Skip to main content

Cara Merawat Motor 2 Tak! Perhatikan Hal Ini

Cara Merawat Motor 2 Tak - Motor 2 tak yang sudah lama dari masa kejayaanya pun sampai saat ini masih banyak sekali peminatnya. Seperti motor rx king dan motor 2 tak lainnya.

Meskipun pada umumnya perawatan motor 4 tak dan 2 tak lebih gampang motor 4 tak seperti bebek dan matic, namun Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal yang akan saya jelaskan ini agar motor kesayangan Anda tersebut tetap lincah dan sehat di bawa kemana-mana.

Pastinya tidak mau kan motornya mogok di tengah jalan?

Yap!
Jika tidak ingin terjadi hal yang tidak di inginkan sebaiknya sayang lah kepada motor Anda.

Dengan cara sederhana yang menunjukkan perawatan kecil namun rutin akan membuatnya selalu terjaga dan tidak mudah rewel.

Ini Loh Gan Yang Harus Diperhatikan Untuk Merawat Motor 2 Tak

Cara Merawat Motor 2 Tak
Gambar : Facebook/Giz

Tips merawat motor 2 tak ini sebenarnya berbeda-beda sesuai dengan jenis motornya, namun di sini akan saya ambil beberapa point yang umum dan harus di perhatikan untuk semua motor 2 tak.

1. Selalu Cek Oli Samping

Untuk motor 2 tak oli samping lah yang harus benar-benar di perhatikan, jangan sampai telat atau bahkan tidak memakai oli samping.

Oli samping ini adalah pelumas bagian stang seher dan bearing askrug. Ketika oli samping motor 2 tak habis maka bagian tersebut akan kering dan bisa menimbulkan motor ngancing, al hasil ring bisa patah dan menggores blok motor.

2. Busi

Karena penggunaan oli samping pada motor 2 tak, busi biasanya akan mengalami kotor jika penggunaan oli yang sembarangan. Dan ketika busi tertutup kotoran yang agak besar ataupun menggumpal ini akan mengakibatkan pembakaran yang tidak stabil alias motor ngadat.

3. Karburator

Lakukanlah cek dan pembersihan scara rutin pada karburator motor 2 tak, sehingga performa motor Anda akan selalu terjaga dan stabil, karburator kotor akan mengakibatkan motor tidak kuat jalan atau jalan tersendat.

Biasanya hal yang memengaruhi karburator kotor adalah dari bbm yang kotor juga ataupun dari tangki yang sudah berkarat, sebaiknya cek keadaan tangki motor anda dan lakukan cat ulang jika sudah terjadi pengendapan karat.

4. Radiator

Ini lebih spesifik ke cara merawat motor ninja 2 tak karena memakai air radiator dan harusnya anda selalu melakukan pengecekan dengan skala yang tidak terlalu lama.

5. Cek Kondisi Oli Mesin

Walaupun hanya melumasi bagian gear dalam mesin dan mampu bertahan dengan waktu yang lama untuk oli mesin motor 2 tak, Anda tetap harus memperhatikanya. Selain untuk merawat kondisi mesin agar selalu baik, juga akan membuat motor Anda lebih awt. Rasakan bagaimana mesin Anda berjalan, jika di rasa sudah agak lama mengganti oli mesin sebaiknya ganti oli mesin motor Anda dengan yang baru.

Nah itulah beberapa point penting untuk cara merawat motor 2 tak agar motor selalu kencang dan tidak rewel.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar