesti ngomongi wayah adewe salah, meski karo bahasane seng konyol, tapi mandes neng adewe. (sahabat adalah seseorang yang selalu menasehati kita ketika kita salah, walau dengan bahasanya yang konyol,namun berarti bagi kita.) 

Konco kentel, ora bakal ninggalke kowe dewe. (sahabat sejati, tidak akan pernah meninggalkanmu sendiri.)

Duwet iso di goleki, emas iso di goleki, cewek iso di goleki, tapi konco kentel panggah ngancani wayah kabeh duit, emas cewek wes lungo kabeh. (Uang bisa di cari,emas bisa di cari, pacar bisa di cari, tetapi sahabat sanggup menemani di saat semua uang, emas, dan pacar tak ada lagi.) 

Gek wayah kerine, konco kentel siji siji bakale lungo, emboh ge cita-cita, cerito tresno, opo ge ngemvangke awake. (Dan pada akhirnya, sahabat satu persatu akan pergi, entah untuk cita-cita, cerita cinta ataupun kemajuan diri.) 

Konco kentel kui njogo koyo bapak, nyayangi koyo mamak, ngrungokne koyo koyo yayuk, gek ngerteni koyo adek. (Persahabatan itu melindungi seperti ayah, menyayangi seperti ibu, mendengar layaknya seorang kakak,dan mengerti layaknya seorang adik.)

5. Kata Mutiara Bahasa Jawa Tentang Kehidupan


Urep kui koco, bakar balekne karo seng mikir opo seng dee piker. (Hidup adalah cermin,dan akan merefleksikan kembali kepada para pemikir mengenai apa yang mereka fikirkan.) 

Seng paling penting kui menikmati urep, dadi seneng opo ae seng teko. (Hal yang paling penting adalah menikmati hidupmu, menjadi bahagia apapun yang terjadi.) 

Aku uwes pernah ngerasakne paite urep, gek paling pait kui ngarep karo menungso. (Aku sudah pernah merasakan semua kepahitan dalam hidup, dan yang paling pahit ialah berharap kepada manusia.) 

Apik e urep kui koco ne masa depan. (Keindahan hidup adalah cerminan masa depan.) 

6. Kata Mutiara Bahasa Jawa Tentang Lingkungan


Urepo awakmu karo menungso, alam, kewan, koyo uwet seng buah, enek seng balangi karo watu, tapi dee balese karo buah. (Hiduplah kamu bersama manusia, alam, hewan, sebagaimana pohon yang berbuah, ada yang melemparinya dengan batu, tetapi ia membalas nya dengan buah.) 

7. Kata Mutiara Bahasa Jawa Tentang Sabar


Angele koyo opo adewe arep sabar, nerimo kenyataan seng ikhlas lan karep mikir ayem, kabeh panggah ae adewe lakoni asal adewe yakin angger adewe iso nglakonine. (sesulit apapun kita untuk berlaku sabar, menerima kenyataan dengan ikhlas dan senantiasa berpikir tenang, semua itu tetap bisa kita lakukan selama kita yakin bahwa kita bisa melakukan nya.) 

Abote koyo opo cobaan seng adewe tompo, sakite koyo ngopo wae koreng seng adewe rasakne panggah karep sabar gek ojo ngeroso nggeget opo meneh dendam. (Seberat apapun cobaan yang kita terima, sesakit apapun luka yang kita rasakan pasti untuk senantiasa sabar dan jangan pernah merasa geram apalagi dendam.) 

Panggah sabar, seng di enteni bakal teko wujod pasti ge wong-wong sabar. (Tetaplah sabar, penantian akan datang dalam bentuk kepastian untuk orang-orang yang sabar.) 

Sabar lan iklad kui dalan seng paling penak ge seneng. (Sabar dan ikhlas adalah jalan termudah menuju kebahagiaan.) 

Panggah guyu meski kadang wes ra semangat, tetep sabar ben urep iki ayem. (Tetap tersenyum meski kadang semangat pernah lelah, tetap sabar agar hidup ini tenang.) 

Sepiro gedine cobaane, adewe lakoni karo sabar lan ikhlas. (Seberapa besar masalah, kita hadapi dengan sabar dan ikhlas.) 

8. Kata Mutiara Bahasa Jawa Tentang Kerja Keras


Mumpung ijek nom podo nyambut gaweo, mengko wes tuo nyesel. Karepe pengen kerjo rogone wes suloyo. (Selagi masih muda kerjalah, nanti sudah tua menyesal. Inginya bekerja keras tapi raga sudah tidak mampu.) 

9. Kata Mutiara Bahasa Jawa Ojo Dumeh 


Urep iki hampa nek adewe ngisine karo dosa, ojo dumeh jek nom emoh ngibadah, rejeki, jodoh, pati, kui gak enek seng reti wes garise gusti ALLAH. (Hidup ini akan hampa jika kita mengisinya dengan dosa, jangan mentang-mentang masih muda malas beribadah, rezeki, jodoh, mati, itu tidak ada yang tau, sudah di gariskan oleh ALLAH.) 

10. Kata Mutiara Bahasa Jawa Tentang Mencari Ilmu 


Ilmu kui ibarat awakmu mlaku sangu duwet, ndelalah neng dalan enek warong gek awakmu luwe, jnenge wes gowo duwet yo gari tuku segone. Podo wae ilmu yo ngono. (ilmu itu ibarat kamu berjalan membawa uang, pas di jalan ada warung dan kamu lapar, karena sudah membawa uang ya kamu beli nasi. Samq dengan ilmu ya seperti itu.)

11. Kata Mutiara Bahasa Jawa Islami


Wong urep kui sawang sinawang, nyawang kae ra tau sholat, nyawang kae sholat e bolong-bolong. Tapi enek e yo gor nyawang uwong, ra gelem nyawang awake dewe seng ugong gelem sholat. (Orang hidup itu hanya bisa melihat, melihat dia tidak pernah sholat, melihat dia sholatnya tidak teratur. Tapi adanya ya hanya melihat orang, gak mau melihat dirinya sendiri yang belum mendirikan sholat.) 

Kabeh ki rencana ne Allah, adewe gor iso dungo karo kerjo seng sabar lan ibadah seng iklas karo wenehane ALLAH. (Semua adalah rencana Allah, kita hanya bisa berdoa dan berusaha dengan sabar ibadah serta ikhlas akan kehendak-NYA) 

Hmmm... Bagaimana? Sungguh lengkap bukan kata-kata di atas. Anda tinggal memilih yang mana yang ingin di gunakan dan yang cocok dengan hati Anda.

Apakah boleh untuk status whatsapp dan update status fb?

Boleh saja kok, silahkan gunakan untuk postingan facebook Anda agar mendapatkan banyak like dan Anda akan di puji oleh teman-teman karena mengucapkan kata-kata mutiara.

Terimakasih sudah membaca kata mutiara bahasa jawa sejauh ini, semoga bermanfaat ya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar