Skip to main content

5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pedagang Online Shop

Pernahkah anda berfikir tentang bisnis yang anda jalankan saat ini?
Apakah benar-benar sudah optimal, dan apakah anda sebagai sang penjual tidak menyadari tentang kesalahan-kesalahan yang selama ini anda lakukan?

Sebagai seorang pebisnis pemula memang tak luput dari kesalahan, yang masih belum mengerti tentang ilmu-ilmu Internet marketing yang baik. Yang dapat membuat bisnis anda mengalami kerugian. Apakah anda saat ini merasa sudah benar dalam bisnis online shop yang anda jalankan?
Setelah membaca artikel ini anda akan tahu apa saja kesalahan-kesalahan yang sering di lakukan oleh penjual Olshop.

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pedagang Online Shop 

5 kesalahan yang sering dilakukan pedagang online shop

Melakukan sebuah kesalahan itu wajar-wajar saja, namun harusnya kita belajar dari kesalahan tersebut. Agar di kemudian hari tidak melakukan kesalahan yang sama. Dan ini adalah beberapa kesalahan yang mungkin pernah anda lakukan dan harus di perbaiki.

1. Kebanyakan Mengambil Untung 


Jika suatu produk yang banyak di jual oleh pedagang lain dan anda mengambil keuntungan lebih besar darinya, mungkin anda akan kehilangan pelanggan. Harus anda ingat bahwa anda bukan satu-satunya pedagang di area anda, dan ketika konsumen tahu harga yang lebih murah dari toko online anda dapat di pastikan mereka akan pindah toko untuk membeli produk tersebut.

Di sini harus nya anda benar-benar mencermati harga-harga pasaran di area anda, gunakan harga dengan selisih yang tidak membuat konsumen mengernyitkan dahinya.

2. Tidak Menggunakan Media Sosial secara Efektif 


Misalnya saja anda berjualan online yang memanfaatkan WhatsApp, namun anda sendiri jarang mempunyai paket data, tidak memiliki kontak yang cukup banyak, darimana anda akan mendapatkan pembeli.

ketika anda membuat promosi pada status WA, namun setelah selesai menguploud gambar anda sudah kehabisan paket data, darimana anda tahu ketika orang membalas snap anda.
Dan ketika anda tidak memiliki cukup kontak, darimana anda akan menjual produk anda, siapa yang akan membelinya, siapa yang akan melihat promosi Anda. Mulai sekarang benahi masalah ini, cobalah untuk terhubung dengan lebih banyak orang, jangan pernah membatasi diri anda dari siapa pun, ingatlah ini bisnis yang memerlukan keterlibatan calon konsumen.

3. Sering Marah-marah Di Media Sosial 


Saya sangat menyarankan kepada anda untuk menggunakan akun bisnis dan akun pribadi yang berbeda, agar terlihat lebih profesional. Sering saya temui pada akun bisnis para penjual Online di Facebook yang sering mencampurkan urusan bisnis dengan urusan pribadi mereka yang sedang marah dengan adik, tetangga, ataupun pasangan mereka.

Lebih parah nya mereka sering membuat sttus yang menyinggung para calon pembeli yang tidak serius, marah-marah ketika banyak yang tanya. Padahal hal ini dapat menyebabkan para calon pembeli anda kabur karena takut di marahi oleh anda, walaupun dia serius ingin membeli tapi terlanjur melihat anda sering marah-marah dia akan merasa ilfil terhadap anda.

4. Terlalu Cuek Terkesan Tidak Ramah


Sopan santun memang menjadi suatu kepribadian yang baik, begitu juga saat anda memulai bisnis online. Kepribadian yang baik ini akan membawa anda ke 1 langkah keberhasilan.

Namun banyak sekali saya temukan para penjual Online yang menggunakan bahasa yang agak kasar dan kurang ramah menanggapi para calon pembeli mereka. Ini dapat menyebabkan anda kehilangan konsumen, harus di ingat bahwa calon pembeli anda itu adalah manusia yang mempunyai hati dan perasaan, perlakukan lah mereka secara lembut. Keramahan dan sopan santun menjadi salah satu hal yang wajib dalam bisnis online shop, untuk menarik lebih banyak orang membeli kepada anda.

5. Tidak Menanggapi Calon Pembeli /Slow Respond 


Ketika anda sudah memutuskan untuk memulai bisnis online shop, anda telah memiliki sebuah tanggung jawab atas promosi yang anda buat tentang produk anda.


Ketika ada yang bertanya misalnya, anda di haruskan untuk menanggapi pertanyaan demi pertanyaan tersebut jika anda tidak ingin mereka kabur dari toko anda. Karena para calon pembeli cenderung memilih berbelanja kepada toko online yang fast respond. Agar mereka nantinya tidak bingung dan khawatir dengan barang yang ia beli.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar