Kata Kata Cinta Bahasa Jawa Halus Dan Artinya ๐Ÿ”ฅ

Bahasa jawa merupakan bahasa daerah yang memiliki beberapa perbedaan mulai dari daerah lokasi masing-masing orang jawanya, juga di bedakan dari kegunaanya. Seperti bahasa yang di gunakan sehari-hari, bahasa halus untuk orang yang lebih tua, juga bahasa krama inggil untuk acara tertentu saja.

Nah kali ini mimin akan memberikan yang bahasa jawa halus versi bahasa yang saya gunakan untuk berbicara kepada orang tua dan orang-orang penting.

Jika Anda ingin menggunakanya, kata-kata berikut ini bisa pahami dengan mudah karena saya juga mencantumkan terjemahan ataupun artinya.

Inilah Kata Kata Cinta Bahasa Jawa Halus Dan Artinya 


Kata kata cinta bahasa jawa halus dan artinya

Aluse sanjangane njenengan damel kulo tresno lan sayang. (Kelembutan tutur sapamu membuat cinta dan sayang.) 

Jenengan niku kados wulan ing wayah wengi, nyoroti radosan seng peteng. (Kamu itu seperti bulan di malam hari, menyinari jalan yang gelap.) 

Kulo mboten ngertos wancine kulo di pundot/pejah, nanging setunggal seng kulo ngertosi, nggeh niku tresno damel njenengan tetep teng ati sampek wancine kulo pejah. (Aku tak tahu kapan aku di ambil/mati, tapi satu yang aku tahu, yaitu cintamu yang akan selalu di hatiku sampai aku tiada.) 

Baca Juga: Kata Kata Tresno Bahasa Jawa

Ewon tiang mpun kulo padosi, nanging namung setunggal seng nyantol teng ati nggeh niku njenengan seng kulo tresnani. (Ribuan orang sudah aku cari, tetapi hanya satu yang singgah di hati, yaitu kamu yang aku cintai.) 

Nek mpun jodo niku mboten saget di tolak nggih mboten saget di padosi, dugine sangkeng gusti Allah. (Kalau sudah jodoh itu tidak bisa di tolak dan tidak bisa di cari, datangnya itu dari Allah.) 

Baca Juga: Kata Kata Sedih Bahasa Jawa Dan Artinya

Tresno niku senes seng dugine sangking akal, tapi tresno niku seng moro-moro mak jluk teng ati. (Cinta itu bukan yang datangnya dari akal, tetapi cinta itu yang tiba-tiba terasa di hati.) 

Baca Juga: Kata Kata Bijak: Cinta, Kehidupan, Lucu, +1000 Lainya 


Dinten seng paling padang niku pas dintene njenengan mesem kaleh kulo. (Hari yang paling cerah itu adalah hari dimana kamu tersenyum kepada ku.) 

Baca Juga: Kata Kata Nyindir Pake Bahasa Jawa

Terdengar sangat kalem jika menggunakan bahasa halus, ya seperti namanya kata kata tersebut memang cocok jika Anda ingin di pandang lebih dermawan dan juga bijaksana.

Baca Juga: Kata Kata Bijak Bahasa Jawa

Menggunakan kata-kata cinta bahasa jawa halus dan artinya ini tidaklah harus di tujukan kepada orang yang lebih tua, tetapi intinya adalah kita menghormati orang tersebut siapa pun dia. Bisa pasangan, saudara, ataupun kepada orang tua yang kita cintai.