Skip to main content

Cara Berternak Kambing Etawa Yang Baik dan Benar

Kambing Etawa adalah salah satu jenis kambing yang sangat populer saat ini, untuk warga Indonesia sendiri sudah tidak asing lagi dengan salah satu jenis kambing yang berasal dari India tersebut.
Bahkan tidak sedikit pula yang telah berternak.

Namun sebagian besar peternak pemula belum mengetahui bagaimana cara untuk berternak kambing Etawa ini, agar mendapatkan hasil seperti yang di inginkan.
Di bawah ini telah saya rangkumkan beberapa poin yang harus di lakukan untuk mendapatkan hasil maksimal dalam berternak Kambing Etawa.

Point Penting Dalam Berternak Kambing Etawa Agar Mendapatkan Hasil Maksimal 

cara berternak kambing etawa yang baik dan benar
Postingan Fb : Yusuf Bachtiar

Seperti halnya hewan ternak lain, kambing Etawa pun memiliki cara sendiri dalam mengembang biakan ataupun agar kambing cepat besar dan sehat. Yuk simak apa saja yang perlu di terapkan.

Di Bawah Ini Adalah 5 Hal Yang Perlu Disiapkan Untuk Berternak Kambing Etawa 


1. Menyiapkan Kandang 

Menyiapkan kandang adalah suatu ke harusan yang tidak boleh di lewatkan. Karena kandang adalah tempat dimana kambing tersebut tinggal mulai dari pertama berternak hingga di jual.
Pembuatan kandang yang strategis dengan kebersihan yang selalu terjaga akan tetap membuat kambing terjaga kesehatanya.

Usahakan membuat kandang dengan desain panggung, dengan jarak ketinggian dari tanah hingga lantai kandang sekitar 1 meter, dan dinding yang tidak terlalu rapat. Tinggi kandang usahakan mulai dari tanah hingga atap sekitar 4 meter. Untuk lebar setiap ruangan kandang bisa di sesuaikan dengan kebutuhan, seperti kandang untuk jantan 1,5 m x 1,5 m. Dan untuk betina juga dengan ukuran 1,5m x 1,5m, sudah termasuk ukuran ketika betina dengan 2 anak.

2. Pemilihan Indukan

Ketika anda ingin membeli kambing etawa untuk indukanya harap perhatikan kualitas dan kesehatan kambing tersebut.

Untuk pejantan, usahakan memilih kambing etawa dengan umur lebih dari 1,5 tahun. Dan untuk kambing Etawa betina usahakan memilih kambing yang memiliki ciri 2 puting yang kenyal, berkaki lurus dan bagian tumit kambing yang cenderung lebih tinggi. Dan tentunya dalam keadaan sehat semua.

3. Pakan Yang Terjaga

Ketika anda sudah memutuskan untuk berternak sebaiknya anda pun harus memikirkan kualitas pakan ternak tersebut. Seperti halnya kambing Etawa yang harus di berikan pakan yang memiliki kandungan yang baik, seperti :
Memberikan pakan rumput yang segar dan tidak sembarangan jenis rumput, daun-daunan dan kacang-kacangan, Dengan waktu yang ideal yaitu pagi dan sore hari.

4. Memberikan Vitamin

Pemberian vitamin pada kambing bertujuan agar kambing Etawa yang anda ternak bisa tumbuh dengan cepat dan sempurna seperti apa yang di inginkan. Pemberian vitamin bisa di aplikasikan dengan pakan juga bisa di gunakan melalui suntik langsung pada kambing dalam takaran yang pas.

5. Pembersihan Kandang

Pembersihan Kandang menjadi salah satu hal yang harus di lakukan, karena untuk mencegah terjadinya kambing terjangkit penyakit. Kandang yang kotor bisa memicu kambing yang anda ternak terkena berbagai penyakit.

Usahakan membersihkan kandang kambing ketika kandang mulai kotor, tidak usah di tentukan berapa lama dalam menunggu untuk membersihkan kandang, tetapi usahakan saja agar kandang tetap terlihat bersih.

5 point di atas adalah hal yang harus anda perhatikan dan terapkan sebelum berternak kambing Etawa. Dan tentunya persiapan tersebut membutuhkan modal yang harus anda siapkan sebelumnya. Seperti biaya membuat kandang, pakan, membeli indukan dan vitamin. Agar semuanya berjalan sesuai rencana anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar