Skip to main content

Doa Sebelum Makan Dan Sesudah Makan Lengkap Dengan Artinya

Sejak kecil kita semua telah di ajarkan tentang kebaikan, seperti mengawali suatu hal dengan bismillah untuk selalu mengingat dan meminta perlindungan kepada ALLAH SWT. Begitu juga saat sedang makan, sebagai orang tua wajib mengajarkan anaknya doa sebelum makan dan sesudah makan agar suatu hari nanti anak kita pun mengajarkan doa tersebut kepada anaknya.

Apalagi di era digital seperti saat ini, jika kita sebagai orang tua lalai dan tidak mengajarkan sejak dini anak-anak akan sulit mendengarkan, karena terlalu sibuk dengan smartphonenya.

Namun ketika seseorang anak yang telah di ajari sedari dini, biasanya akan mudah menghafal dan terus mengingatnya sampai di hari tua. Karena ia akan selalu mengingat bagaimana ayah ibunya membimbing dengan sepenuh hati meskipun ia mengucapkan dengan kalimat yang terkadang salah.

Maka dari itu, usahakan ketika anak bermain gadged sebagai orang tua harus mengawasinya dan memberikanya bacaan ataupun tontonan islami. Seperti membaca doa sebelum makan lengkap, atau doa sebelum dan sesudah tidur, dan juga dengan doa-doa lainya.

Karena semua orang tua pasti ingin memiliki anak yang rajin berdoa, apalagi doa makan yang setiap hari kita melakukannya dengan ukuran wajar sebanyak 3 kali. Maka dari itu di sini telah saya siapkan doanya lengkap dengan arti doa sebelum dan sesudah makan per ayat.

Baiklah sekarang mari kita simak doanya.

Doa Sebelum Makan Dan Sesudah Makan 


Doa sebelum makan arab: doa sebelum makan lengkap

    Doa sebelum makan latin: 
    arti doa sebelum dan sesudah makan per ayat


    Arti doa sebelum makan: 
    arti doa sebelum makan per kalimat

    Doa di atas di baca ketika sudah nengambil nasi dan lauk, kemudian letakan piring di atas meja karena kedua tangan kita menghadap ke atas saat berdoa. Jangan lupa awali dengan bismillah, dan makanlah jangan terlalu kenyang juga jangan masih lapar seperti yang di ajarkan Rasulullah.

    Ketika sudah selesai makan, kita juga harus berdoa. Untuk mensyukuri nikmat yang telah di berikan oleh ALLAH SWT. Bacaan doanya yaitu:

    Doa sesudah makan arab: 
    arti doa sebelum makan per kalimat

    Doa sesudah makan latin: 
    makna doa makan dan sesudah makan

    Arti doa sesudah makan: 
    Doa makan

    Di atas adalah doa sesudah makan yang benar, dan di ucapkan ketika semua makanan telah habis.

    Mengapa kita harus berdoa sebelum makan dan sesudah makan?

    Karena kita adalah makhluk ciptaan ALLAH SWT, dan sebagai rasa syukur kita terhadap semua makanan yang kita makan, kita harus berdoa. Atas rezeki yang di berikan-NYA kita saat ini masih bisa merasakan nikmatnya makanan.

    Makna doa makan dan sesudah makan ini sekali lagi saya ucapkan tentang mensyukuri nikmat yang di berikan oleh ALLAH SWT kepada kita hambanya. Sebab banyak sekali orang yang ingin menikmati makanan seperti milik kita, ingin makan bersama keluarga seperti kita, namun mereka tidak pernah bisa merasakanya.

    Bagaimana jika saya terlanjur makan dan lupa tidak berdoa?

    Seperti yang telah di ajarkan oleh Rasulullah SAW, berikut ini adalah doa makan ketika lupa membaca doa.

    Dan itulah doa sebelum makan dan sesudah makan yang saya buat dalam bentuk gambar, semoga kita semua selalu di berikan rezeki oleh ALLAH SWT sehingga tak pernah telat makan, amin.
    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar
    Tutup Komentar