Skip to main content

Menikah Tanpa Cinta, Ketahui Akibatnya No 5 Jarang Terjadi

Asalamualaikum Wr Wb
Resiko menikah tanpa cinta dapat menjadikan hubungan keluarga anda tidak harmonis, dan mungkin bisa menyebabkan perpisahan di masa mendatang.

Namun tidak sedikit pula yang mampu bertahan hingga buih cinta pun muncul seiring berjalannya waktu dan telah hadir sang buah hati.

Menikah Tanpa Cinta Apa Bisa Bahagia, Dan Apa Yang Akan Terjadi? 

akibat menikah tanpa cinta

Pada umumnya ikatan suci sebuah pernikahan di dasari oleh rasa suka satu sama lain sehingga keduanya mendapatkan kenyamanan dan kebahagiaan yang sebelumnya pun telah mereka rencanakan.


  • Namun bagaimana jika diantara keduanya tidak saling mencintai?
  • Ataupun hanya salah satu pasangan saja yang memiliki perasaan cinta?


Ketika sudah menikah tapi tidak cinta pastinya akan menimbulkan suatu keadaan dimana istri tidak bahagia, ataupun sebaliknya. Namun anda dapat menumbuhkan rasa cinta di hati anda walaupun memerlukan waktu dan perjuangan yang sulit.

Kemungkinan Besar Yang Akan Terjadi Pada Pernikahan Tanpa Dasar Cinta


Ada 4 kemungkinan dalam pernikahan yang umum terjadi untuk masalah ini, hal tersebut bisa saja tergantung pada situasi, kondisi, dan cara anda menjalaninya. Apa saja 3 hal tersebut? Yuk simak!

1. Hubungan Terasa Hambar


Tahap pertama anda menjalani hidup dengan seorang suami/istri yang sebelumnya tidak ada rasa saling suka pastinya akan terasa hambar. Apalagi jika anda menikah karena terpaksa, ini yang akan membuat perasaan tertekan yang mau tidak mau harus di jalani.

Dari perasaan tersebut akan timbul rasa ingin berpisah, rasa lelah, dan seakan-akan hidup anda terasa sangat sulit. Namun percayalah jika ini hidup anda, bahagia atau tidak itu tergantung pada anda sendiri dan yang harus anda sadari untuk saat ini adalah anda sudah menjalaninya. Jadi saya sangat menyarankan untuk tetap bertahan dan anggaplah ini sebuah ujian.


Ini memang masih awal, dan di awal anda sudah merasakan betapa berat nya hidup anda. Namun ini bisa saja akan cepat berakhir jika anda dapat merubah pemikiran anda yang tadinya sangat kacau menjadi sebuah ujian, ataupun lika liku dalam hidup. Cobalah untuk menerima kenyataan dengan lapang dada, karena mau bagaimanapun sekarang itulah yang harus di jalani.

2. Cekcok


Jika nomor 1 di atas tidak berhasil anda lalui, kemungkinan besarnya akan terjadi sebuah cekcok, entah dengan pasangan ataupun sanak keluarga dan juga bisa dengan mertua. Mungkin semua pasangan pada umumnya akan mengalami hal ini, namun pernikahan tanpa dasar cinta akan lebih sering terjadi cekcok.


Di sini saya ingatkan kembali bahwa anda saat ini sudah berumah tangga maka seharusnya anda mengerti dengan hukum pernikahan dan kewajiban anda dalam sebuah keluarga dan tidak boleh bertindak egois.

3. Berpaling Ke Lain Hati


Ini adalah sebuah kemungkinan yang sangat di sayangkan jika benar-benar terjadi, hanya untuk kepuasn semata anda tega berbuat dosa dan menyakiti hati pasangan anda. Ini adalah kesalahan terbesar yang akan menimbulkan masalah baru dan dosa besar yang sangat di benci Allah SWT.

4. Berpisah


Ini adalah masa di mana anda sudah benar-benar tidak bisa menahan rasa tidak nyaman dan tidak bisa mengendalikan ke egoisan karena memilih jalan pintas untuk keluar dari masalah. Sebenarnya bukan keluar ataupun menyelesaikan masalah tapi justru akan menimbulkan masalah baru, dimana jika anda sudah memiliki buah hati maka ia akan merasakan kurangnya kasih sayang dari salah satu orang tuanya.

Harus anda fikirkan matang-matang bahwa setelah anda berpisah maka anda akan membuat status baru pada diri anda, yaitu janda/duda. Mungkin sempat terfikirkan oleh anda bahwa kehidupan baru akan membuat keadaan lebih baik, ya memang benar, tapi itu untuk sebagian orang dan bukan untuk semua orang.


5. Hidup Bahagia


Ini menarik, bagaimana tidak?.
Ketika seorang yang sudah berkeluarga, dengan ataupun tanpa cinta terapi dia sudah tahu tentang makna pernikahan dan tidak memikirkan dirinya sendiri akan jauh lebih baik dan akan mendapatkan kebahagiaan seperti halnya yang di inginkan semua orang.

Mungkin bagi anda yang seorang muslim dan telah memahami tentang pernikahan islami, yaitu tujuan dari menikah dan memahami anda sebagai apa dalam bagian pernikahan tersebut akan lebih mementingkan keluarga yang telah ia jalani kini di bandingkan dengan keinginan dirinya sendiri.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar