Skip to main content

Cara Memotivasi Diri Yang Efektif

Hidup memang lah rumit, ada kalanya kita merasakan bahagia, sedih, kecewa, bahkan depresi karena terlalu banyak beban berat yang di alami. Lalu bagaimana cara memotivasi diri yang efektif?

Namun tahukah anda? Jika sikap dan tubuh kita dalam keadaan pusing, stres, itu akan mengurangi semangat kerja, dan jika kita sudah mulai malas untuk bekerja, lalu siapa yang akan memberikan nafkah terhadap keluarga anda, siapa yang akan mencukupi kebutuhan anda.

Bukanya mengurangi beban, yang ada malah akan timbul kembali bibit masalah yang akan membuat anda semakin stres.
Bagaimana tidak? Jika misalnya saja anda adalah kepala rumah tangga, anda mempunyai keluarga berjumlah 4 orang termasuk anda, dan Anda sedang merasa stres karena hutang, nah jika anda sudah mulai stres maka anda akan merasa hidup anda terlalu berat, seolah anda adalah satu-satunya orang yang paling menderita di muka bumi ini. Setiap hari anda hanya akan berfikir bagaimana ini, kenapa bisa terjadi, salah apa saya ini.? Tanpa anda berfikir, Bagaimana cara efektif untuk lepas dari beban anda tersebut.

Kebanyakan orang seperti itu, namun jelas tidak semua orang sama.
Jika sudah demikian otomatis anda akan selalu terbebani dengan fikiran-fikiran yang hanya itu-itu saja, di tambah telepon yang selalu berdering dari orang yang menagih hutang, Misalnya. Dari semua itu lambat laun hal tersebut akan menjadi kebiasaan dan akan mempengaruhi semangat kerja anda, makan tak enak, kerja tak jenak.

Jika anda sudah mengalami hal di atas, lantas jika anda sudah tak bekerja, tak menghasilkan uang, lalu darimana anda akan dapat menghidupi keluarga anda, Apakah anda akan meminjam di warung ataupun meminjam kepada teman.?

Itu hanya akan menambah jumlah hutang anda, dan hutang sebelumnya saja belum di bayar kini anda sudah mau hutang lagi. Tolong fikirkan baik-baik hal ini. Karena ini nantinya tidak hanya akan berdampak buruk terhadap kesehatan anda, tetapi juga akan mempengaruhi keharmonisan rumah tangga anda.

Cara Memotivasi Diri Sekarang Juga, Dengan 5 Tips Sederhana Ini! 

cara memotivasi diri yang efektif

Bagaimanapun orang berbicara, yang merasakan adalah anda dan yang mengalami adalah Anda sendiri, jadi tidak akan pernah berubah sedikit pun jika tidak ada niat dalam diri anda untuk merubahnya. Jadi sekarang apa dan bagaimana cara yang efektif untuk meningkatkan semangat hidup anda kembali.

1. Rubahlah Cara Berfikir Anda


Jika selama ini anda hanya berfikir dengan apa yang sudah terjadi, maka mulai sekarang rubahlah cara berfikir anda dengan bagaimana cara mengatasinya.
Tanamkan poin penting ini ke dalam diri, lakukan perubahan dengan cara memikirkan bagaimana cara mengatasi masalah anda dan gunakan waktu ataupun kesempatan yang ada sebaik mungkin, karena lebih cepat anda melakukan perubahan itu akan semakin baik.

2. Ketahui Kesalahan Anda


Sekian banyak orang yang sedang dalam keadaan terpuruk tidaklah menyadari tentang kesalahan mereka, kesalahan yang telah membuat anda bangkrut misalnya.
Tapi mulai sekarang pikirkan baik-baik apa yang telah membuat anda bangkrut tersebut, mulai dari hal apa, dari yang mana. Sadari dan akui lah kesalahan anda tersebut, hal ini dapat menjadi pengalaman berharga bagi anda untuk memulai hidup kembali agar tidak salah mengambil keputusan seperti yang sudah terjadi. Bila perlu, tulislah dalam sebuah buku semua kesalahan anda dan berjanjilah untuk menghindari hal tersebut. Ini yang akan mendongkrak semangat Anda untuk memulai kembali tanpa melakukan kesalahan yang sama.

3. Rencanakan Hidup Anda Selanjutnya


Sekarang buatlah sebuah rancangan tentang bagaimana anda akan memulai kehidupan anda setelah ini. Pikirkan baik-baik langkah demi langkah yang akan anda gunakan untuk bangkit, mulai dari langkah awal yang mudah hingga ke tahap demi tahap yang bisa membuat keadaan anda semakin membaik, di sini membutuhkan sedikit strategi yang berbeda dari sebelumnya, dan anda harus berani untuk memulai hal baru jika itu akan membawa kebaikan bagi anda.

4. Yakin Kan Diri Anda 

Yakinlah bahwa kemarin anda memang telah melakukan kesalahan, dan dari kesalahan tersebut anda yakin untuk memperbaikinya di kemudian hari.

Yakinlah pula bahwa anda tidak sendirian, ada banyak sekali orang di luar sana yang mengalami kegagalan sama seperti anda, bahkan lebih banyak yang lebih parah daripada nasip anda.

Yang terpeting adalah anda pula yakin bahwa kegagalan ini adalah langkah awal anda menuju kesuksesan di masa yang akan datang. Bayangkan saat anda memulai hidup, anda tidaklah mempunyai apa-apa, tidak membawa apapun, dan bukan siapa-siapa, namun sekarang anda adalah orang hebat, yang mampu membawa beban berat sekalipun, sekarang anda memiliki sesuatu, dan sekarang anda adalah seseorang yang di kenali banyak orang.

Ingatlah bagaimana anda dulu dapat membeki harta benda anda, maka dari itu Yakinlah, bahwa nantinya jika harta benda anda habis untuk membayar hutang berarti anda dapat membeli barang yang serupa seperti dulu.

5. Mulai Perubahan


Jika semua persiapan, baik mental, keluarga, dan semuanya telah siap dan mantap, sebaiknya anda segera memulai perubahan seperti apa yang telah anda rencanakan. Bedanya disini adalah bagaimana anda dapat berhati-hati dalam melangkah. Kobarkan semangat anda, teruslah Berjuang, untuk nasip yang lebih baik bagi keluarga anda. Rubahlah segalanya. Jangan pernah takut pada apapun asal tetap di jalan yang benar dan itu demi membangun kembali hidup anda.

Fokuslah pada 1 tujuan, bahwa anda ingin merubah nasip anda, teruslah semangat, Bayangkan anda sekarang bagaikan seseorang yang berjalan kaki menuju dealer untuk membeli mobil ternama keluaran terbaru. Tak masalah badan basah oleh keringat, namun anda akan pulang dengan ac mobil yang menyejukan.

Tidaklah cukup sampai disini, yang namanya hidup tetaplah tidak lepas dari kesalahan dan cobaan, namun tugas anda saat ini adalah berjuang dan terus berjuang, walaupun perjalanan anda terasa sangat sulit namun kini anda telah berpengalaman.

Karena anda pernah menjalani proses cara memotivasi diri dan saya harap anda akan berhati-hati dalam melangkah kedepanya, agar usaha anda untuk bangkit dari Keterpurukan benar-benar bisa terwujud, dan keluarga anda kembali harmonis dan hangat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar